Kotak Warna: 10 Permainan Tradisional yang Bikin Kamu Ingin Kembali Ke Masa Kanak-Kanak

Thursday, March 31, 2016

10 Permainan Tradisional yang Bikin Kamu Ingin Kembali Ke Masa Kanak-Kanak


Melihat murid-murid saya bermain saat jam istirahat membuat ingatan saya tentang masa kanak-kanak terbuka kembali.

Bagi saya masa kanak-kanak adalah menyenangkan. Nggak ada yang namanya mikirin duit belanja, hutang atau apa pun itu yang bikin kening berkerut.
Masa kanak-kanak saya lalui dengan cukup menyenangkan. Kebetulan saya tinggal di Madura. Jauh dari Surabaya dan pusat keramaian.

Dan era saya dulu, yang namanya teknologi itu terbatas. Kebanyakan dari kami lebih suka main di luar rumah.

Baca juga: My childhood memory

Coba deh kalian ingat-ingat ada banyak permainan tradisional yang begitu dirindukan. Gelak tawa dan baju basah karena keringat itu udah biasa. Pulang ke rumah hati menjadi senang.

Postingan kali ini saya mau nostalgia dengan 10 permainan tradisional. Simak yuk:

1. Benteng-bentengan
Permainan ini lebih mengedepankan strategi tentang bagaimana cara merebut kekuasaan lawan.

Biasanya dimulai dari Nyanyian Ular Naga lalu dilanjutkan dengan membangun bentang menggunakan sebuah batu. Sebagai tanda bahwa itu adalah kerajaan kita.

Cara bermainnya: kita harus menyusup ke kerajaan lawan untuk menculik pasukan sampai akhirnya membawa pergi batu itu.

2. Engkle

Permainan ini mengedepankan keseimbangan badan terutama kaki dan taktik. Bisa dimainkan secara kelompok atau sendiri-sendiri.

Pemenangnya ditentukan melalui berapa banyak rumah yang dimiliki.

3. Gobak Sodor

Permainan ini dimainkan secara berkelompok. Lebih mengedepan strategi dan fisik. Karena harus lari-lari sambil melempar bola ke arah lawan.

Cara permainannya hampir mirip dengan benteng-bentengan. Bedanya agar bisa menang kita harus bisa menyusun kepingan batu sebelum terkena lemparan bola.

4. Lompat Tali

Ayo siapa penggemar dari permainan ini? Caranya karet dirangkai menjadi sebuah tali yang panjang. Lalu satu persatu akan mulai melompat. Dari yang terendah sampai tertinggi.

Permainan ini lebih mengedepankan keseimbangan tubuh.  Kebanyakan sih anak cewek yang main ini.

5. Dakon

Saya tidak terlalu mengenal permainan yang satu ini. Biasanya sih cuman ngelihat kakak yang lagi main.

Permainan dakon ini juga membutuhkan strategi. Gimana caranya agar bisa membuat lawan kehabisan bijo dakon.

6. Bekel

Permainan yang satu ini paling suka dimainkan anak perempuan. Membutuhkan kelincahan tangan.

Saya termasuk orang yang paling nggak bisa main ini. Pegang bolanya aja suka nggak benar.

Di era saya dulu. Siapa yang bisa main ini pasti dianggap keren.

7. Full House/bongkar pasang

Permainan ini beda dengan puzzle. Ini seperti permainan pura-pura. Lebih mengedepankan imajinasi.

Saya penyuka permainan ini. Selalu menyisihkan uang jajan demi mendapatkan karakter yang cantik dan ganteng. Begitu juga baju-baju cantik.

Dari sinilah saya belajar mengkhayal *err

8. Petak Umpet

Permainan ini masih cukup populer hingga saat ini. Saya masih lihat beberapa anak memainkannya.

Cara permainannya adalah menemukan orang yang bersembunyi. Kami dulu suka main saat bulan purnama di tanah lapang.

9. Mengumpulkan Serangga

Permainan ini memang agak menggelikan tapi cukup menarik. Ada banyak serangga beraneka warna yang bisa kami kumpulkan. Seperti Kepik Merah, Belalang, Capung dan Kupu-Kupu

Kami dulu paling takut sama yang namanya Kunang-kunang. Tahu sendiri, kan mitos yang berkembang. Kalau serangga yang satu itu berasal dari kuku orang yang sudah mati.

10. Memasak

Siapa pun kayaknya pernah terjebak sama permainan ini. Segala bahan apa pun bisa kita gunakan untuk permainan yang satu ini.

Betapa kreatifnya kita dulu. Mengumpulakan aneka tanaman, batu, dan bungkus permen. Permainan ini secara tidak langsung sudah mengajarkan tentang jual beli.


Tuh, kan. Saya jadi kangen masa kanak-kanak.

Kamu suka main yang mana?

18 comments:

  1. Benteng-bentengan! Dulu sampe luka-luka sebadan kalo main bentengan saking semangatnya nubruk lawan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkw...kalau aku suka terjerembab pas lari :)))

      Delete
  2. Aq suka engkle hehehehe....

    ReplyDelete
  3. Benteng2an tp sll yg jd penunggu benteng biasanya kan pke batu nah suka curang klo tim saya uda kalah maka saya lari bawa batunya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Ada-ada aja ni si mbak

      Delete
  4. iya loh bikin nostalgia
    btw suka cnblue ya? salfoks hehe

    ReplyDelete
  5. petak umpet asyik sekali apalagi suka ngerjain teman , itu yang bikin tambah asyik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permainan paling menjengkelkan kataku

      Delete
  6. Baru tau bongkar pasang namanya full house hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tahu istilah itu

      Delete
  7. Usul satu lagi, main gundu, haha. Aku dulu suka main gundu walo kalahan sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah. Iya gundu. Saya suka curang kalau main ini

      Delete
  8. Main masak-masakan! Dulu kertas digulung-gulung aja bisa jadi baso yaaa. Kertas digunting-gunting jadi mienya. Hihi. Seru!

    ReplyDelete
  9. Aq suka gobak sodor, bekel n bongkar psg mbak

    ReplyDelete