Kotak Warna: Memilih Lampu Senter yang Tepat dengan Memerhatikan Beberapa Hal Berikut

Wednesday, September 13, 2017

Memilih Lampu Senter yang Tepat dengan Memerhatikan Beberapa Hal Berikut





Coba saja tanyakan kepada anak-anak di Taman Kanak-Kanak, benda-benda apa saja yang bisa menyelamatkan kita dari kegelapan?

Pasti beberapa dari mereka akan menyebutkan senter dalam kategori tersebut

Senter merupakan peralatan listrik dengan bentuk portable  yang memiliki fungsi sebagai alat pembantu penerangan di tempat dan situasi tertentu. Kenapa disebut portable karena bentuk dan ukurannya yang mudah dibawa. Sehingga bisa digunakan dengan mudah saat berada dalam keadaan darurat, seperti ketika terjadi pemadaman listrik atau tersesat di hutan.

Untuk menghasilkan cahaya, senter menggunakan sebuah lampu pijar/beberapa lampu yang bisa hidup dengan menggunakan daya baterai di dalamnya. Di dalam badan senter terdapat sebuah ruang parabolik, tempat lampu pijar, tabung tempat baterai, dan sebuah lensa untuk melindungi sumber cahaya ataupun lampu itu sendiri. Selain untuk sumber  penerangan di rumah, penggunaan senter juga sering kita jumpai di bengkel, dll.

Buat kamu yang ingin membeli senter bisa cari di toko peralatan listrik yang ada di dekat rumah dengan berbagai pilihan jenis dan model. Mulai dari yang ukuran kecil sampai besar. Jika membeli langsung di toko kamu bisa mencobanya terlebih dahulu.

Jaman makin canggih, apa saja bisa kamu dapatkan secara online. Yup, buat kamu yang rada males keluar rumah atau punya kesibukan tertentu sehingga nggak ada waktu. Coba deh intip di beberapa toko online.  Banyak yang menjual senter soalnya banya dibutuhkan oleh banyak orang. Selain memiliki keberagaman model dan jenis, harga yang ditawarkan oleh toko online pun cenderung lebih murah dibanding beli langsung. Kelemahannya kita tidak bisa mencoba langsung apakah senternya bisa dinyalakan atau tidak.


Beragamnya model dan jenis lampu senter inilah yang terkadang harus membuat kita lebih berhati-hati saat membelinya, agar nantinya peralatan tersebut tidak cepat rusak dan dapat berfungsi dengan optimal. Berikut ini beberapa hal yang harus Kamu perhatikan dalam pemilihan senter sebagai alat penerangan baik untuk keperluan kerja maupun rumah tangga, yang antara lain adalah:

  • Tentukan terlebih dahulu ukuran senter sesuai dengan kebutuhan Kamu, jika Kamu memerlukan senter dengan ukuran kecil, maka lebih disarankan bagi Kamu, untuk memilih senter yang menggunakan daya baterai ukuran AAA, karena akan lebih menghemat penggunaan dayanya. Jika Kamu memerlukan senter dengan ukuran yang besar, maka pemilihan senter dengan penggunaan baterai AA akan lebih disarankan.
  • Pilih senter yang menggunakan mode sakelar yang bervarian, di mana Kamu dapat menentukan intensitas pencahayaan, sehingga dapat lebih menghemat penggunaan daya baterai d idalamnya.
  • Pilih senter dengan merek kenamaan dengan kualitas yang memang terkenal lebih unggul, di mana pada umumnya senter ini memang memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan merek lainnya, namun kualitas dan keawetannya memang dapat lebih terjaga.

Untuk referensi saat ini senter dengan sumber cahaya dari lampu LED memang lebih disarankan untuk Kamu gunakan, mengingat saat ini memang hanya senter jenis inilah yang banyak beredar dipasaran dan memiliki daya penerangan yang cukup besar. Selain itu lampu penerangan ini juga memiliki sumber tenaga baterai yang praktis dan dapat diisi kembali dengan cara melakukan pengecasan ulang dengan menggunakan sumber listrik dalam rumah tangga.

Apabila Kamu memilih untuk membeli lampu senter dengan jenis LED ini, akan lebih disarankan bagi Kamu untuk tidak langsung menggunakannya, namun isilah terlebih dahulu daya baterai di dalamnya dengan melakukan pengisian daya terlebih dahulu, selama beberapa jam. Lakukan pengisian ulang jika memang lampu dalam senter tersebut terlihat mulai redup. Gunakan senter hanya untuk keperluan yang memang membutuhkan penerangan didalamnya, dan jangan gunakan senter dalam jangka waktu yang lama ataupun secara terus menerus.

Semoga bermanfaat.

Salam,



5 comments:

  1. saya dari kemarin mau nyari senter kaya di film swat itu yang ukuran kecil tapi penerangannya bisa jarak jauh. Macam kayak polisi aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pengin punya senter kecil gitu

      Delete
  2. Senter adalah benda yang wajib ada di rumahku ;)
    Terimakasih sharingnya mbak Swastikha :)

    ReplyDelete
  3. Cocok nih buat menerangi hati yang kejebak kegelapan masalalu wkwk

    Buat mbaknya moga sehat selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..butuy senter yang gede kalau itu

      Delete