Kotak Warna: Peringatan Isra' Mi'raj Adalah Momentum Muhasabah Diri Sebagai Seorang Muslim

Monday, April 24, 2017

Peringatan Isra' Mi'raj Adalah Momentum Muhasabah Diri Sebagai Seorang Muslim


Perayaan Isra' Mi'raj Adalah Momentum Muhasabah Diri Sebagai Muslim- Ada sebuah peristiwa penting yang dilalui Rasulullah Muhammad SAW dalam hidupnya yaitu Isra' Mi'raj. Isra' Mi'raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah (Masjidil Haram) ke Palestina (Masjidil Aqsa). Di tengah-tengah perjalanannya dengan ditemani Malaikat Jibril, Nabi Muhammad diangkat ke langit ke-7 untuk bertemu dengan Allah. Dalam peristiwa penting ini Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah untuk melakukan Shalat. Perintah Shalat kali pertama turun sebanyak 50 kali. Karena Nabi Muhammad SAW begitu memikirkan umatnya dan meminta keringanan. Allah pun menurunkan perintah shalat menjadi 5 waktu.



Dulu, saya menganggap perayaan Isra' Mi'raj itu biasa saja sama dengan perayaan lainnya, nggak ada yang istimewa. Paling di sekolah hanya dirayakan sambil saling bertukar kue.

Belakangan, saya mulai paham bahwa perayaan Isra' Mi'raj bukan sekadar perayaan biasa. Tapi merupakan momentum bagi kita seorang muslim untuk melakukan Musahabah Diri.

Musahabah Diri adalah bagaimana kita melihat ke belakang mengenai ibadah, perilaku kita sehari-hari. Apakah lebih baik atau malah lebih buruk.

Jangan sampai kita terlena dan tidak melakukan apa-apa untuk memperbaiki diri.

Saya sadar bahwa selama ini sebagai seorang muslim masih memiliki banyak kekurangan dalam beribadah. Terkadang rasa malas mengalahkan segalanya. Harusnya waktu yang tersisa banyak dihabiskan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Memang tidak mudah. Setidaknya kita harus mencoba. Toh pada akhirnya tujuan akhir kita adalah akhirat.

Semoga tahun ini bisa menjadi lebih baik Ya Allah. Amin


No comments:

Post a Comment