Kotak Warna: Kelas Yoga Alam dengan Pilihan Hotel di Sukabumi

Monday, January 16, 2017

Kelas Yoga Alam dengan Pilihan Hotel di Sukabumi

Kelas Yoga Alam dengan Pilihan Hotel di Sukabumi- Pada era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, kita hampir tidak bisa memiliki rahasia sama sekali. Kehadiran Media sosial semakin mempersempit ruang privasi kita dan bahkan dengan mudahhnya kita menemukan orang-orang yang dulu susah sekali ditemui, termasuk mantan pacar. Tsaaaah.


Dulu rasanya gampang banget buat sembunyi dari kenyataan apalagi dari orang yang nagih utang. Sekarang, malah orang-orang itu dengan senang hati ngasih tahu keberadaannya lewat fitur check in location di media sosial sekalian pamer juga sih.  Jadi, yang merasa punya gebetan tinggal kamu pantengin aja media sosialnya.

Serba terbuka ada enaknya dan tidak. Keuntungannya arus informasi sangat mudah didapatkan. Kamu mau tahu kucing si artis A lahir berapa tinggal kamu cari di mesin pencari. Dalam hitungan detik mesin pencari akan menampilkan ribuan artikel yang kamu cari. Sedangkan kekurangannya, kadang bikin jenuh. Bosen lihat linimasa Facebook dan Twitter isinya mah gitu-gitu aja.


Jenuh begini enaknya kabur kemana gitu alias jalan-jalan. Sembunyi dan menyendiri di suatu tempat. Asyik kayaknya. Penginnya sih yang agak jauhan kayak Sukabumi. Kenapa Sukabumi? Soalnya ada teman kuliah di sana yang ngasih tahu bahwa Sukabumi itu indah. Bikin penasaran, kan?

Udah tahu lokasi kotanya. Sekarang saatnya mencari informasi tentang hotel di Sukabumi.

Beruntung, dari hasil berselancar di dunia maya saya menemukan beberapa hotel di Sukabumi yang asyik banget buat menyendiri saat jenuh. Menyingkir sejenak dari kejenuhan yang ada sembari menenangkan pikiran sejenak atau bisa juga kita mengikuti kelas Yoga. Berbagai pilihan hotel yang ada di pusat Kota Sukabumi memang belum menyediakan fasilitas kelas yoga.  Anda hanya perlu menjadikan hotel sebagai tempat singgah saja selepas menjajal kelas yoga alam.  Duduk santai di kamar sambil melakukan Yoga atau kalau kamu emang minat dengan Yoga Alam, bisa melakukanYoga di tempat terbuka. Emang belum mahir banget sih setidaknya kesendirian bisa jadi momentum yang pas untuk mengembalikan keseimbangan lahir dan batin.

Pilihan Hotel di Sukabumi


Yes. Sebelum saya bicara hotel-hotel kece yang ada di Sukabumi. Saya jelasin deng sekelumit tentang alam Sukabumi biar makin penasaran.

Secara umum, lanskap alam Sukabumi terdiri dari tiga kawasan. Ada barisan bukit dan pegunungan di Sukabumi bagian utara. Lalu, terdapat juga beragam pilihan air terjun (curug) di Sukabumi tengah. Kawasan terakhir adalah pantai-pantai di sisi selatan Sukabumi, yang menghadap langsung ke Samudra Hindia. Nah, udah kebayang, kan seperti apa keindahan alam dari Sukabumi?

Beberapa pilihan hotel di pusat Kota Sukabumi bisa saya temukan dengan mengakses https://www.traveloka.com/hotel/indonesia/city/sukabumi-103916. Menginap di pusat kota bisa membantu saya mengumpulkan semangat beryoga ke alam. Selepas beryoga, Saya pun bisa langsung melatih hasilnya di tengah suasana perkotaan bersama teman-teman yang ikut liburan bersama


Karena misi saya kali ingin merasakan yoga di kawasan perbukitan dan air terjun, maka tiga hotel di Sukabumi ini sangat memenuhi syarat untuk saya:

1.    Sparks Odeon Sukabumi



source: traveloka

Dilihat dari ulasan dan popularitasnya, SparksOdeon adalah hotel di Sukabumi yang paling banyak dituju wisatawan mancanegara. Keberadaan concierge yang siap memuaskan pengunjung, menjadi alasan utama tamu asing betah menginap di sini. Sebagai hotel yang relatif baru, nilai kebersihan dan kenyaman hotel ini mencapai angka sembilan! 

Lukisan di dinding dan interiornya yang apik bikin saya  pengin berpose cantik.

2. Horison Hotel Sukabumi

source: traveloka

Horison Hotel di Sukabumi berada persis di pusat kota, sehingga sangat strategis. Andalannya adalah kebersihan area hotel dan di dalam kamar, fasilitas concierge, menu makanan yang bervariasi, dan Wi-Fi super kencang. Anda jadi bisa browsing banyak informasi tentang yoga, deh.

Kayaknya asyik melakukan yoga di pinggir kolam renang sambil menikmati sejuknya udara pagi.

3. Balcony Hotel Sukabumi

Source: Traveloka
Fasilitas bagi penyandang disabilitas sangat terpercaya di hotel ini. Selain itu, Anda juga bisa menyewa mobil untuk berbagai keperluan ke luar hotel. Yang tidak kalah penting adalah ketersediaan early check-in dan late check-out, serta staf yang menguasai beberapa bahasa (kece ya)

Menentukan Lokasi Yoga

source: youtube.com



Usai menentukan pilihan hotel, kini saatnya memastikan kembali pilihan alam yang akan jadi ruang beryoga saya. Informasi tentang beryoga di alam, bisa menjadi panduan saya  untuk memahami esensi yoga, secara teknis dan spiritual. Pemahaman ini, akan sangat membantu saya memilih lokasi beryoga ke alam.
Secara teknis, yoga memerlukan konsentrasi mendalam dari seorang yogi. Merenungi keheningan hanya bisa optimal dilakukan, di ruang alam yang tidak riuh. Seorang yogi, sebisa mungkin meresapi elemen-elemen utama dalam yoga. Ada bumi, angin, api, dan air, yang akan menyatukannya dengan semesta. Oleh karena itu, ruang praktik yoga harus memenuhi syarat keleluasaan.

Seorang yogi harus leluasa menapak kaki dan tangannya, merasakan dingin dan panasnya permukaan tanah. Selanjutnya, ayunan tangan seorang yogi yang berdiri tegak dalam pose gunung, akan memenuhi elemen angin. Perubahan gerakan berikutnya adalah dengan membentuk posisi kursi serta downward (facing dog).

Mempertahankan posisi facing dog dalam lima hitungan napas, akan membuat badan yogi terasa hangat. Di sinilah elemen api terpenuhi. Terakhir adalah teknik memenuhi elemen air. Seorang yogi hanya perlu melakukan gerakan berenang dan menyibak air. Bedanya, gerakan ini dilakukan sambil berdiri.

Kesan kebatinan akan tercipta dan mengasah seorang yogi untuk menyeimbangkan diri di atas tanah (bumi), berinteraksi dengan semilir angin, memulihkan energi melalui cahaya matahari (api), serta menyirami ketenangan jiwa di antara gemercik air. Rangkaian esensi tersebut, bisa nanti saya  rasakan sendiri di Curug Cirajeg.
Can’t wait. Semoga ada rejeki.

Sekilas Curug Cirajeg

source: wisata jawa barat

Untuk mencapai air terjun Cirajeg di Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Anda hanya perlu menempuh perjalanan darat selama 2 jam, dari pusat Kota Sukabumi. Jarak yang tidak jauh ini, memungkinkan Anda untuk memanfaatkan fasilitas concierge dan sewa mobil dari hotel.

Sepanjang perjalanan menuju Dusun Cirajeg, Anda akan berpapasan dengan panorama kebun dan persawahan. Curug ini tergolong masih asri, karena belum terlalu komersial seperti objek wisata lainnya. Jadi, kesempatan Anda untuk mengakrabkan diri dengan warga dusun pun, cukup terbuka.

Setelah melewati jalan setapak selama 20 menit, tibalah Anda di Curug Cirajeg. Silakan menikmati dan mempraktekkan sejumlah teori yoga yang sudah Anda persiapkan di hotel. Rasakan sendiri pesona warna yang kontras antara air terjun, sawah, dan dinding batuannya.
Nah. Buat kamu yang merasa jenuh dengan pekerjaan dan pengin me-refresh diri. Silakan mencoba menemukan kembali keseimbangan lahir batin di Sukabumi. Pastikan pemilihan hotel di Sukabumi yang kamu lakukan, telah sesuai dengan panduan di atas, ya. Semoga bermanfaat!

Salam,


16 comments:

  1. Wah yoga dengan suasana baru nih
    wajib dicoba kapan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kepengin mbak. Belum sempat

      Delete
  2. aku pengen nyoba yoga...tapi masih bingung ama bagi waktunya

    ReplyDelete
  3. Curug cirajeg nya keren, boleh nich buat hunting weekend aja gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo om cumi lekas dicoba nanti saya baca tulisannya.

      Delete
  4. Yoga di alam belum pernah, biasanya cuma dirumah, patut dicoba nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya asyik ya sambil dengar gemericik air

      Delete
  5. Sebetulnya Sukabumi ini menyenangkan, alamnya bersih, sejuk, nyaman untuk liburan. Sayangnya beberapa bagian jalan darat dari Bandung menuju Sukabumi masih banyak yang rusak, gronjal-gronjalan, bikin mual setiap kali mau ke sana. Mudah-mudahan pemerintah Jawa Barat mau meluangkan waktu untuk memperbaiki jalan menuju Sukabumi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakah mbak? Semoga pemerintah denngar keluhan penduduknya.

      Delete
  6. wiih asyik ya bisa refreshing dan menenangkan diri
    hotelnya baguus banget

    thanks for reminds me, sudah setahun gak yoga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo. Yoga lagi. hotelnya cakep banget bikin betah.

      Delete
  7. Mau coba Yoga mbak, belum hehe. Enak yah, kalau hotel2nya di sana banyak dilengkapi fasilitas Yoganya.

    ReplyDelete
  8. mau kesini mbak? Ayo ketemuan ! hihihihihi *serius ini*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru rencana mbak. Doain ya semoga ada rejeki

      Delete