Instagram Reel: Fitur Baru dari Instagram yang Asyik Untuk Dicoba

instagram reel, instagram


Instagram Reel Rilis DI Indonesia

Yay, akhirnya Instagram Reel dirilis resmi di Indonesia, setelah sekian lama saya penasaran sama fitur baru ini. Apalagi pas lihat teman-teman di Eropa dan Amerika sudah banyak yang menggunakan Reel untuk bikin konten video yang kece-kece.

Meski belum semua pengguna instagram yang mendapatkan fasilitas ini, tapi tenang saja bakal dapat semuanya kok. Dari 4 akun instagram yang saya punya, baru 2 akun yang mendapatkan fitur instagram reel. Itu saja juga beda-beda loh. Di akun utama saya belum bisa melihat insight dari Reel, tapi di akun lainnya bisa. Ya sudah mari bersabar.

Kehadiran reel ini membuat platform instagram yang tadinya sempat sepi kembali bergejolak. Beberapa timeline dan feed teman-teman di IG mulai diramaikan dengan video reel. Sama seperti saya, mereka juga penasaran seperti apa sih instagram reel itu?


Beda Reel dan Story


Terus bedanya Reel sama Story itu apa?

Jelas beda. Video yang diunggah ke story akan menghilang selama 24 jam, sedang video di reel tidak, akan selalu ada sampai beberapa minggu di Explore page sama halnya dengan IGTV.  Jadi, lebih meningkatkan jangkauan postingan.


Manfaat Reel Bagi Konten Kreator


“Oalah Mbak, Story dan IGTV aja aku nggak pernah nyoba. Eh ini ada lagi Reel. Tambah pusing aku.”

Seorang teman blogger kemarin nyeletuk seperti ini WAG saat kami sedang beramai-ramai membahas kehebohan Reel. Ya memang nggak salah sih apa yang dia katakan. Serius perkembangan teknologi digital yang cepat itu bikin pusing. Belum menguasai satu fitur eh ada fitur baru lagi yang pemakaiannya lebih bikin pusing.

Sebenarnya reel sih sama saja kok dengan konten video lainnya yang biasa kita buat. Nggak jauh beda dengan apa yang sering kita lakukan di insta story. Hanya saja ini di upload di feed.

Terus bedanya dengan mengunggah video biasa apa?

Tentu saja algoritmanya dong. Mengunggah video biasa ke feed tentu mengikuti algoritmanya feed, di mana harus melewati timeline 10% follower, kalau videonya menarik maka akan naik lagi ke follower berikutnya. Ya semacam berlapis-lapis.

Berbeda saat kamu mengunggah video ke reel, maka otomatis akan langsung disebar ke explore page sama halnya dengan IGTV. Dengan beredar di explore page, maka kemungkinan jangkauan konten kamu akan semakin besar. Apalagi, juga ada pilihan bisa mengunggah reel dan bisa diposting juga di feed. Jadi, konten kamu akan semakin naik karena juga bisa dilihat oleh follower kita.
 
insight instagram reel
Insight salah satu akun IG


Kemarin, saya sudah mencoba mengunggah 2 video ke reel. Video pertama saya mendapatkan reach sebesar 1700 view, dalam waktu 1 jam. Berbeda saat kita mengupload video biasa ke fee. Susah sekali untuk mencapai view seperti ini, harus butuh ekstra keras termasuk ikutan IW dan boost lainnya. Video kedua yang saya unggah ke instagram reel hasilnya sekitar 500 view dan itu terus bertambah.

See, paham kan apa manfaatnya?

Baca juga:


Konten Apa Saja yang Bisa Diunggah di Instagram Reel


Nah, sekarang konten apa saja yang bisa kamu coba posting ke reel. Banyak sih, suka-suka pemilik akun dan bisa disesuaikan dengan niche yang kalian terapkan.


Behind The Scene

Video pendek tentang pembuatan dibalik layar ini juga sering mendapatkan perhatian dari kreator lain. Ada kan orang yang suka penasaran kok bisa sih foto ini hasilnya bagus. Nah, kamu bisa mencoba membuat video tentang behind the scene dari konten yang kamu buat.


Unboxing Barang

Video sedang membuka paketan barang belakangan ini naik trennya. Awalnya sih hanya direkam untuk kebutuhan klaim ecommerce jika ada kerusakan. Eh ternyata ketika diunggah ke media sosial dengan filter yang estetik, kece juga hasilnya. Dan, semakin banyak konten kreator yang membuat konten unboxing.


Perkenalan Diri


Coba deh bikin video perkenalan diri tentang siapa kamu, apa pekerjaanmu karena hanya dibatasi hanya 30 detik. Bisa kamu buat dalam berapa video.


Tips Sehari-hari


Konten life hack termasuk konten yang digemari karena sebagai manusia kita itu suka hal yang praktis dan terkadang tidak pernah kita pikirkan. Kamu bisa mencoba bikin video pendek tentang bagaimana cara menyimpan sayuran, membersihkan kompor, dll.

Daily Life

Sekarang ini banyak sekali konten kreator yang mengambil tema daily life, di mana dia banyak menceritakan tentang kesehariannya. Mulai dari kegiatan pagi, menyiapkan bekal, membuat minuman atau sedang bermain hujan atau bahkan membaca buku favorit.

Tekstur Skincare

Buat kamu beauty kreator, mungkin bisa membuat video tentang tekstur skincare yang sedang kamu coba. Biar para follower tidak penasaran seperti apa sih tekstur skincare yang sedang kamu coba saat ini.

Dan masih banyak lagi. Sesuaikan dengan apa yang kamu sukai dan kuasai.


Reel Versus Tiktok


Well, beberapa orang malah bilang kalau instagram ingin meniru kepopuleran tiktok yang sekarang jadi platform paling hits. Siapa coba yang nggak kenal sama tiktok? Saya juga belakangan ini mulai bikin-bikin video pendek ke Tiktok. Memang nyandu banget apalagi kalau sudah FYP.

Bagi sudah pernah main Tiktok memang sekilas kelihatan banget kalau Instagram ingin meniru konsepnya. Secara interface jelas mirip. Bedanya pada fitur-fitur yang disematkan. Tiktok memiliki banyak fitur editing yang keren dan lengkap, seperti filter, menambahkan efek ciamik pada video, stiker dan lain-lain. Hanya saja, penambahan lagu di tiktok ini cukup sulit apalagi kalau videonya berasal dari unggahan. Kalau mau lagunya bervariasi harus menyimpan sound orang lain atau merekamnya pakai kamera tiktok. Agak merepotkan.

Sebenarnya fitur reel sendiri sudah terbilang lengkap, kamu bisa merekam langsung video yang ingin diunggah atau video sudah jadi. Ada juga fitur kayak stitch yang biasa kita lihat di tiktok. Di sini namanya remix, di mana kita bisa gabungkan dengan video orang lain menjadi 1 video. Enaknya lagi, pilihan musiknya beragam, mudah dan tentu saja kamu juga bisa menggunakan sound sendiri.

Sayangnya, buat saya 30 detik itu terlalu pendek. Semoga saja ke depannya instagram meningkatkan durasinya, paling tidak ya 60 detik deh. Buat kamu yang sudah terbiasa membuat konten tiktok, rasanya nggak bakal kesulitan deh.

Yap, itulah sekilas tentang Instagram Reel fitur baru dari instagram yang asyik untuk dicoba sebagai seorang konten kreator. 

Kamu tertarik mencoba?

Comments

  1. Nungguin banget reel di Indonesia. Sekarang udah launch, jadi pengin bikin video mulu😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga nunggu dan bikin ketagihan

      Delete
  2. Saya baru coba 2x mba...sekali ambil gambar langsung, yg sekali lagi unggah video.. Masih kagok, tapi penasaran pengen coba..hehe.. Apalagi setelah baca post ini.. thx ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin terus mba, menyenangkan kok bikin video pendek itu apalagi kalau viewnya cakep

      Delete
  3. Kalau ada fitur baru gini, yang suka sebel, pembaharuannya nggak merata. Kadang suka sirik temen udah bisa pake, eh akunya belom hahaha, padahal sama-sama tinggal di Indonesia (beda kalau dia tinggal di luar negeri, ya bisa jadi emang di sana lebih dulu). Soal Reel ini emang menarik. Postingan di instagram jadi lebih berwarna dan hidup!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semenjak ada reel, saya rajin bikin konten apalagi sekarang IG lagi gencar-gencarnya sama konten video. Jadi, harus dimanfaatkan dengan baik dong. Kalau belum dapat, mari bersabar nunggu giliran

      Delete
  4. Belum pernah bikin konten di Reels sih, tapi suka aja lihat video punya orang-orang.
    BTW kalau buka reels itu kan dipilihkan videonya ya? Tergantung dari apa yang dicari di Instagram?
    Kita bisa milih gak sih temanya?
    Masih rada bingung juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin mba, seru deh. Untuk konten reels biasanya instagram akan merekomendasikan video-video sejenis yang sering kita lihat. Misalnya suka nonton kucing, ya maka reelsnya akan banyak video tentang kucing

      Delete
  5. Nah bener nih Reels kadang suka muncul di beranda saya. Tapi enaknya Reels ini muter terus ya mbak walau durasinya sudah seleai. Ada saja ya cara media sosial ini berinovasi dalam memanjakan penggunanya.

    ReplyDelete
  6. Mba..kalau Reels ini melihat insightnya di sebelah mana ya? klo post2 lain di beranda kan ada tuh ya tiap post nah yg reels aku kok blm nemu ya..hehe..

    ReplyDelete
  7. serius mba awalnya saya juga kaget banget sama fitur reels ini, kok pada bilang instagram mirip tiktok sekarang eh ternyata bener. saya sendiri belum terlalu pede untuk upload di reels but soon pengen nyoba sih hehe tapi dari video reels orang" memang durasinya terasa pendek kali beda dengan tiktok yang unlimited bahkan bisa sampe 3 menit

    ReplyDelete
  8. Bedanya sama tiktok di waktu penayangannya ya Mba. Lebih lama kalau di tiktok. Saya pun masih mau ngulik nih. Dan makin happy kalo reels bisa langsung naik ke explore.

    ReplyDelete
  9. Aku juga uda nyobain fitur reel dari IG niih...
    Unik dan menyenangkan. Apalagi lihat konten orang lain yang kreatif. Berasa menemukan hiburan baru yang bisa diulik kembali.
    Semoga semakin banyak konten bermanfaat dan meningkatkan jumlah follower organik dengan adanya fitur reel ini.

    ReplyDelete
  10. Jujur nih, aku belum mencoba. Tapi kalau melihat ulasan-ulasan para pemerhati perkembangan medsos, mau nggak mau harus segera menggunakan reel. Karena instagram nggak lagi berpusat pada foto, tp juga mulai mendukung video content.

    ReplyDelete
  11. Dan jujur aku ketagihan dong smaa reels IG mbak. Ingin bikin konten terus tapi aku bingung nggak bisa bikin video yang ciamik. Wkwkwk... Akhir2 ini juga suka kepoin konten2 reels yang kreatif sembari belajar. Tapi btw, Reels ini jangkauannya luas dan cepet banget viewnya. Suka takjub bisa sampai ribuan hanya dalam hitungan menit

    ReplyDelete

Post a Comment

Know the News