Kotak Warna: Hal-hal yang Ingin Saya Pelajari di Tahun 2017

Thursday, December 29, 2016

Hal-hal yang Ingin Saya Pelajari di Tahun 2017

Hal-hal yang Ingin Saya Pelajari di Tahun 2017-  Kurang dari beberapa hari kita bakal mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2016. Biasanya di penghujung tahun beberapa orang suka bikin resolusi alias daftar keinginan. Dan, penghujung tahun ini saya memutuskan untuk membuatnya juga tapi resolusi kali ini lebih fokus ke arah pengembangan diri.


Yes. Setelah resmi mengundurkan diri dari pekerjaan. Saya memutuskan untuk menceburkan diri ke dunia freelancer.  As you know berkecimpung di dunia kreatif kita dituntut untuk terus maju apalagi di era yang serba pesat ini. Kalau kamu tidak meningkatkan kemampuan alamat bakal tersisih dari kejamnya dunia.

Waktu luang yang cukup banyak kebuang banget kalau saya cuman bengong aja dan hanya fokus ngeblog. 2017 nanti saya pengin setidaknya punya keterampilan baru yang bisa menunjang pekerjaan. Kebetulan saya suka banget belajar hal baru.

Ada beberapa hal yang ingin saya pelajari di 2017 nanti. Ada beberapa teman yang nanti siap membantu saya. Asyik sudah nggak sabar.


1. Memotret/Fotografi


Punya kamera bagus tapi penggunaannya belum maksimal kok kayaknya gimana gitu. Nah, di tahun 2017 nanti saya akan lebih belajar mengenal kemampuan kamera. Selama ini masih suka mode auto ketimbang mode manual. *ketahuan banget yak kalau malas banget.

Sebenarnya minat terhadap dunia fotografi udah lama ada. Dulu, seringnya masih pakai hp aja dan kadang-kadang pinjam kamera milik kakak. Alhamdulillah setelah punya kamera sendiri, saya pengin belajar lebih banyak lagi dan latihan supaya menghasilkan foto yang bagus.

Motret apaan?

Random. Saya sendiri sih lebih suka landscape, human interest dan people. Tapi nggak menutup kemungkinan untuk belajar motret produk atau makanan yang kini sedang menjadi tren. Selain itu, kayaknya saya juga harus belajar tentang styling properti foto supaya komposisi gambar lebih ciamik.


2. Editing/Grafis

Saya suka iri sama orang yang jago banget ngedesain gambar soalnya saya nggak bisa. Selama ini kalau ngedit foto saya masih pakai aplikasi di handphone. Nah, tahun 2017 nanti saya mau belajar editing foto dan grafis. Paling nggak saya bisa desain header blog sendiri. *ngarep

Pernah dulu punya niat belajar sama kakak, tapi sayanya suka males dan si kakak sibuknya nggak ketulungan. Nanti ah, coba beli buku tentang editing dan dipraktekin sendiri.

Ada yang mau menarik saya jadi muridnya?

3. SEO dan Konten Blog


Supaya trafik blog meningkat, saya perlu belajar bagaimana membuat konten blog yang disukai pembaca. Perlu banget belajar menulis artikel yang lebih mendalam dan viral. 

Selain itu perlu banget tahu soal SEO. SEO penting banget buat blogger supaya  makin banyak pengunjung blog. Selama ini saya masih ogah-ogahan belajar soal SEO. Agak rumit dan bikin kepala pusing. Nah, sekarang harus belajar kalau nggak mau ketinggalan.

Baca: 5 things why i don't read your blog

4. Nulis Fiksi


Saya kangen nulis fiksi. Lama banget nggak bersentuhan dengan dunia rekaan ini. Dan, sepertinya akan sedikit menyusahkan. Jadi, saya mau belajar lagi gimana caranya nulis fiksi yang baik. Siapa tahu tahun depan adalah saatnya saya menerbitkan buku.

5. Memasak


Dan, yang terakhir saya mau belajar masak. Siapa tahu bakal ada yang meminang saya tahun depan (amin panjang). Sebenarnya pengin belajar masak bukan karena ingin menikah tapi penasaran aja sama dunia kuliner. Sapa tahu ke depannya saya bisa mengembangkan sayap ke dunia kuliner.

Nah, 5 hal itu yang ingin saya pelajari tahun depan. List ini mungkin akan bertambah seiringnya waktu.  Semangat.

Salam,







24 comments:

  1. Photography nomor 1 ya maaak :) yuk kita belajar bareng mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deketan aku mau belajar sama mbak dewi

      Delete
    2. Mau fotografi juga mba.. sama kamera saya banyak nganggurnya hahaha

      Delete
    3. Sama. Saya masih tergantung mood makenya

      Delete
  2. sama mbak aku pingin banget pintar jeprat jepret alias fotografi. tp kameranya mahal kalau untuk hasil yg bagus alhasil ya harus nabung dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak harus kamera mahal mbak. Pakai kamera biasa asal ngerti tekniknya nggak masalah

      Delete
  3. Sama nih. Pengen belajar fotografi. :'D

    ReplyDelete
  4. Nanti jangan lupa bagi resep masakannya yak, apalagi hasil olahannya boleh banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah....nanti beli di warung aja

      Delete
  5. Pengen belajar fotografi ma nge-vlog. :D

    ReplyDelete
  6. Pengen belajar ngerawat anak sendiri mbak. :D

    ReplyDelete
  7. Mantap resolusinya
    Semoga sukses ya

    ReplyDelete
  8. Mbak kalo ada workshop pelatihan tentang seo ajak2 aku ya 😁

    ReplyDelete
  9. Semoga resolusinya tercapai ya mbak, saya juga pengen belajar motret nih, dari dulu makenya masih auto Mulu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Saya masih sering pakai auto 😁

      Delete
  10. semoga bisa terlaksana semua resolusinya Mbak, saya juga pengin belajar motret lebih serius. seo juga biar blog makin hits he3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Semangat yuk biar blognha oke

      Delete
  11. Untuk yg terakhir.. Semangaaat semoga terlaksana dan ketemu jodohnya

    ReplyDelete