Kotak Warna: Lebih Dekat Dengan Profesi Pemadam Kebakaran

Tuesday, August 9, 2016

Lebih Dekat Dengan Profesi Pemadam Kebakaran

pemadam kebakaran


Lebih Dekat Dengan Profesi Pemadam Kebakaran- Bagian paling menyenangkan menjadi Guru Taman Kanak-Kanak adalah memiliki banyak kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat yang belum saya kunjungi sebelumnya. Sekolah kami menyebutnya studi wisata. Tujuannya sih satu untuk memperkaya wawasan anak.

Studi Wisata ini diadakan dua kali dalam setahun. Dalam kunjungan ini anak-anak akan dikenalkan kepada tempat-tempat yang tentunya memberikan nilai edukasi.

Kali ini kami ingin mengenalkan kepada murid-murid tentang sebuah profesi yang sedikit dilupakan yaitu Pemadam Kebakaran. Jujur, ini kali pertama saya bisa lebih dekat dan bisa melihat secara langsung seperti apa kantor pemadam kebakaran itu.


Sebelum mengunjungi Kantor Pemadam Kebakaran ada beberapa alur yang harus kami ikuti. Pertama, kami harus membuat Proposal Kunjungan yang ditujukan kepada Kantor Pemadam Pusat. Menunggu sekitar 1-2 hari sampai kami mendapat konfirmasi telepon. Setelah mendapatkan konfirmasi tentang kapan dan di mana Kantor Pemadam terdekat yang bisa kami kunjungi.

Murid-murid kami menyambut dengan baik rencana ini. Beberapa dari mereka terus bertanya kepada kami kapan sih akan berkunjung ke kantor Pemadam Kebakaran. Tentu saja saya juga nggak sabar sama seperti anak-anak.

Hore. Akhirnya waktu yang ditunggu datang juga. Kami bersama anak-anak berangkat pukul 8 pagi menuju Kantor Pemadam Kebakaran daerah Rungkut Sier. Sempat tersesat karena nggak tahu di mana letaknya dan sampai juga deh akhirnya. Kami diterima oleh Kepala Pemadam. Sambil mereka melakukan persiapan.

Kostumnya sudah siap
Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Pemadam Kebakaran UPTD II Surabaya lalu dilanjutkan dengan perkenalan bersama petugas-petugas yang lain. Dan mereka mengeluarkan alat-alat peraga supaya anak-anak lebih paham dengan profesi pemadam kebakaran.

Peralatan Sudah dipersiapkan


Perlengkapan sudah siap. Saatnya salah satu petugas menjelaskan kepada Anak-anak apa saja peralatan yang dibutuhkan oleh seorang pemadam dalam memadamkan api. Anak-anak menyimaknya dengan baik. Yah, walaupun ada beberapa anak yang sibuk sendiri.
Penjelasan apa saja nama alatnya dan yang di sebelahnya adalah demo mengenakan pakaian pemadam


Selain pengenalan alat-alat pemadam kebakaran, ada juga demo bagaimana para pemadam mengenakan pakaian Pemadam Kebaran. Baju yang berwarna Jingga menyala itu bahannya tahan api tapi tidak boleh digunakan berlama-lama di dalam ruangan. Ada pakaian khusus tahan api yang digunakan saat ada kebakaran hebat. Pakaian itu dilengkapi tabung oksigen dan berat banget.

Gini ya cara pakainya

Baju Berwarna Silver itu yang tahan api
Selesai memberi penjelasan anak-anak boleh mencoba mengenakan pakaian milik pemadam Kebakaran. Anak-anak antusias banget. Mereka mengantre dengan sabar sampai gilirannya tiba. Pesan Bapak Pemadam adalah menjaga lingkungan sekitar ya.

Pemadam Cilik
Terakhir, anak-anak boleh naik ke atas mobil berwarna merah manyala yang biasa dipakai oleh Jagoan Api dalam memadamkan si Jago Merah dan terakhir sesi foto bersama. Dan tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak-bapak Pemadam yang sudah meluangkan waktunya bersama anak-anak.

Foto Bersama
Semoga kunjungan kali ini memberikan banyak wawasan sama anak-anak bahwa di luar sana ada banyak profesi/pekerjaan yang bisa dipilih dan Petugas Pemadam Kebakaran memiliki peranan yang penting dalam menjaga keamanan masyarakat. Beliau berpesan jangan ragu untuk meminta bantuan kepada Pemadam Kebakaran saat membutuhkan. Semuanya gratis tanpa dipungut biaya.

Formasi Lengkap

Terima kasih Pak atas waktunya. Semoga selalu dilimpahkan kesehatan saat menjalankan tugas.

27 comments:

  1. Kereen. AKu juga pengen berkunjung ke kantor pemadam kebakaran. Ada yang ganteng nggak? :D

    ReplyDelete
  2. Mbak guru TK? Itu profesi impian saya saat masih kecil hihihi pasti happy terus ketemu anak yg lucu2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Saya guru TK. Happy dan bersemangat bawaannya mbak :)

      Delete
  3. Ini pasukan berani mati loh mbak...saya inget dulu pernah nonton film tentang pemadam kebaran buatan amrik...lupa judulnya...tetapi menggambarkan kisah kepahlawanan para pemadam kebakaran...mungkin seperti itu dalam kenyataannya....salut buat para pemadam kebakaran indonesia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Salut sama mereka. Yang siaga dalam memadamkan api

      Delete
  4. Sayang 15 tahun lalu,,, Gak ada kegiatan seperti ini di TK saya Mbak..
    Lagian di Pulau Seribu waktu itu blom ada Damkar,,, sekarang ada tapi ya gitu dah cuma nganggur aja... karena pulau seribu bebas dari kebakaran...

    ReplyDelete
  5. Eh, keinget temanku SMP. Dia juga sekarang dinas di Pemadam Kebakaran Surabaya nih, cewek loh :D
    Dan ngeliat anak TK rame begitu, keinget jaman dulu yak hihihi darmawisata...eaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren ya.

      Darmawisatanya sekarang semakin hanyak

      Delete
    2. mbak ini yang didekat tugu pahlawan itu bukan? eh tugu pahlawan apa pasar turi ya *ketauan banget aku dulu hobiny ke pasar turi ya...taunya pasar turi...hihihi >,<

      Delete
    3. Bukan Mbak. Ini daerah Rungkut Industri. Kalau pasar turi lebih besar lagi.

      Delete
  6. Jamanku sekola dulu gak pernah kunjungan ke pemadam kebakaran kyk gini huhuhu
    Seru yo mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman saya mainnya ke kebun binatang. Itu aja udah seneng

      Delete
  7. asyik memang ya TK sekarang sering ada kunjungan ke tempat2 tertentu utk mengenali profesi dll....pasti antusias banget mereka bisa ngerasain ajdi petugas beneran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka senang banget mbak. Padahal terlihat sepele yak

      Delete
  8. Uih seruuu...anak-anak...apalagi anak laki-laki pasti seneng banget...
    Pemadam kebakarannya ada lagi yang wanita nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng banget apalagi dibolehin naik mobil.

      Kalau tempat yang saya kunjungi nggak ada. Di pusat katanya ada

      Delete
  9. seru kak bisa langsung melihat kehidupan profesi si jago merah

    ReplyDelete
  10. anak2 antusias bgd gt ya mbak
    senengnyoooo
    nambah pengalaman bgd nih bwt mereka dan pasti nggak bakal dilupain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang banget mbak. Ya semoga perjalanan sederhana ini membawa makna buat anak-anak

      Delete
  11. Saya kagum sama Petugas Pemadam Kebakaran saat ada kebakaran besar di daerah Petemon. Sigap sekali menyalurkan air.
    Ditambah lag digambarkan sosoknya yang tampan di serial Upin Ipin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Pasukan berani mati dan gagah bangey

      Delete
  12. mereka keren-keren ya.....
    mempertaruhkan nyawa demi menyelamatkan orng lain...kayak superman gitu hehehe

    ReplyDelete
  13. Acaranya kece buat anak-anak. :D

    ReplyDelete