Resep Soto Ayam Khas Pamekasan Untuk Sajian Ramadan







Resep Soto Ayam Khas Pamekasan- Wisata Kuliner menjadi salah satu alasan saya suka pulang ke kampung halaman. Selain bersilaturahmi dengan sanak saudara, momen pulang kampung bisa dijadikan alasan untuk bisa menikmati makanan khas kota kelahiran saya, Pamekasan. Ada banyak macam kuliner Pamekasan yang selalu bikin rindu, salah satunya adalah Soto Ayam. 

Favorit kami sekeluarga adalah Soto Ayam Keppo Rasanya hampir tiap kali mudik ke Pamekasan, kami selalu meluangkan waktu untuk bisa menikmati sajian Soto Ayam Keppo. Mungkin, kalian bertanya-tanya apa sih yang membuat Soto Ayam Keppo mendapat hati di hati kami. Jawabannya adalah kuahnya yang bening (mirip sop) dan perlu diketahui bahwa Resep Soto Ayam khas  Pamekasan ini tidak diberi kunyit seperti kebanyakan soto pada umumnya. Sehingga bisa dibilang minim rasa rempah. Sajian ini cocok juga untuk menu buka puasa Ramadan nanti

Namanya menjadi makanan favorit, terkadang membuat saya rindu. Jika tidak ada kesempatan untuk pulang kampung, saya memiih membuat sajian ini sendiri di rumah. Untuk Resep Soto Ayam Khas Pamekasan ini saya dapatkan dari Mama, kebetulan Mama tahu resepnya karena beliau asli Pamekasan. 

Ada banyak versi dari Resep Soto Ayam Khas Pamekasan dan juga varian isinya. Yang akan saya posting blog ini adalah Resep yang Mami dapatkan turun-temurun dari keluarga. Oh iya, berhubung saat masak saya lupa memotret langkah dan bahan-bahannya. Jadi, saya akan menampilkan foto yang sudah jadi. Tolong saya jangan diprotes. 


Resep Soto Ayam Khas Pamekasan 


Bahan Utama Isian Soto: 

1 Kg Ayam Kampung/ Ayam Potong (jika memakai Ayam Potong, saya lebih suka memilih bagian paha saja) 

1 Kg kentang 

Keripik Kancur (Ini adonannya seperti peyek tapi tanpa kacang) 

1 Bungkus So’un 

2-3 Butir telur yang sudah direbus 

¼ kg Kecambah pendek 

2-3 Sendok Tepung Terigu/beras 



Bahan untuk Bumbu Kuah: 


4 Siung Bawang Putih 

1/2 Ruas jari Jahe 

¼ sendok teh merica 

2 Batang Bawang Daun (Dirajang Kecil-kecil) 

1 Ikat daun bawang (diambil bagian bawahnya saja atau bonggol) 


Bahan Pelengkap Kuah 

1 Bungkus Bawang Putih Goreng 

1 Bungkus Bawang Merah Goreng 


Cara Memasak: 


Langkah Pertama: 

  • Haluskan semua bahan untuk kuah kecuali bawang daun dan bonggol daun bawang 
  • Tumis Bumbu halus beserta bawang daun dan bonggol daun bawang dengan mentega sampai wangi dan mengeluarkan sedikit minyak (saat menumis gunakan api yang sangat kecil supaya tidak gosong). 
  • Rebus ayam beserta bumbu yang sudah ditumis sampai Ayam Lunak lalu tiriskan ayam dan taruh di tempat yang terpisah.
  • Tambahkah Garam dan Gula pada kaldu ayam yang mendidih. Lalu taburi dengan sejumput Bawang Putih Goreng dan Bawang Merah Goreng (sisanya bisa ditaburkan saat penyajian) secukupnya sekitar 5 menit sebelum kompor dimatikan. Jangan lupa koreksi rasa ya. 


Langkah Kedua (menyiapkan bahan isian): 

  • Siram 1 Bungkus So’un yang sudah dibuka dengan air mendidih kemudian tiriskan 
  • Rebus kentang hingga lunak lalu hancurkan seperti membuat perkedel, bentuk menjadi bulatan dan goreng dengan telur. 
  • Membuat adonan keripik kancur/peyek tanpa kacang (kalau merasa kesulitan bisa dilewatkan) 
  • Masukan 2-3 sendok tepung terigu/beras larutkan dengan sedikit air lalu masukkan kecambah, aduk rata. Kemudian goreng sampai kecoklatan dengan api kecil. 
  • Potong daging Ayam yang tadi ditiriskan menjadi kecil-kecil 


Cara Penyajian: 

  • Ambil mangkok, isi dengan potongan daging ayam, So’un, beberapa perkedel kentang, cambah goreng dan keripik kancur yang diremukkan lalu siram dengan kuah Soto yang masih panas. Untuk memperkaya rasa bisa ditaburkan potongan daun bawang, seledri dan bawang goreng. Jika kalian penyuka gurih, bisa tambahkan 1 sendok teh margarin pada kuah yang panas. 
  • Bisa disajikan dengan lontong atau nasi. 


Nah, demikian Resep Soto Ayam Khas Pamekasan ala keluarga saya. Semoga resep ini bisa membantu buat kalian yang penasaran seperti apa sih rasa Soto Ayam Khas Pamekasan dan bisa disajikan saat Ramadan nanti.

Sajian Cumi Hitam Pete milik Ayu Tanimoto bisa jadi referensi untuk sajian bulan puasa nanti.


Salam, 

10 comments

  1. Jadi pingin makan soto nih :D. Resepnya aku save yaa. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo buat di rumah mba. Soto ayam madura itu yang agak ribet printilannya

      Delete
  2. Resep ditulis terus pesen 1 porsi ke ke tukang sotonya, taraa soto siap nikmati :')

    ReplyDelete
  3. Omku ada yang tinggal di Pamekasan, udah luama gak ke sana. Dulu pas ke Pamekasan, cari makan adanya Sop-bung :D

    Sotonya gak pake kunyit ya? Pake tepung berarti kuahnya jadi kental. Unik juga, jadi penasaran, heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pakai tepunh mba. Tepungnya buat goreng kecambah. Iya soto ayam pamekasan tanpa kunyit jadi bening gitu

      Delete
  4. Sotooo juga selalu jadi pilihan order jika ke resto menu nusantara. Enak, seger, hangat, dan tidak berasa ngemil lemak ya. Tapi kalau bikin sendiri perlu usaha ekstra ya karena proses bikinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Soto adalah makanan favorit aku juga pas lagi keluar rumah. Sebenarnya soto ini mudah tapi bikin pendampingnya yang ribet

      Delete
  5. bahan-bahannya mudah ya? bisa buat refrensi menu buat gia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo coba bikin sendiri mba di rumah

      Delete