4 Blog Wishlist


4 Blog Wishlist- Beberapa hari yang lalu, salah satu teman dari Grup Belajar Blogging membicarakan tentang perkembangan blognya. Dia bahkan sudah mempunyai rencana-rencana yang akan dilakukan ke depannya. Pastinya semua berhubungan dengan blog.


Awalnya sih saya agak cuek aja. Dari dulu emang nggak punya target-target tertentu dalam ngeblog. Saya membiarkan semuanya berjalan apa adanya. Lalu, pembicaraan di grup itu membuat saya mendapatkan pencerahan bahwa untuk menjadi Blogger profesional membutuhkan kemampuan yang lebih. 


Saya tidak akan membahas target-target yang akan saya lakukan. Mungkin lebih kepada apa yang ingin saya pelajari dan kembangkan supaya keahlian dalam bidang blog bertambah dan terpenting nggak ketinggalan jaman.

Ada 4 hal yang ingin saya kembangkan tahun ini. Apa saja ya kira-kira?

1. Menulis Konten yang Lebih Baik


Dalam blog, konten/isi blog itu memiliki peranan yang amat penting. Nah, salah satu keinginan saya adalah mengisi blog dengan tulisan yang lebih baik, bervariasi dan tentu dengan infografis yang menarik.

Saya harus lebih menggunakan panca indera, memasukkan unsur emosi ke dalam tulisan  supaya pembaca tidak sekadar hanya membaca tapi ada sebuah pengalaman yang ikut di dalamnya.

Yang harus saya lakukam untuk mengembangkan ini adalah dengan banyak membaca, riset, mempelajari apa yang sedang berkembang dan rajin blogwalking.

Baca: 8 Sumber Ide supaya Aktivitas Blogmu Semakin Oke


2. Belajar Membuat Konten Video


Belakangan, menulis postingan di blog tidaklah cukup. Para blogger mulai mengembangkan diri menulis konten blog menggunakan video yang sekarang dikenal dengan kata Vlogger. Tidak hanya Blogger tapi para influencer juga melakukan hal yang sama.

Selama ini saya masih belum percaya diri untuk membuat video liputan  seperti itu. Seringkali hanya merekamnya lalu mengunggah ke instagram. Kadang cuman membuat video-video ringan. Kemampuan saya dalam membuat video masih dangkal.

Sepertinya saya harus lebih mengasah lagi kemampuan membuat konten video dan yang penting harus berani tampil di depan kamera. PR saya banget ini.

3. Menulis di Portal Populer


Salah satu impian saya sekalin menulis untuk blog sendiri adalah ikut menulis beberapa portal populer semacam hipwee, idtimes, ucnews, dan sebagainya.

Alasannya sederhana, saya ingin lebih dikenal oleh orang-orang melalui kemampuan menulis bukan hal lainnya. Saya bersyukur jalan menuju ke sana setidaknya sudah hampir terbuka terang. Alhamdulillah sampai saat ini saya sudah menjadi kontributor dari rockingmama, salah satu portal menulis untuk wanita.

Selanjutnya yang harus saya lakukan adalah menulis setidaknya satu-dua tulisan untuk portal ini.


4. Memposting 1-3x Tulisan dalam Seminggu


Tahun ini saya ingin lebih banyak menulis. Kalau tahun kemarin menyentuh 137 postingan. Saya mau tahun ini lebih dari itu paling nggak menyentuh angka 200.

Selain itu saya harus mengurus blog baru. Blog yang temanya benar-benar beda dari kotakwarna.com.

Untuk mewujudkan semua hal ini dibutuhkan kerja keras. Harus mulai membuat banyak catatan tentang kapan dan hal apa yang ingin dibahas dalam blog.

Semoga semuanya terwujud.

Amin

16 comments

  1. Semoga harapan terwujud ya mba

    ReplyDelete
  2. Ayooo ngeVLOG heheee

    ReplyDelete
  3. 3 hal di atas ingin juga kulakukan, mbak. Namun yang terpenting aku harus menulis dengan tema lebih baik. Juga lebih rajin nulis. Terimakasih sudah berbagi ilmu dan semangat ya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat nulis. Paling penting mah konsisten ya

      Delete
  4. ini aku ngeblognya masih angot2an mba, perlu digeber lagi semangatnya. Happy blogging ya mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy blogging mbak. Sama saya kadang suka malesnya diduluin

      Delete
  5. Asik asiikk. Iya dek.. dlm perbloggingan emang banyak hal yg harus ditingkatkan ya.
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. iyaaa nich..perlu wish list yang konsisten..
    saya masih angin-anginan..udah lama blognya mati suri, ini baru mulai semangat nulis lagi xixiixi..
    Thanks jadi semangat...mau nulis wish list juga aaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga kadang masih kebentur ama mood.

      Delete
  7. ini juga impianku buat nulis lebih baik lagi nih.. tujuanya supaya pembacanya juga betah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bagaimana pun kita butuh pembaca

      Delete
  8. ingin bertanya, apakah kita akan mendapatkan penghasilan dari sini?

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon