Kotak Warna: Buka Bersama di Rumah Baca Lintang

Wednesday, July 8, 2015

Buka Bersama di Rumah Baca Lintang

Assalamulaikum,
Fyuh akhirnya bisa posting lagi setelah sehari sebelumnya sibuk dengan menghias kelas buat menyambut murid-murid baru.

Ceritanya, hari Sabtu kemarin saya dibersama teman-teman semasa kuliah dan Komunitas Muslim Peduli Sosial mengadakan acara buka puasa bersama di Rumah Baca Lintang milik mbak Watiek Ideo di daerah Ngelom-Sidoarjo. *belakangan saya baru tahu kalau mbak Watiek adalah pengarang buku anak yang udah beken.

Sempat kebingungan mencari lokasi. Akhirnya saya sampai sekitar pukul 16.30 dan acara sudah berlangsung. Ketika saya datang, ada dua anak laki-laki sedang membacakan cerita buat teman-temannya. Anak-anak yang lain memilih menjadi pendengar. Mereka dengan semangat menceritakan isi cerita dari buku yang cerita yang mereka bawa.

Yang paling menarik perhatian saya saat itu adalah ketika ada sekelompok anak perempuan bermain Wayang Kota Kita. Bercerita tentang bagaimana menjaga keindahan bumi dan lingkungan sekitar, sedangkan beberapa anak lelaki bertugas memainkan musik patrol untuk mengiringi cerita wayang.

Selanjutnya ada 3 orang anak membacakan puisi bertema Ramadhan dan acara selanjutkan ditutup oleh Tausiah.

Bedug Maghrib berkumandang. Anak-anak dengan tertib menerima takjil yang telah dipersiapkan. Kemudian, mereka berbondong-bondong pergi ke masjid untuk sholat berjamaah. Setelah selesai sholat kami pun makan bersama. 

Anak-anak begitu peduli dengan kebersihan lingkungan. Buktinya mereka dengan sigap nengedarkan kantong plastik untuk tempat menampung sampah.

Di akhir acara, ada pembagian donasi dan bingkisan. Mereka berbaris dengan tertib. Yang paling ditunggu adalah sesi foto bersama.

Rumah Baca Lintang bukan hanya tempat sekadar membaca buku. Tapi wadah bagi anak-anak untuk belajar banyak hal.

Ah. Semoga kedepannya saya bisa ikutan lagi kegiatan semacam ini. Membuat kita belajar banyak hal.

Salam hangat,

Luphyta

Pertujunjukan Wayang Kota Kita

Anak-anak mengajarkan bagaimana menjaga lingkungan melalui cerita

Sesi foto bersama
Anak-anak mendengarkan dengan tertib


Foto bersama formasi lengkap

Anak-anak lelaki bermain musik patrol



1 comment:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete