Begini Caranya Agar AC Awet dan Tahan Lama

31101301_l.jpg



Kebanyakan orang yang tidak begitu paham pentingnya merawat AC di rumah. Padahal dengan merawat secara rutin, AC bisa awet hingga 10 tahun ke depan. Gak percaya? Baca tips berikut ini dan Anda bisa membuktikannya langsung pada AC di rumah Anda!


Sesuaikan dengan Besar Ruangan Anda

Semakin besar PK pada AC bukan berarti semakin baik. Ruangan di rumah umumnya menggunakan AC dengan kapasitas  ½ sampai 2 PK. Bila Anda menggunakan AC dengan PK besar untuk ruangan kecil, maka energi yang dikeluarkan akan lebih besar daripada seharusnya sehingga terjadi pemborosan, sementara bila PK Anda terlalu kecil maka AC Anda akan bekerja lebih keras daripada seharusnya untuk mendinginkan ruangan. Sesuaikan AC dengan ruangan Anda, ya!


Pastikan Ruangan Tertutup

Sebelum menyalakan AC, jangan lupa untuk menutup semua pintu, ventilasi, dan jendela agar udara luar tidak masuk. Selain mencegah temperatur kamar agar tidak naik, kinerja AC pun tidak terlalu berat untuk mendinginkan ruangan. Dengan begitu, Anda dapat menghemat pengeluaran listrik dan membuat AC Anda lebih awet hingga 10 tahun mendatang.

Semakin Dingin Bukan Berarti Semakin Bagus


Ada satu hal yang perlu diluruskan, AC bukanlah pendingin ruangan, melainkan pengatur suhu ruangan. Memasang AC di bawah 22℃ akan memaksa AC Anda untuk bekerja lebih keras daripada seharusnya. Imbasnya bukan hanya boros listrik, komponen di dalamnya juga dipaksa bekerja ekstra sehingga AC menjadi lebih cepat rusak.

Unit Outdoor AC Ternyata Sama Pentingnya


Walaupun yang bertugas mendinginkan ruangan adalah AC indoor, tetapi peran AC outdoor pun tidak kalah penting. Bila AC outdoor mati, maka yang di dalam pun tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga tidak bisa mendinginkan ruangan sebagaimana mestinya. Tempatkan outdoor unit Anda di tempat yang tidak terkena sinar matahari dan hujan. Pastikan ada ruang kurang lebih 20 cm di sekitarnya dan jangan lupa membersihkannya secara rutin.



Service AC Anda Secara Rutin

Siapa sangka, hal kecil seperti membersihkan AC ternyata penting, apalagi bila berhubungan dengan kesehatan Anda. Jika debu sudah menumpuk, AC akan membutuhkan daya yang lebih banyak untuk mendinginkan ruangan. Tidak hanya itu, debu yang menempel akan membuat udara yang dikeluarkan AC menjadi kotor sehingga mencemari udara yang Anda hirup. Sungguh tidak sehat, bukan?


Capture service AC form.JPG


Oleh karena itu, dianjurkan agar Anda melakukan service AC sekitar 3 sampai 6 bulan sekali agar AC Anda tetap dalam kondisi optimal. Jangan lupa untuk menggunakan jasa service AC yang berpengalaman agar AC Anda dapat terawat dengan baik. Bila Anda kesulitan, kini telah hadir marketplace jasa bernama Sejasa.com yang dapat membantu Anda menemukan jasa service AC yang terpercaya dan sesuai dengan lokasi Anda berada. Anda juga dapat membandingkan harga, membaca review, dan melihat profil usaha mereka. Praktis!

8 comments

  1. rajin membersihkan AC juga, membuat AC jadi awet ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Minimal 3 bulan sekali

      Delete
  2. kl di suhu 22 di Jakarta sih belom dingin...baru adem aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surabaya juga panas. Suka diturunin kalau malam

      Delete
  3. oh service nya harus 3 sampai 6 bulan sekali baiklah. kirain nunggu sampe bermasalah br di service :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus sering-sering biar tetap awet

      Delete
  4. Sip.. Jadi ingat blom servis AC sejak pindahan kmrn

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon