Kotak Warna: 5 Things I Don't Read Your Blog

Monday, June 20, 2016

5 Things I Don't Read Your Blog

5 things i don't read your blog

Blog Walking alias berkunjung ke blog orang lain adalah rutinitas sehari-hari seorang blogger. Ada saatnya kita mengalami titik jenuh ditambah otak juga tiba-tiba berkonspirasi dengan semesta. Hasilnya dua jam di depan layar komputer tidak menghasilkan apa-apa. Orang-orang suka menyebutnya writer's block.

 


Salah satu cara ampuh untuk mengatasi writer's Block dengan cara mengunjungi web/blog kesukaanmu atau web yang sekiranya memiliki niche yang sama untuk mencari inspirasi. Tetapi adakalanya aktivitas blog walking menjadi tidak menyenangkan. Seringkali kita mendapatkan blog-blog yang kita kunjungi nggak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sebel dong? Udah rela buang kuota dan waktu. Eh, blognya nggak menarik. 

Langsung deh tekan tanda 'close' dan besoknya nggak mau balik lagi.

Nah. Untuk postingan kali ini saya mau membahas hal-hal apa saja yang membuat saya berhenti mengunjungi blog seseorang. Hasil dari pengalaman saya yang telah lalu. Ada lima hal besar yang membuat saya males untuk berkunjung kembali ke blog mereka.

1. Postingan Berantakan

Saya termasuk orang yang riwil dalam hal yang satu ini. Pernah dong, saya berkunjung ke sebuah blog yang saya dapatkan dari sebuah grup. Sebenarnya judulnya bagus dan fotonya pun bagus. Pas saya klik. Lah, kok tulisannya berantakan Penuh singkatan dan jarak antar paragrafnya nggak ada. Alih-alih mau membaca saya memilih untuk menekan tombol 'tutup.' 

Bagi saya, kenyamanan pembaca adalah nomor satu. Saat pembaca merasa nyaman dengan tampilan blog kita. Insya Allah mereka akan balik lagi deh. Percaya.

2. Terlalu Banyak Postingan Berbayar

Ceritanya saya pernah berkunjung ke sebuah blog. Secara tampilan blognya oke sesuai deh dengan apa yang saya harapkan. Giliran mau baca tulisannya. Lah, kok isinya iklan semua. Coba deh ubek-ubek sampai bawah. Hmm. iklan lagi...iklan lagi *sambil batin woo...blogger seleb.

Sah-sah aja sih ada postingan berbayar. Orang blog saya sendiri juga ada iklannya kok. Tapi saya berusaha menyeimbangkan antara iklan dan tulisan saya sendiri. Kasihan pembaca saya kalau mengalami hal serupa. Nanti mereka nggak mau balik lagi deh.


3. Terlalu Banyak Subscribe

Biasanya ini terjadi ketika saya mengunjungi situs-situs/blog-blog luar. Belum juga baca artikelnya udah ditodong untuk subcribe. Ckckck....buat saya itu menganggu banget. Udah gitu seakan-akan kita dipaksa untuk klik jika ingin membaca keseluruhan artikel. Biasanya kalau seperti ini saya lebih memilih mundur teratur. Mendingan cari situs/blog yang ramah. Kalau saya suka sama situs itu, tanpa disuruh pun akan senang hati untuk mengikutinya.

Pernah juga menemukan blog milik orang Indonesia yang hampir sama seperti di atas. Bedanya mereka ingin kita untuk menekan tombol 'suka' pada fan page. jika ingin membaca artikelnya sampai selesai. Duh. Gusti hobi banget yak menjebak orang. Biasanya yang begini selalu saya tutup dan nggak mau balik lagi.

4.  Tampilan Blog Terlalu Ramai

Saya suka mengunjungi blog/situs yang memiliki tampilan minimalis dengan header yang cantik-cantik ketimbang blog yang latar belakangnya ramai. Tentu saja konten di dalamnya juga memiliki pengaruh besar supaya saya bisa berkunjung kembali ke blog itu.

Tampilan yang cantik dan isi menarik itu suatu kombinasi yang tepat. Saya akan senang hati untuk menyematkan alamat mereka ke dalam daftar baca saya.

5. Tidak Pernah Di Update

Rasanya menyebalkan begitu berkunjung ke sebuah blog yang ternyata terakhir kali posting itu beberapa bulan lalu atau tahun lalu. Lebih parah lagi, sekalinya di posting baru isinya iklan. Uhuk.. biasanya tanpa ragu lagi saya akan tekan tanda silang sembari melambaikan tangan dengan cantik ala Syahrini.


Sekarang giliran saya dong mau nanya sama kalian semua. Apa sih yang bikin kalian mengunjungi sebuah blog?

55 comments:

  1. hehee, yang blog ramai itu, kadang saya juga malas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Apalagi background bergambar. Suka salah fokus

      Delete
  2. Kalo aku suka ngunjungi blog yg rapi tulisannya, ada gambarnya, blognya engga mentereng template nya juga, kudu cantik hihihi, terus tulisannya panjang engga singkat dgn bahasa bercerita gaya sehari" :D

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah. Template bersih juga favorit saya. Ditambah isinya yang informatif.

      Makasih udah mampir :)

      Delete
  3. Alhamdulillah masih setiap asih dikunjungi mb thika 😘😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Sesuai mauku ya :)

      Delete
  4. Mbak.. mkn kalau judulnya 5 things why i dont read your blog gimana? Hehehe oia mbak bener bgt ini bs jadi masukan bagus utk blogku agar ngga berantakan dan ngga keramean.. makasi ya mbak tipsnya :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadi emang rada galau milih judul. Makasih masukannya 😊

      Delete
  5. konten menarik asik mudah dimengerti dan g susah bahasanya, soalnya saya orang yang g terlalu banyak ngerti bahasa, dan satu lagi sih, yang artikelnya tidak terlalu panjang, karena saya sering jenuh duluan kalau udah liat artikel yang panjaaaaaang apa lagi kalau tanpa gambar,,, hehehe...

    mampir juga kak ya akutau.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Sesuatu yang sederhana emang menarik apalagi dengan gaya bercerita yang tepat.

      Delete
  6. Paling males kalo baca blog yang loadingnya lamaa. Apalagi buat emak2 yg gak full dpn laptop dan bisanya curi2 waktu buat BW dari HP. Penting bangeeet!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah. Iya. Kalau loadingnya lama bikin keki

      Delete
  7. Aku suka Yang bahasanya mengalir Mbak. Ga monoton. meski blog isinya curhat doang, kalo enak di baca, aku biasanya BW sampai posting2 kedalaman... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Ini tipenya suka baca yang simple-simple ya? Bisa jadi inspirasi :)

      Delete
  8. Kalo judul dan isi ga sesuai, trs ada lagunya pas dibuka :p, trs heboh bin rame :p. Baru aja td malam aku BW k blog yg kbtulan komen di blogku. Aku BW balik dong yaa..tp tulisan di blognya kecil sekali, dan ruameee puoool ama hiasan :D. Yg ada aku pusing bacanya mbak. Trs mw baca isinya pun ,ga menarik mbak :( .Jadi maaf banget, aku cm komen seadanya dan kyknya ga mau balik lg deh :(

    Kalo blog yg pake lagu, itu krn bikin berat aja sih pas dibuka. Blm lg kalo lagunya g sesuai selera hihihi..trs suka ngagetin :D. Pernah pas buka blog pake lagu, aku kaget krn speakernya lg trpasang, dan lagunya rock metal :p. Ampuun dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Tulisannya kecil-kecil juga mengganggu.

      Ada lagunya kadang emang bikin berat dan kaget kalau kita lagi pasang pengeras suara.

      Delete
  9. Dari poin2 di atas semoga blog saya termasuk yang enak dikunjungi :)

    ReplyDelete
  10. Halo Mba Tikha salam kenal :D Semoga 5 hal itu gak ada di blog aku... hihihi... :D tapi iya juga mba bener banget, aku jg ngerasain hal yg sama. Kalo 5 hal itu ada di blog pas lg blogwalking langsung aku close, liat2 blog yg lain lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal. Terima kasih udah mau berkunjung.kadang saya sih masih ada sedikit toleransi

      Delete
  11. Thanks infonya mba, ini jadi acuan buat saya memperbaiki kualitas blog. Yes, kenyaman pembaca memang pentinf. Saya setuju. Oya, kebetulan beberapa bulan terakhir, 90% tulisan saya sponsored post, tapi saya ngga merasa seleb :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah...maaf mbak nggak maksud nyinggung loh. Blog saya juga banyak iklannya. Mangkanya ini nunjuk diri sendiri

      Delete
  12. Wah pasti nyindir aku ini, pasti :p

    ReplyDelete
  13. Makasih infonya.Ini bisa dijadikan pedoman untuk memperbaiki blog( secara blog saya masih ala kadarnya) dan membuat nyaman pengunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap orang punya patokan sendiri mba. Ini mah dari pengalaman saya.

      Semangt ya ngeblognya.

      Delete
  14. Hihi, sepakat banget deh dengan 5 hal yang disebutkan mbak ini, terutama yang banyak iklannya. :D

    ReplyDelete
  15. salam kenal yah Mbak :)
    postingan yg berantakan emang bikin sakit mata yah, blm lagi klo kita ditodong subscribe, hadeh.
    hmm, semoga blogku gak masuk kategori tersebut, hihih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal. Iya saya suka sebel sama yang berantakan padahal isinya oke loh. Bikin males deh

      Delete
  16. Hahaha. Blogku isinya iklan semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ra popo mbak. Yang penting iklannya menarik 😀

      Delete
  17. Aku, mak. Aku nih, yang jarang banget update. Hihi.. nice post!

    ReplyDelete
  18. Selain poin di atas, tambahan lain bagi saya adalah saya malas blogwalking ke blog yg susah ninggalin jejak. Kadang ada tuh blog yg mesti login wordpress klo mau komen, lah passwd wp saja sudah lupaaaa :)) akhirnya ya kadang jadi silent reader saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya. Kalau komentarnya susah juga bikin males.

      Delete
  19. Hallo, Mak...
    Aku pernah pake template yg rame. Tapi udah diganti. 😉 Cz kepikiran juga takut ada yg mampir malah pusing. *maklum blognya sepi 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai template yang simple aja mak. Enak di mata.

      Delete
    2. Iyah, Mak. skrg udah pake yang simple. :D

      Delete
  20. kalau ada musiknya tuh, langsung ilfil, kalau buka trus musiknya kenceng kan bikin kaget, langsung tutup deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Sama mbak. Pernah mampir ke blog orang. Eh musiknya metal. Langsung tutup dah.

      Delete
  21. Kalau subcribe atau sejenisnya biasanya bisa langsung diskip dengan tekan (esc) di keyboard, tapi kalau masih bandel sih (masih muncul) ya langsung run away aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...iya kalau muncul terus-menerus bikin ganggu emang mbak

      Delete
  22. Postingan seperti ini yang bisa bikin kita selalu introspeksi ya. Makasih, Mbak, sudah direminder :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Carra makasih sudah mampir. Saya harus lebih banyak belajar darimu.

      Delete
  23. Ditunggu kunjungannya ke blog saya ya Mb. Hihihi
    Juga sarannya, Kira2 blog sy apa yg kurang baik..
    Sdg Gonta ganti template soalnya

    ReplyDelete
  24. Nice post mbak.. Jadi ngaca, blogku kya apa ya, udah reader friendly blom yaa.. Ksh masukan ya mbak di grup.

    ReplyDelete
  25. berguna banget mbak buat blogger2 apalagi yang msh pemula spt saya.. belajar belajar lagi...:-)

    ReplyDelete
  26. Poin 1 tuh saya paling males. Udah banyak singkatan, titik koma nggak ada, nggak bisa bedain tanda seru sama tanda tanya.. Ih, rasanya pengen tak suruh sekolah lagi. Hihihi. Sama satu lagi, yang background sama warna fontnya gonjreng. Bikin pedes matq bacanya.

    Salam kenal, mbak. Kalau sempat sila mampir ke blog saya. :)
    ayiprima.blogspot.com

    ReplyDelete
  27. jedaaaar! no. 3 aku bangets itu mbak, jarang buat postingan :))

    no.2 ya, sering jumpa trus yang bikin agak males kalo blognya loadingnya berat, ampun deh...

    ReplyDelete