Kotak Warna: 6 hobi yang bisa membantu melawan stress

Tuesday, August 2, 2016

6 hobi yang bisa membantu melawan stress


6 hobi yang bisa membantu melawan stress- Rutinitas sehari-hari yang padat seringkali membuat kita kelelahan. Tekanan yang berat setiap harinya bisa memunculkan stress dalam diri akibatnya kita jadi mudah tersinggung, kepayahan, susah tidur, susah berkonsentrasi dan daya tahan tubuh menurun. 


Stress yang berkepanjangan dapat mengganggu aktivitas kerja dan bahkan hubungan sosial dengan teman, pasangan dan keluarga. Ujung-ujungnya kita menarik diri dari lingkungan sosial dan lebih senang menyendiri. Rentan terhadap penyakit. Pokoknya nggak nyaman deh.


Salah satu cara mengatasi stress adalah mencari kesibukan yang bisa menyalurkan energi negatif yang selama ini menumpuk dalam diri kita. Kegiatan yang menyenangkan mampu meredam hormon-hormon oksitoksin penyebab kegelisahan dalam tubuh.

Nah. Agar kita selalu hidup sehat dengan tingkat stress yang minim. Enam kegiatan ini bisa membantu untuk tetap santai dan hidup bahagia. Selain itu ada bonus tambahan yaitu bisa bikin kamu awet muda

Baca juga: 6 hal yang bikin masa lajangmu lebih bahagia

1. Fotografi

Pixabay.com

Kebanyakan orang berpikir bahwa fotografi itu mahal. Dibutuhkan banyak biaya untuk membeli kamera, lensa dan segala peralatan motret lainnya. Jangan khawatir. Cukup kamu gunakan kamera ponselmu. Abadikan segala aktivitasmu dengan kamera ponsel, misalnya berkumpul dengan sahabat, acara pernikahan teman dan liburan bersama keluarga. Abadikanlah momen yang menarik di sekitarmu. Tanpa disadari kamu akan jatuh cinta dengan fotografi.

Sapa tahu kalau ternyata kamu punya bakat terpendam dalam bidang fotografi.



2. Coloring/mewarnai


Pixabay.com

Belakangan ini kegiatan mewarnai bukan hanya milik anak-anak. Orang dewasa mulai menggemari aktivitas yang satu ini. Kegiatan mewarnai diyakini dapat mengurangi ketegangan di kepala. Aneka macam warna mestimulasi otak untuk selalu aktif dan fokus.

Kegiatan mewarnai juga sering digunakan oleh beberapa ahli Psikologi sebagai salah satu bentuk terapi bagi anak-anak. Nah, Psikolog aja menyarankan sebagai salah satu bentuk terapi. Kenapa tidak kamu mencobanya.

Jika kamu tidak suka mewarnai. Kamu bisa mencoba melukis atau menggambar.

3. Berkebun


Pixabay.com

Warna-warna hijau bisa membantu menurunkan tingkat stress. Itulah kenapa beberapa ahli menyarankan pada beberapa orang untuk beraktivitas di luar ruangan. Mungkin kamu bisa mencoba yang satu ini, yaitu berkebun. Kamu bisa menanam bunga atau buah-buahan dan bahkan tanaman rempah-rempah.

Tak punya halaman luas. Jangan risau dengan metode hidroponik kamu bisa menanam di lahan yang kecil. Bahkan, kamu bisa menggunakan balkonmu yang kecil untuk meletakkan pot-pot tanaman.

Kegiatan berkebun mulai dari menyiapkan lahan sampai menyemai bibit adalah aktivitas yang menyenangkan. Ditambah lagi dengan sinar matahari pagi yang membuatmu sehat. Tubuh mungkin akan sedikit berkeringat. Tapi tak mengapa. Itu akan membuat tubuhmu lebih puas.

Tanaman akan membuat halaman rumahmu penuh udara segar dan indah. Kamu juga bisa menggunakan hasil berkebunmu sebagai kebutuhan sehari-hari.

4. Memasak


Pixabay.com

Siapa yang nggak suka makan? Kayaknya hampir semua orang menyukai makanan. Beberapa di antara melepaskan stress dengan makanan. Nah. kadang makanan yang kita pilih belum tentu sehat dan bergizi. Salah pilih makanan bisa membuatmu berisiko terkena penyakit.

Untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Kenapa kamu tidak mencoba untuk memasak. Ada banyak ribuan resep mudah yang bisa kamu dapatkan dari internet. Pilih resep favoritmu lalu berkreasilah di dapur.

Beberapa bumbu dapur menguarkan aroma yang bisa menenangkan pikiran. Perut kenyang, pikiran tentram deh.

Selain masakan, kamu juga bisa membuat hidangan penutup. Asupan gula sangat dibutuhkan ketika tubuhmu stres tapi jangan berlebihan juga ya. Pokoknya seimbang aja deh.

Selesai masak kamu bisa memotretnya dan membagikannya ke media sosial.

Rekomendasi: Kreppek Tangguk Kuliner unik dari Pamekasan

5. Olahraga

Pixabay.com

Beberapa ahli selalu memasukkan aktivitas olahraga ke dalam anjuran untuk hidup sehat.

Olahraga memang sangat membantu untuk mengeluarkan hormon-hormon penyebab kebahagiaan. Itu sebabnya sehabis olahraga tubuh kita menjadi lebih segar dan urat-urat syaraf yang tegang menjadi lebih kendor dan timbul perasaan bahagia.

Olahraga yang paling murah dan ringan adalah jalan kaki. Cobalah pakai sepatu olahragamu dan berjalan memutari komplek perumahan. Kamu juga bisa mengajak serta binatang peliharaan atau pasanganmu. Bisa juga sambil cari Pokemon *ups

6. Membaca dan Menulis


Pixabay.con

Datanglah ke toko buku. Pilihlah beberapa buku yang kamu suka. Aktivitas membaca bisa membantumu menurunkan ketegangan dan membuat perasaanmu lebih tenang. Tidak hanya buku, kamu juga bisa membaca Kitab Suci. Beberapa orang lebih suka membaca Kitab Suci saat ada masalah.

Pilihlah waktu yang nyaman, seduhlah teh dan pilih lokasi yang nyaman. Mulailah membaca dan nikamti prosesnya.

Selain membaca buku. Ada kegiatan lain yang bisa membantumu mengurangi stress yaitu menulis jurnal harian.Tumpahkanlah semua perasaanmu pada jurnal. Lepaskan saja apa yang sedang mengganjal di hatimu. Menulis jurnal harian secara rutin bisa mengurangi tingkat stress dalam dirimu dan juga membantumu agar tidak lekas pelupa.

18 comments:

  1. saya kurang satu yaitu olahraga, kalah ama malesnya he3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga rada males kalau olahraga

      Delete
  2. Artikel yg bagus. gw juga stiap galau atau stress pasti gw olahraga. Kunjungi jg ya semoga bermanfaat :)

    https://feryalsyafriandani22.blogspot.co.id/2016/08/tips-melakukan-pemanasan-dengan-baik.html

    ReplyDelete
  3. kalau lagi stress biasanya aku curahin dengan olahraga bulutangkis bersama temen2, kadang... nyanyi2 engga jelas,,.. dengan spiker keras..

    ReplyDelete
  4. Kalau boleh satu lagi mbak, menyanyi karaokean hihihi. Mungkin tereak2 ala roker di tempat karaoke bisa menghilangkan stress :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Perlu dicoba ini mbak. Pergi ke karaoke bareng-bareng

      Delete
  5. Membaca dan menulis itu juga termasuk hobi yang bener-bener ampuh menghilangkan stress, dan dengerin lagu sambil nyanyi-nyanyi juga termasuk tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat ya mbak? Saya kalau jenuh milih baca dan nulis

      Delete
  6. Semua suka, tapi utk olahraganya renang, gak kuat kalau lari atau jalan jarak jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah renang. Saya nggak bisa berenang :(

      Delete
  7. setuju setuju menulis juga bisa mengurangi stres. kalo saya ada tambahan mengemudi juga bisa mengurangi stres (asal ga kena macet) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Kalau stress datang mari jalan-jalan

      Delete
  8. setuju banget mbak... tips jitu untuk menyegarkan pikiran:-)

    ReplyDelete
  9. ya mba benar sekali krna hobi tersebut bisa menghilangkan stres berkepanjangan

    ReplyDelete