Kotak Warna: (Guest Post) Cara Membedakan Event Menulis Abal Abal

Tuesday, April 4, 2017

(Guest Post) Cara Membedakan Event Menulis Abal Abal






Sekarang ini banyak penerbit indie yang berdiri dan memulai promosi mereka melalui media sosial seperti Facebook. Melalui media sosial tersebut mereka akan melakukan banyak pendekatan kepada follower mereka untuk mengenalkan penerbitan mereka, salah satunya adalah mengadakan event menulis dengan hadiah yang bervariasi. Dari mulai menghadiahkan sertifikat, paket buku, cetak buku gratis sampai dengan berbagai macam hadiah lainnya.

Akan tetapi, melihat antusiasme calon penulis muda mengikuti event menulis ini, dimanfaatkan oleh beberapa oknum dan akhirnya merugikan calon penulis muda. Sayangnya ada banyak calon penulis yang tak tahu bagaimana cara membedakan event menulis yang abal-abal dan yang asli. Bagaimana caranya? Berikut cara untuk membedakan event menulis palsu dengan yang asli :

-      Tidak rasional. Event menulis yang palsu akan menawarkan hadiah yang dinilai tidak masuk akal atau berlebihan, misalnya sebuah penerbit baru yang terlihat masih amatir tetapi sudah menawarkan hadiah seperti uang jutaan Rupiah atau bahkan gadget terbaru.


-         Manajemen yang buruk. Penerbit abal-abal biasanya didirikan oleh seorang saja, tetapi ia berlagak seakan ada banyak admin dan saat ada komplain atau pertanyaan dari calon peserta maka ia akan melemparkan tanggung jawab pada admin-admin fiktifnya.

-   Tidak transparan. Ini salah satu hal yang membingungkan peserta, sulitnya mencari informasi mengenai event menulis dan juga susahnya menghubungi penanggung jawab event. Mereka akan berdalih bahwa mereka sedang sibuk mengurusi hal lain padahal tak ada aktivitas apapun terlihat.

-       Event berbayar. Memang tidak semua event menulis berbayar itu abal-abal, tetapi yang palsu akan mencantumkan biaya pendaftaran yang sangat tinggi dan membebankan biaya pencetakan buku pada peserta, parahnya lagi mereka mewajibkan para peserta untuk membeli buku mereka sendiri dan kalaupun menolak, maka nama mereka akan dicoret dari daftar peserta atau pemenang.

Itulah bagaimana cara mudah untuk membedakan event menulis dari penerbit indie yang abal-abal, lebih teliti dalam memilih penerbit berkualitas danterpercaya.

 Semoga beruntung dalam menekuni dunia menulis!

No comments:

Post a Comment