Thursday, December 24, 2015

Blog Duet

Holla,

Punya teman yang memiliki passion yang sama sangatlah menguntungkan. Di saat sedang mengalami kejenuhan dengan naskah, selalu ada teman yang bisa diajak untuk berdiskusi, terkadang diselingi dengan sedikit gosip. Dan, kejenuhan pun berakhir.

Salah satu orang yang bisa diajak berdiskusi soal naskah adalah Wulan Sari. Aku mengenalnya dari sebuah acara Workshop Kepenulisan bersama Gradien. Lambat laut kami pun tumbuh menjadi dua sahabat. Saling berbagi mimpi, cerita, dan ide-ide yang kami miliki bersama.

Monday, December 21, 2015

Hello Holiday


Libur telah tiba...libur telah tiba. Hatiku gembira

Yeah. Akhirnya hari libur telah tiba. Betapa senangnya hatiku memikirkan liburan kali ini. Melepaskan sedikit penat selama beberapa bulan kemarin. Libur kali cukup lama loh. Sekitar 14 hari. Woohoo.

Kok Bisa libur panjang?

 Ya dong. Sebagai Guru Taman Kanak-Kanak saya juga kecipratan menikmati liburan selayaknya murid-murid saya. Hehehe.Itulah salah satu keuntungan jadi guru.

Liburan kali ada banyak hal yang sudah dirancang. Mulai dari membaca tumpukan buku yang masih terbengkalai, memposting tulisan sebanyaknya di blog, cari duit tambahan lewat blog (semoga ada yang baca dan ngasih saya job review) dan yang terakhir adalah melanjutkan naskah novel yang terbelengkai.

Saya sudah nggak sabar menghabis waktu liburan. Semoga menyenangkan.


Salam Hangat,


Friday, December 18, 2015

Sebuah Catatan Perjalanan: Malaysia-Singapura-Malaysia Trip (1)




Satu kata bagi saya untuk mendeskripsikan bulan Desember tahun ini adalah bahagia. Bagaimana tidak pada bulan Desember ini, usia saya genap 31 Tahun. Usia yang terbilang sudah matang dalam menjalani hidup seperti yang sudah pernah saya tulis Fabulous 31. Bisa dibilang saya udah makan-asam garam kehidupan. 

Satu alasan lagi kenapa bulan Desember saya begitu bahagia adalah bisa Travelling. Perjalanan kali ini begitu istimewa yaitu saya bisa ke Luar Negeri lagi. Norak ya? Biarin aja sih.

Beberapa kali saya sempat iri melihat foto-foto perjalanan beberapa teman saya di Facebook atau saat kebetulan blogwalking blog, pemiliknya adalah Traveller.  Pasti habis melihat/membaca catatan perjalanan mereka saya langsung berpikir kapan bisa seperti mereka.

Thursday, December 17, 2015

Penantian

Taken from
Suara bel angin tepat di atasku bergemerincing begitu pintu kaca itu kudorong. Aku bergegas menuju konter minuman yang kebetulan lengang. Seorang wanita muda mengenakan apron coklat menanyakan pesananku

PGN Anti Korupsi - Penambahaan Pelanggan Pada PGN



PGN Anti Korupsi - Saat ini, PGN atau yang kita kenal Perusahaan Gas Negara merupakan satu satunya badan yang mengemban tugas untuk menyalurkan gas bumi ke berbagai seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. 

Pasalnya saat ini, gas bumi menjadi suatu sumber daya yang sangat penting bagi kebutuhan hidup manusia, khususnya kebutuhan rumah tangga. Tanpa gas bumi, dapur para ibu rumah tangga ini akan berhenti mengepulkan asap.

Ya meskipun ada alternative lain semisal kayu bakar atau minyak tanah sebagai pengganti bahan bakar untuk memasak. PGN juga berjanji untuk terus berkomitmen dan menjaga pertumbuhan pelanggannya khususnya untuk kategori rumah tangga, karena kategori inilah yang menurut mereka berpotensi memberikan sumbangsih yang sangat besar pada perusahaannya.

Tidak hanya kategori rumah tangga saja yang biasanya memakai jasa gas dari perusahaan PGN ini, melainkan industry industry lain, seperti industry pembangkit listrik, industri komersial seperti mall dan rumah sakit, industry kecil dan menengah (UMKM), bahkan industry transportasi. Namun saat ini, penurut direktur PGN yaitu Hendi Prio Santoso, Rumah tangga adalah pelanggan terbesar yang paling banyak menggunakan gas yang berasal dari PGN. Maka dari itu, pihaknya kini sedang berusaha mengembangkan sebuah solusi baru yang di khususkan untuk industry rumah tangga tersebut. Pihaknya sedang melakukan develop untuk membuat jaringan gas miliki perusahaannya sendiri untuk dialiri ke industry rumah tangga tersebut.

Kini jumlahnya sudah lebih dari 100 ribu sambungan gas rumah tangga dan siap untuk di distribusikan ke berbagai kota di provinsi Indonesia. Selain menambah dan mendevelop jalur gas miliknya sendiri, PGN juga fokus untuk menarik pelanggan baru di berbagai wilayah Indonesia yang sebelumnya belum pernah menggunakan produknya sama sekali. Sehingga nantinya gas alam bisa kita nikmati manfaatnya untuk kebutuhan sehari hari di seluruh wilayah di Indonesia.

Diharapkan kedepannya, PGN semakin terus maju dan berkembang dalam memberikan pelayanan serta inovasi yang memberikan dampak positif bagi pelanggan setianya, khususnya industri rumah tangga yang memberikan kontribusi pendapatan terbesar.

Thursday, December 10, 2015

Fabulous 31

bersyukur dalam hidup
Memasuki usia 30-an bagi seorang wanita tidaklah mudah lebih lagi jika wanita itu belum menikah. Tahu sendiri dong bagaimana stigma masyarakat kepada gadis berusia 30-an yang masih melajang?

Kata Mbak Riri Sarjono dalam novelnya Marriagable bahwa rahim wanita itu ada masa expired alias kedaluarwasa. Jadi, kudu buru-buru nikah sebelum masa pakainya habis. Beuh, kedengarannya satir banget ya.

Eh, tapi memang begitukah kenyataanya?

Tuesday, December 8, 2015

Dare To Dream

Source: google.com
Saya tak ingat kapan terakhir kali menulis resolusi alias mimpi yang belum terwujud? Mungkin di akhir tahun baru lalu.

Monday, December 7, 2015

Rukamen Sebagai Situs Penjualan Apartemen Terpercaya



Bukan hal baru lagi jika anda membutuhkan informasi tertentu maka anda akan mencari informasinya di internet. Namun sayangnya, banyak orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan hal tersebut dengan memberikan informasi tidak benar dengan tujuan tertentu. Untuk membantu anda mendapatkan informasi terpercaya mengenai apartemen, maka hadirlah situs penjualan apartemen terpercaya yaitu Rukamen.

Rukamen memang bukan situs baru dalam hal situs penjualan apartemen. Sudah banyak sekali orang yang terbantu menemukan informasi tertentu dengan mendatangi situs penjualan apartemen yang satu ini. Tidak hanya membantu anda yang mencari apartemen, situs penjualan apartemen Rukamen juga membantu anda yang berniat menjual atau menyewakan apartemen yang anda miliki.

Untuk menampilkan iklan penjualan atau penyewaan apartemen di situs penjualan apartemen ini juga anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, karena terdapat paket yang sangat terjangkau bagi anda. Karena disini situs penjualan apartemen Rukamen hanya menjadi perantara penayangan, maka penjual ataupun calon pembeli tidak akan dirugikan karena nantinya mereka akan berkomunikasi secara langsung. Pihak Rukamen tidak sekalipun merahasiakan kontak pemilik apartemen, malahan menayangkannya dengan sangat jelas.

Tidak hanya itu saja, situs penjualan apartemen Rukamen juga memberikan beberapa kemudahan lainnya, diantaranya dengan memberikan kolom pencarian dimana anda bisa menemukan apartemen di tempat yang anda kehendaki. Hal ini juga berarti bahwa situs penjualan apartemen ini tidak hanya menyediakan informasi penjualan apartemen disuatu kota tertentu saja, namun juga di beberapa kota di Indonesia.

Jika anda hanya akan tinggal untuk beberapa bulan dan tidak berniat untuk membeli sebuah apartemen, maka anda tidak perlu khawatir. Dikarenakan situs penjualan apartemen Rukamen juga menyediakan layanan informasi penyewaan apartemen. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam sehingga anda tidak perlu khawatir.

Jika anda merasa membutuhkan informasi terbaru mengenai apartemen atau gedung lainnya, situs penjualan apartemen Rukamen juga akan memberikan informasi tersebut yang akan menambah wawasan anda. Ada juga beberapa tips untuk anda dalam menata apartemen dengan tema atau konsep tertentu.

Jika anda ingin membeli apartemen dengan cara cerdas, mengapa tidak mengunjungi situs penjualan apartemen Rukamen sekarang juga?

Tuesday, November 24, 2015

Hashtag di Instagram


Instagram adalah salah satu media sosial yang digemari para netizen. Dari kawula muda sampai ke Orang Tua. Mulai dari Rakyat biasa sampai selebrita. 

Bagi kaum Selebrita melalui akun instagram mereka berbagi keseharian pada para penggemar dan juga terkadang menjadi ajang promosi terselebung. Dengan cara itu mereka bisa mendapat banyak keuntungan. Dapat tawaran iklan atau mengendorse produk-produk tertentu.

Viral Media Sosial membuat promosi produk tak lagi susah seperti dulu. Dengan mudahnya media sosial menjangkau kehidupan khayalak umum. Bahkan, keburukan artis idola bisa dengan mudah kita akses.

Oke. Balik ke topik Instagram.

Kalau kami sering bermain dengan media sosial yang satu ini. Pasti tahu dong kalau di Instagram ada yang namanya Hashtag? Yup. Hashtag yang ada di Instagram ini cara kerjanya hampir sama dengan Hashtag yang ada di twitter. Cara penulisannya pun sama dimulai dengan tanda # lalu dilanjutkan dengan sebuah tulisan tanpa spasi.

1. Apa sih #Hashtag itu?

Cara kerja #Hashtag sama dengan label/kategori pada blog yaitu untuk mempermudah kita mengelompokkan tulisan itu berada di area mana. Dengan ada kategori dalam blog kita dengan mudah mengakses tulisan berdasarkan kategori yang kita suka.

#Hastag di Instagram sendiri selain untuk kategorisasi, juga membantu brand/pengguna instagram menemukan target/ pengikut yang tepat untuk memasarkan produknya. 

2. Apa Fungsi #Hashtag di Instagram?

Dengan adanya #Hashtag akan mempermudah user lain sesama pengguna Instagram untuk menemukan foto kita. 

Coba bandingkan berapa like atau lambang cinta yang kita dapatkan kalau kita hanya mengunggah gambar tanpa hashtag? Mungkin beberapa, kecuali kamu sudah memiliki ribuan follower.

Manfaat yang lain, #hashtag membantu untuk meningkatkan awareness sehingga produk/foto kita bisa dilihat dalam jangkauan yang lebih luas.

Beda dengan gambar yang diunggah sudah ada Hashtag dan caption yang menarik. Akan banyak pengguna Instagram lainnya yang akan mampir ke foto kita. Walaupun sekadar hanya menyematkan tanda cinta. Apabila linimasa fotomu menarik akan ada banyak follower yang mengikutimu. 


Mau dong, fotomu nggak hanya dilihat oleh pengikutmu saja tapi juga banyak orang?


3. Ada cara khusus dalam menulis #hashtag?

Sebenarnya nggak ada aturan baku dalam memberi #hashtag pada foto di Instagram. Kamu bisa dengan bebas menyematkan Hashtag apapun bahkan namamu sendiri.

Hanya saja jika kamu ingin dikenali banyak orang di dunia. Pakailah #Hashtag yang sudah populer di kalangan para Instagramer. 

Ada banyak ribuan #hashtag yang bertebaran, ambillah yang sesuai dengan karakter fotomu. Apalagi aplikasi instagram terbaru di Smartphone akan mereferensikan #Hashtag yang sedang populer dan banyak disukai pengguna.

Atau cobalah ikuti akun-akun populer yang sudah mempunyai banyak ribuan pengikut. Coba kamu lihat #hashtag yang mereka pakai. Bahkan Syahrini pun paling suka bikin #hashtag nyeleneh dan panjaaang. 

Ketika banyak yang mengenali foto-fotomu. Tunggulah follower berdatangan dan jangan lupa selalu update dengan foto-foto yang menarik.

Selamat mencoba.

Dibalik Reality Show The Return Of Superman



Belakangan ini nama Song Il Kook Ayah dari bocah kembar 3: Daehan, Minguk dan Manse menjadi ramai dibicarakan. Semenjak tayangan reality show The Return of The Superman tayang di RCTI.

Bagaimana Appa Il Kook dengan sabarnya menghadapi 3 anaknya yang lucu dan menggemaskan. Sebenarnya ada banyak keluarga yang terlibat dalam acara ini. Hanya saja buat saya keluarga Song Tripet lebih menarik untuk diikuti.

Monday, November 23, 2015

Tentang Jodoh

Source
Ada sebuah cerita menarik dari perjalanan saya ke Bali bulan lalu. Tidak pernah terduga bahwa pembicaraan tentang jodoh keluar menjadi topik obrolan kami saat itu.

Ceritanya saya mendampingi Ibu jalan-jalan ke Bali bersama rekan kerjanya. Ini perjalanan ketiga menuju Bali bersama Ibu.

Sunday, November 8, 2015

Guru Era Digital

Dahulu, aku membayangkan menjadi seorang Guru di sebuah Taman Kanak-Kanak adalah hal yang menyenangkan.

Ada banyak gelak tawa yang bisa kudengar dan celotehan lucu dari bibir-bibir mungil yang tak pernah kehabisan energi. Selalu membuat suasana menjadi ceria.

Thursday, November 5, 2015

Akhir Pekan

Minggu ini saya memilih menghabiskan akhir pekan dengan membaca buku. 

Aktivitas di sekolah belakangan ini membuat saya jenuh dan merasa tegang. 

Tiba-tiba saya merindukan tumpukan buku yang ada di rak. Saya rindu tenggelam dalam cerita. Ah, sudah lama saya tak membaca dan menulis seperti yang sudah lalu.

Semoga akhir pekan saya nanti tidak terganggu.

Selamat merayakan akhir pekan.


Tuesday, November 3, 2015

Racauan

Minggu-minggu ini nggak tahu kenapa saya merasakan adanya ledakan emosi dalam dada. Maunya nyolot aja kalau lagi ngomong sama orang.

Udara panas dan beban kerja tinggi kombinasi yang tempat buat memunculkan emosi. Hikss

Belum lagi gara-gara masalah tempo lalu. Rasanya masih tersimpan di otak. Butuh banget buat nerapi diri ni biar nggak gampang dibodohin.

Ah. Buat para pembaca maaf ya kalau tulisan ini jadi kacau banget. Saya lagi butuh katarsis biar apa yang menggumpal dalam dada ini mencair.

Kayaknya emang butuh bersenang-senang. Hmm...kira-kira enaknya ngapain ya?

Ada ide?


Saturday, October 31, 2015

Berbagi Keceriaan dengan anak-anak Yayasan Kanker Anak Jatim

Sabtu kemarin buat saya merupakan hari tak terlupakan. Saya bersama teman-teman dari Komunitas Muslimah Peduli Sosial kembali mengadakan Bakti Sosial. Kali ini tempatnya istimewa yaitu Mengunjungi Yayasan Kasih Anak Kanker Jatim yang bertempat di Jalan Karamenjangan No. 5 Surabaya.

Begitu teman memposting acara ini, saya sudah lebih dulu bilang pada dia bahwa saya ingin ikut serta dalam acara kali. Saya ingin sekali lebih dekat dengan anak-anak penderita Kanker.

Dulu, waktu masih di rawat di RSUD Dr. Soetomo saya pernah 1 ruangan dengan anak-anak penderita Leukimia. Bahkan, dalam benak saya saat itu saya punya mimpi kalau sudah besar nanti saya ingin menjadi relawan di RS (ya, pengalaman berada di rumah sakit dalam waktu lama membuat saya belajar banyak hal).

Wednesday, October 28, 2015

What Blogger Are You?


 Blogger seperti apakah kamu?
Kalau ada yang bertanya seperti ini saya suka bingung harus menjawab apa. Pasalnya saya bukan blogger yang cukup aktif.

Saya menulis ketika saya ingin menulis. Isi postingan pun masih sesukanya alias campur aduk. Ya sebatas yang saya tahu dan saya pahami.

Wednesday, October 21, 2015

Travelling with Ortu


Dulu saya pernah merasa kesal  setiap kali ingin berpergian jauh harus didampingi oleh orang tua. 

Saya merasa iri pada teman-teman yang bisa dengan leluasa melakukan perjalanan sendiri. Pernah saya berkhayal kapan akan mendapatkan kesempatan itu. Bahkan, dulu tiap kali ada kegiatan sekolah saya harus gigit jari lantaran nggak boleh ikut. Alasannya saat itu demi keselamatan dan kesehatanmu.

Perjalanan paling jauh yang saya lakukan sendiri adalah Yogyakarta. Itu pun karena ada kakak yang kebetulan tinggal kesana. Rasanya senang sekali. Untuk pertama kalinya berpergian tanpa orang tua.

Thursday, October 15, 2015

Kamu yang menghilang dari semestaku



Kepada kamu yang menghilang dari semestaku,

Apa kabarmu?
Masihkah sepi menggelayutimu? Atau sudah ada dia yang memelukmu dengan kedua tangannya yang hangat?

Sungguh. Aku tidak merindukanmu.
Aku hanya ingin mengenang tentang kamu. Tentang kita.
Kisah yang dulu pernah ada.

Ini sama seperti saat aku mendengar lagu kesukaan kita diputar di radio
Sejenak, aku seperti terlempar ke masa silam
Perlu kugaris bawahi. Aku tak merindukanmu.

Aku hanya ingin mengenang. Itu saja

Wednesday, October 7, 2015

Pentingnya komunitas

Holla.

Suatu waktu pernah ada seorang teman bertanya pada saya "apa gunanya ikut komunitas?"

Buat saya yang suka menulis. Ikut bergabung dalam komunitas banyak banget manfaatnya. Selain menambah banyak ilmu juga menjadi sarana untuk memperluas jaringan pertemanan.

Tuesday, October 6, 2015

Rujak Cingur Bu Arifin


Ada banmernya

Holla.

Surabaya terkenal sebagai surga kuliner. Banyak makanan unik yang bisa kamu jumpai saat mengunjungi kota yang terkenal dengan Tugu Pahlawan.

Salah satu kuliner wajib adalah Rujak Cingur. Nah, postingan kali ini saya akan menulis tentang Rujak Cingur Bu Arifin.

Beberapa kali saya beli rujak di tempat ini. Buat saya rujaknya enak dan tidak eneg. Itulah kenapa saya tulis di blog. Siapa tahu bisa jadi rekomendasi.

Saturday, October 3, 2015

How To Spend Weekend


Holla.

Nggak kerasa sabtu kembali datang.  Buat saya yang bekerja hari Sabtu adalah hari yang amat berarti.

Sabtu dan Minggu adalah waktu untuk mengembalikan tenaga yang sudah terkuras pada 5 hari sebelumnya. 

Setidaknya untuk melenturkan syaraf-syaraf yang tegang akibat beban kerja yang terlalu berat.

Thursday, October 1, 2015

Color Therapy


Holla,

Berawal dari foto salah satu teman kuliah yang tengah asyik menggunakan cat air membuat rasa penasaran saya muncul. Sudah lama saya ingin mencoba bermain-main dengan cat air tapi belum terpenuhi.

Sampai saya diajak oleh kakak ke toko buku. Saya berjalan ke rak Alat Tulis untuk mencari cat air seperti kepunyaan teman. Rasanya seneng banget begitu menemukan. Lagi-lagi bimbang antara pengin beli dan tidak. Saya tanya dong sama kakak. Terus kakak bilang udah beli aja nanti dibayarin. Saya langsung membawanya ke kasir dan tak lupa buku sketsa. *mumpung dibayarin

Tujuan membeli cat air ini sebenarnya bukan karena saya suka seni, tapi lebih ke arah relaksasi. Menurut beberapa penelitian warna memiliki kaitan erat dengan psikologis tubuh.  Dalam bidang Psikologi pun mulai diterapkan yang namanya Psikologi Warna. Warna-warna diyakini bisa mewakili mood dalam diri manusia

Monday, September 21, 2015

Menulislah

Menulislah, jika kamu terlalu takut untuk berbicara

Menulislah, jika kamu terlalu lelah diabaikan oleh orang lain

Menulislah, jika kamu sudah bosan dengan cibiran orang

Menulislah, saat kamu terlalu lelah untuk bercerita pada orang lain

Sunday, September 20, 2015

Yang asyik disantap ketika Flu

Belakangan cuaca di Surabaya begitu panas tapi anginnya terasa dingin di kulit. Hal ini bisa membuat daya tahan menurun.

Alhasil beberapa minggu lalu saya terkena flu dan batuk. Rasanya nggak nyaman banget. Ditambah selera makan berkurang gara-gara hidung mampet.

Wednesday, September 16, 2015

Titik Nadir


"Pernah nggak kamu berada pada titik terendah dalam hidup yang membuatmu menyalahkan Tuhan?"
Jawabannya pernah.

Ketika itu saya baru naik kelas 2 SMA. Tiga minggu sebelumnya saya baru keluar dari RS setelah melakukan pergantian pacu jantung untuk kedua kalinya.

Pagi itu kami melakukan pemeriksaan jahitan apakah sudah kering atau tidak. Diam-diam ada sebuah pembicaraan antara dokter dan kedua orang tua saya. Mereka bertiga sengaja sedikit menjauh agar tidak terdengar oleh saya.

Hari itu saya mendapatkan sebuah kenyataan bahwa pacu jantung ini akan melekat dalam tubuh saya. Istilah halusnya butuh bantuan tangan dari Tuhan.

Tuesday, September 15, 2015

1111 postingan



Hai...sudah lama tidak berjumpa.

Akhir-akhir ini saya jarang update blog. Bukan karena banyak pekerjaan tapi emang lagi sibuk menamatkan drama korea. *ups.

Nah. Beberapa hari lalu saya iseng buka dashboard blog. Lalu di layar tertampil 1111 postingan. Wah sebuah angka yang cantik. 

Friday, September 4, 2015

Bahasa Ibu

"Selama kami di luar rumah kamu bebas menggunakan bahasa apa saja tapi begitu kamu berada dalam rumah. Wajib hukumnya menggunakan bahasa daerah."
Begitulah aturan yang berlaku di dalam keluarga saya. Sejak dulu orang tua membebaskan kami untuk belajar bahasa apapun. Begitu pun dalam kehidupan sehari-hari kami di luar rumah. 

Tuesday, September 1, 2015

Math Haters





Salah satu pelajaran yang tidak saya sukai adalah Matematika. Tapi, anehnya saya menyukai pelajaran semacam Kimia dan Fisika. Bahkan nilai keduanya melebihi nilai matematika saya.

Loh. Itukan juga ada berhitungnya.

Ya. Begitulah kenyataannya.

Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar saya tidak suka dengan Matematika. Saya masih ingat waktu kelas 1 SD nilai harian saya jelek. Pernah dapat nilai 2. Lalu, pada Caturwulan berikutnya saya akan lebih bekerja keras untuk mendapat nilai lebih baik.

Naik ke SMP nilai matematika saya pas-pasan. Tapi, lumayanlah saya akhirnya hisa lulus dengan nilai cukup memuaskan.

Di bangku SMA saya pernah mendapat nilai 4 di raport. Mama sempat marah lihat nilai saya. Sampai akhirnya beliau memanggil guru les privat. Dan nilai Unas saya untuk Matematika nggak sampai 6.
*huft

Saturday, August 29, 2015

13 Sweet Couples In Drama Korea

Whuaaa...akhirnya kembali ke akhir pekan lagi. Waktunya saya menulis di blog. Hari biasa sih sebenarnya bisa cuman kadang udah terlalu capek setelah bekerja.

Kali ini postingan saya masih berbau-bau drama korea. Bukan karena ikut-ikutan untuk memposting segala sesuatu tentang drama korea tapi karena saya memang pecinta drakor.

Tulisan saya kali ini membahas pasangan dalam drama korea yang menurut saya memiliki chemistry yang sangat kuat. Sehingga terkadang membuat kita para pecinta drama susah move on dari drama tersebut bahkan karakter mereka berdua akan selalu dikenal.

Dari beberapa drama korea yang sudah selesai saya tonton. Ada beberapa pasangan yang menjadi favorit saya. Pasangan tersebut mampu membuat saya sedih, senyum dan ikut gembira menyaksikan kisah cinta mereka dalam drama.

Tuesday, August 25, 2015

Tolong, Maaf dan Terima Kasih

Assalamualaikum,

Tolong, Maaf dan terima kasih mungkin seringkali kita dengar di kehidupan sehari-hari. Sepintas kata-kata itu sama saja dengan yang lain. Tanpa makna.

Dewasa ini sulit sekali menemukan anak-anak yang terbiasa mengucapkan 3 kata ajaib ini. Orang tua lebih sibuk mendidik akademik anak-anaknya ketimbang karakternya.

Monday, August 24, 2015

Sahabat Pena

Malam ini nggak tahu kenapa saya merasa kesepian dan sedikit bosan. Buka-buka Medsos, mulai dari twitter, facebook sampai pinterest masih aja bosan.

Tiba-tiba aja saya kangen nulis surat. 

Ah. Surat sekarang udah menjadi barang langka. Semua pada tergantikan teknologi yang canggih. Bahkan untuk ngobrol sama teman di samping nggak perlu ngomong. Tinggal nulis status beres.

Saturday, August 22, 2015

Kue Cubit

Kue Cubit Green Tea

Holla,

Apa kabar? Semingguan ini udah nggak update blog. Maklum lagi sibuk sama pekerjaan sekolah.

Tahu kue cubit, kan?

Nah, biar kekinian saya pun latah nyobain bikin kue cubit. Modifikasi dari resep yang sudah ada. 

Saturday, August 15, 2015

Balada Para Mantan (Ex Girl Friend Club)


Judul: Ex-Girlfriend Club
Jenis Drama: Komedi, Romantis
Durasi Epsiode: 60+ menit/Eps (16 Episode)

Jadwal Rilis: 8 Mei hingga Juli 2015
Jadwal Tayang: Setiap Jumat dan Sabtu Pukul Setengah 9 Malam
Negara: KorSel
Channel: Tvn


 Sutradara: Kwon Seok-Jang
Penulis: Lee Jin-Mae
Drama Sebelumnya: Super Daddy Yul
Drama Selanjutnya: Oh My Ghost

Pemeran Utama:
Song Ji-hyo Menjadi Kim Soo-jin
Byun Yo-han Menjadi Bang Myung-soo
Lee Yoon-ji Menjadi Jang Hwa-young
Ryu Hwayoung Menjadi Rara
Jang Ji-eun Menjadi Na Ji-ah


Pemeran Pendukung:
Kang Soo-Jin Menjadi Song Eun-Hye
Cho Jung-Chi Menjadi Choi Ji-Hoon (Suami Soo-Gyeong)
Shin Dong-Mi Menjadi Kim Soo-Gyeong (Kakak Soo-Jin)

***
 Sinopsis:

Seorang Pria sangat penasaran pada para mantan pacarnya, apa yang dilakukannya sekarang?, sedangkan si wanita berharap si pria akan sakit hati dan menderita telah putus dengannya. Itulah yang terjadi pada pemeran yang akan bermain di drama ini.

Bang Myung-soo (diperankan Byun Yo-Han) merupakan pria tampan yang berprofesi sebagai penulis webtoons yang cukup terkenal. Kini ia merangkai cerita webtoon mengenai mantan-mantan kekasihnya terutama 4 mantan pacar, yang terdiri dari beberapa golongan seperti; artis namun otak oon, ada yang berumur namun kaya raya, ada juga wanita cantik dan pintar yang bekerja di sebuah perusahaan investasi. Setelah dirilis responnya sangat besar dan akhirnya webtoon buatanya diajak kerjasama untuk dibuatkan filmnya yang saat ini sedang tren di korea.

Sementara itu Kim Soo jin (diperankan Song Ji Hyo) merupakan wanita karir yang berkerja sebagai produser film, namun karena perusahaan PH mereka yang hampir bangkrut membuat ia perlu untuk membuat keuangan PH mereka stabil salah satunya memproduksi film dengan mengadaptasi webtoon yang sedang BOOMING. Alangkah terkejutnya Soo-jin mengetahui bahwa penulis webtoon tersebut adalah mantan pacarnya dan kisahnya yang akan diadaptasi itu juga menceritakan dirinya. Disinilah drama akan seru dimana para-para mantan Myung-soo akan datang.

***
Saat membaca sinopsis EX Girl Friend Club di sebuah grup pencinta Drama Korea saya langsung tertarik. Kisah para mantan bagi saya begitu menarik untuk diikuti.

Singkat cerita, saya langsung mengunduh drama yang saat itu masih main di Korea sana.

Awal cerita drama ini memang tidak begitu menarik. Dibuka dengan Kim Soo Jin yang berusaha mencari aktris untuk membuat perusahaan filmnya bangkit lagi tapi ternyata si bos malah membuat kesalahan hingga aset kantornya disita.

Untuk membuat kantornya PHnya kembali mencari pemasukan terpaksa dia harus membuat adaptasi dari Webtoon. Siapa sangka Soo Jin kembali bertemu dengan Bang Myung So mantan pacarnya. Kisahnya pun dimulai.

Drakor Ex Girl Friend Club ini berkutat antara mantan-mantan pacar Myung So, Soo Jin dan Myung So sendiri yang membuat alur drama ini menggemaskan.

Saya suka dengan Chemistry yang terjalin antara Byun Yo Han dan Song Ji Hyo. Cocok banget. Membuat saya belum bisa move on dari pasangan yang satu ini.

Karakter Yo Han di sini menggemaskan. Dia terlihat keren dengan 3 mantan pacarnya dan sikap yang kadang terlalu baik pada para wanita. Ah, rasanya saya ingin menggetok kepala Yo Han. Dia berhasil memerankan karakternya.

Drakor ini membuat saya tertawa ngakak, tersenyum malu-malu dan dada terasa sesak. Komplit deh

Seharusnya drakornya ini 16 episode karena ada sesuatu hal dipotong menjadi 12 eps. Membuat jalan cerita yang tadi dipersiapkan dipaksa untuk selesai lebih cepat. Tapi, tetap memuaskan.

Ending bahagia di antara mereka semua.

Salah satu adegan yang saya suka

Saturday, August 8, 2015

Bosan dengan sinetron Indonesia yang nggak ada ujungnya. 10 alasan ini mungkin bisa bikin kamu berpaling ke Drama Korea

Anyonghaseo,

Akhir pekan bagi saya adalah waktu yang tepat untuk bersantai. Biasanya saya memilih untuk membaca buku, menulis dan terkadang menonton koleksi drama korea yang saya punya.

Bagi yang berteman dengan saya di Facebook. Pasti sudah tahu kalau di linimasa saya, suka berseliweran foto-foto atau poster-poster tentang Korea.

Bahkan ada yang sempat nyindir saya secara halus. Katanya Facebook saya isinya cuman drakor. Saya mah cuek aja. Itu kan akun pribadi saya. 

Keluarga saya tahu tentang kesukaan saya terhadap drakor. Saya pun masih berada dalam tahapan wajar. Saya biasanya memilih waktu senggang untuk menonton.

Friday, August 7, 2015

Tentang Calistung

calistung, sempoa, math


Beberapa waktu lalu ada seorang Wali murid yang bertanya pada saya tentang anaknya yang kesulitan mengenal huruf dan angka. Beliau sempat menanyakan tentang les Calistung.

Dan, saya bilang pada beliau bahwa Guru di sekolah tidak ada yang memberikan les tambahan.

Sepertinya masalah Baca, Tulis dan Hitung menjadi sebuah ketakutan dalam masyarakat.

Banyak orang tua berlomba-lomba memberikan les tambahan kepada anak supaya anak-anak mereka nantinya akan bisa Baca, Tulis dan Hitung.

Tak ada yang salah dengan fenomena ini. Karena pendidikan yang ada di Indonesia apalagi di Tingkat Sekolah Dasar targetnya adalah bagaimana anak sudah bisa Calistung sejak kelas 1. Bahkan, kalau bisa dari Taman Kanak-Kanak.

Ironi bukan?

Padahal, dahulu tugas mengajarkan Calistung adalah Guru Sekolah Dasar. Jaman kita berada di taman kanak-kanak aktivitasnya hanya bermain. Kalaupun anak sudah bisa membaca karena sudah mendapatkan pengajaran di rumah.

Apakah iya anak yang tidak begitu menguasai Calistung sejak Taman Kanak-Kanak akan mengalami begitu banyak kesulitan di Sekolah Dasar?

Padahal untuk bisa bertahan di Sekolah Dasar, Anak tidak hanya sekadar bisa baca, tulis dan hitung. Banyak aspek yang harus diperhatikan.

Sayangnya, aspek yang lain tadi itu banyak dikesampingkan. Sehingga Calistung terlihat sebagai syarat utama dalam menempuh Pendidikan Dasar.

Orang tua menjadi stress. Akibatnya anak dijejali les yang bermacam-macam demi mengikuti apa yang sekarang sedang berkembang.

Anak-anak menjadi kehilangan masa kanak-kanak karena terlalu sibuk menghapal banyak pelajaran. Membuat orang tua lupa mengajarkan sesuatu yang lebih penting yaitu KARAKTER.

Lihat saja orang tua lebih bangga anaknya mendapat Nilai Bagus di Matematika, Bahasa Inggris ketimbang anaknya bisa berbaris dengan rapi.

Di Indonesia banyak anak yang pintar tapi pintar dan berbudi luhur sudah sangat jarang.

*tulisan ini sudah saya share di fanpage sekolah

Thursday, August 6, 2015

Karakter Media Sosial

Media Sosial bukanlah hal baru. Dewasa ini, hampir semua orang memiliki setidaknya satu akun media sosial. Katanya sih biar kekinian.

Namun, kebanyakan dari mereka masih bingung dalam penggunaannya. Bahkan, mereka membuka akun media sosial karena ingin seperti orang lain. Akibatnya penggunaannya tidak maksimal. 

Wednesday, August 5, 2015

Berbahagialah


Link

Suatu pagi di kala saya sedang sibuk mempersiapkan perlengkapan mengajar. Seorang sahabat mengirimkan sebuah alamat dari tulisannya. Saya tertegun, sekaligus terharu

Saya tidak pernah menyangka, bahwa tulisan yang dia tulis itu ditujukan kepada saya.

Saya membacanya di sela-sela istirahat. Sebuah tulisan indah yang membuat mata saya basah. *tega sekali membuat saya nangis di pagi hari.

Saturday, August 1, 2015

Rujak Madura yang bikin ketagihan

Rujak Cingur Madura
Setiap kali pulang ke Pamekasan. Makanan yang selalu cari adalah rujak. 

Makanan yang satu ini berbahan dasar kacang dan sayuran. Sekilas penampakannya mirip dengan gado-gado.

Saturday, July 25, 2015

(Blog Tour + Give Away) Zodiac Date: Kisah Kencan Kasih Tak Sampai



Holla para pembaca,

Alhamdulillah akhirnya mendapatkan kesempatan juga menjadi host dalam blog tour buku Zodiac Date: Kisah Kencan Kasih Tak Sampai oleh Acha Salim terbitan Transmedia. Ini kali pertama saya dipercaya menjadi seorang host. Rasanya bahagia banget. Melalui rangkaian blog tour ini saya bisa mengenalkan blog saya kepada khalayak ramai

Ehm…kayaknya nggak usah kebanyakan prolog deh.

Pertama kali melihat cover buku Zodiac Date ini yang super unyu dengan ilustrasi seorang lelaki yang matanya penuh cinta saya sudah mendapat gambaran bagaimana isi buku ini. Pastinya sih tidak seserius judulnya. Covernya didominasi warna hitam dengan warna tulisan berwarna merah muda penuh cinta ditambah 12 lambang zodiac yang makin membuat cover ini Eye Catchy.

Sebelum masuk ke pembahasan inti. Yuk, kita intip dulu penampakan buku dan blurb-nya. 

Friday, July 24, 2015

Wanita-wanita yang menuang racun dalam cangkirnya


Link gambar


Malam kian pekat
Musik bertalu-talu, mengerakkan tubuh tanpa mengenal lelah
Denting gelas terdengar di udara
Gelak tawa memenuhi setiap sudut ruangan

Seorang wanita muda tertelungkup di meja
Tatapannya kosong ke depan
Dalam genggamannya sebotol Chivas yang hampir tandas
Rasa panas menggerogoti tenggorokannya
tapi, tak menyurutkan kesedihan yang dia tanggung

Di sudut yang berbeda
Seorang wanita bergaun hitam
Menenggak tequila untuk sekian kali
Berharap ingatannya menghilang
karena cinta tak pernah berpihak kepadanya

Di Sudut kamar mandi
Seorang wanita belia tertelungkup lemas
Mengeluarkan seluruh isi perutnya
Berharap kematian lekas menjemputnya
Ketika menyadari ada yang 'hidup' dalam rahimnya

Tuesday, July 14, 2015

Aplikasi dalam ponsel

Assalamualaikum, 

Masih semangat kan puasanya?

Sore ini mau nulis yang ringan-ringan aja deh. Tahu dong sekarang eranya smartphone di mana ponsel sudah menjadi pusat kehidupan.

Apa pun bisa kita lakukan dengan ponsel. Mau nulis, nggambar, nonton film, main game, dan sebagainya.

Saturday, July 11, 2015

Mudik Yuk



Assalamualaikum, 

Lebaran identik dengan mudik. Tradisi pulang ke kampung halaman ini konon untuk mempererat rasa nasionalisme. 

Berlama-lama di negeri orang atau kampung orang membuat kita terpengaruh mengikuti budaya setempat. Bahkan, hilang. 

Mudik membuat kita mengingat kembali mengenai kampung halaman. Entah itu budaya, makanan, atau tradisi yang bisa kita jaga.

Eits. Siapa yang sudah siap mudik?

Kalau keluarga saya biasa mudik sehabis sholat Iedul Fitri. Maklum, saya sudah tidak punya kakek dan nenek untuk dikunjungi. Hanya ada sanak saudara dari Ayah dan Ibu. Itu sebabnya kami mudik hanya beberapa hari saja.

Thursday, July 9, 2015

Sinopsis: Penentu nasib sebuah karya (part 1)


Sumber gambar

Assalamualaikum,

Masih pada semangat puasa, kan?

Postingan saya kali adalah tentang pentingnya sinopsis dalam sebuah karya. Beberapa hari yang lalu Mas Wenda Koiman-- salah seorang scripwriter dan penulis membagi ilmunya tentang pentingnya sebuah sinopsis. Nah, berikut ini saya akan menuliskan beberapa rangkuman dari tulisan mas Wenda Koiman. 

Wednesday, July 8, 2015

Buka Bersama di Rumah Baca Lintang

Assalamulaikum,
Fyuh akhirnya bisa posting lagi setelah sehari sebelumnya sibuk dengan menghias kelas buat menyambut murid-murid baru.

Ceritanya, hari Sabtu kemarin saya dibersama teman-teman semasa kuliah dan Komunitas Muslim Peduli Sosial mengadakan acara buka puasa bersama di Rumah Baca Lintang milik mbak Watiek Ideo di daerah Ngelom-Sidoarjo. *belakangan saya baru tahu kalau mbak Watiek adalah pengarang buku anak yang udah beken.

Sempat kebingungan mencari lokasi. Akhirnya saya sampai sekitar pukul 16.30 dan acara sudah berlangsung. Ketika saya datang, ada dua anak laki-laki sedang membacakan cerita buat teman-temannya. Anak-anak yang lain memilih menjadi pendengar. Mereka dengan semangat menceritakan isi cerita dari buku yang cerita yang mereka bawa.

Monday, July 6, 2015

Operator Jam Kalong

Holla.

Gimana punya kabar para pembacaku? Masih pada semangat menjalani ibadah puasa, kan?

Ceritanya lagi pusing milih operator ya cocok untuk berlangganan paket data.

Ada sih beberapa operator seluler yang menawarkan kuota berlimpah dan bikin mata berbinar-binar. Cuman ya gitu. Ada pembagian waktu dan kuota berlimpahnya hanya bisa dipakai jam 00.00-09.00/00.00-12.00. Sedangkan yang kuota 24 jam nggak sampai separuhnya.

Saturday, July 4, 2015

Kegemaran Membaca

Klik link
"What ever it takes, books are friends"
 Kegemaran saya membaca buku dimulai sejak di Taman Kanak-kanak. Mami adalah orang yang berperan besar dalam kesukaan saya membaca buku. Mami adalah orang yang kali pertama mengenalkan saya pada majalah bobo.

Friday, July 3, 2015

A love letter to Dru

Klik link
Dear Dru,
Ini adalah surat pertama yang kutulis selepas kepergianmu yang tiba-tiba. Semua begitu cepat. Aku bahkan tak sempat mengucapkan salam perpisahan kepadamu.

Thursday, July 2, 2015

Selamat Ulang Tahun Gagas Media


Holla.
Postingan kali ini saya tulis untuk meramaikan hari ulang tahun Gagas Media. Salah satu penerbit yang ikut berpengaruh dalam perkembangan dunia literasi di Indonesia.

Saturday, June 27, 2015

Another Cinderella Story

Klik untuk link gambar

"Jangan lari...!" teriak seseorang di belakangnya.

Gadis bergaun biru itu terus berlari. Yang ada dalam benaknya saat ini adalah berlari sekencang-kencangnya. Tak memedulikan dadanya yang hampir meledak karena kehabisan napas.

Friday, June 26, 2015

Kebiasaan-kebiasan kecil Orang Tua yang memberikan pengaruh pada anak.


Sabtu begini biasanya digunakan untuk bercengkrama bersama keluarga. Mengisi kembali energi yang kemarin hilang karena aktivitas bekerja.

Orangtua memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang anak. Orang tua layaknya pekerja bangunan yang menciptakan bangunan kokoh terhadap terpaan badai.

Thursday, June 25, 2015

Rindu Sebagai Maharnya

Klik untuk sumber gambar
Malam terlalu cepat ingin pergi
dan Subuh, tak pernah turun 
sepagi ini

Sementara rindu
Masih separuh membatu, -- di dadamu

Lalu, dengan apa kuusik pejam itu
Andai mimpimu tak melulu tentangku

Atau, bagaimana jika kita bertaruh saja
Ya.... Rindu sebagai maharnya
Bawalah dia pulang andai kau menang 
Jika kalah, dia tetap bisa untuk kau kenang

Sederhana, bukan?

Puisi ini ditulis oleh @dqueen__

Wednesday, June 24, 2015

Mantan Gebetan

Klik untuk link gambar
Bicara soal mantan pacar sudah biasa. Sudah banyak postingan dari para blogger termasuk tulisan saya tentang mantan pacar.

Kali ini saya mau posting soal mantan gebetan.
Apaan sih itu?

Monday, June 22, 2015

Blog Gado-Gado

"Blogmu kok isinya macam-macam sih? Nggak kepengin bikin satu tema saja?
Pada awal ngeblog dulu saya nggak pernah kepikiran untuk mengisi blog saya dengan satu tema. Pokoknya saya ingin menulis apa yang saya suka. 

Sunday, June 21, 2015

Happy Birthday Jung Yong hwa



Dari kemarin siang timeline di facebook dan twitter bertebaran Hastag #622OneYongDay.  

Usut punya usut ternyata leader dari band CNBLUE Jung Yong Hwa sedang berulang tahun ke 27 tahun. Semua boice, sebutan bagi penggemar CNBLUE bersuka cita merayakan hari kelahiran sang pentolan band CNBLUE ini.

Ada banyak cara kreatif yang mereka lakukan sebagai kado ulang tahun buat idola mereka. Salah satu adalah Video yang saya posting di blog ini. Ada-ada saja para penggemar ini.

Sini kutunjukkan apa itu luka

Klik link

Apa kamu tahu seperti apa rasanya dikhianati?

Sini. Mendekatlah padaku.

Akan kuceritakan padamu seperti apa luka yang kau sisakan kepadaku.

Selepas kau pergi demi dia yang katanya kau cinta.

Tahukah kamu berapa banyak airmata yang tumpah?

Kalau kuberi tahu mungkin kamu akan menyesal telah meninggalkanku

Luka itu masih ada
Tersimpan di sudut hatiku terdalam, Sayang

Kelak, aku akan mengingatnya dalam diam

Supaya aku tak lagi jatuh cinta kepadamu...


Saturday, June 20, 2015

Ramadhan di Baitullah

Buka Puasa Pertama di Pelataran Masjid Nabawi
Dari dulu saya suka membayangkan bagaimana rasanya merayakan hiruk pikuknya Ramadhan di Negeri Orang.
Apakah sama saja rasanya atau berbeda?

Friday, June 19, 2015

Pengalaman Menjadi Buzzer

Klik gambar
Holla.

Setelah menulis postingan tentang Memaksimalkan Akun Media Sosial Klik Di Sini. Pasti ada yang bertanya-tanya.
"Emang Mbak udah pernah nyoba. dari apa yang ditulis?"
Pernah dong. Saya pernah mendapat penghasilan dari akun twitter dan blog saya.

Wednesday, June 17, 2015

Maksimalkan Akun Media Sosialmu

sumber
Holla, 

Hari gini punya akun media sosial cuman buat ajang ngeluh atau buat nyebar-nyebar info nggak benar. Rugi, Bro.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan akun medsosmu. Psst, bahkan bisa menghasilkan uang.


Mau tahu apa saja? Simak yuk ulasan berikut ini.

Thursday, June 11, 2015

Tips memotret menggunakan kamera ponsel

 
Postingan ini berawal dari sebuah komentar pada tulisan saya sebelumnya Mobile Photography.

Ada bertanya sama saya. 
Apakah ada sudut-sudut tertentu yang digunakan sebagai acuan dalam memotret menggunakan kamera ponsel?

Karena saya bukan ahli dan sama-sama sedang belajar motret. Mungkin akan saya jelaskan berdasarkan apa yang saya lakukan selama ini.

Jujur, motret menggunakan kamera ponsel itu gampang-gampang susah. Kemudahannya kita langsung bisa gambar sesuka yang kita mau dengan cepat dan langsung bisa unggah ke media sosial kita.

Kesulitannya adalah kebanyakan setting kamera di ponsel sudah otomatis (beberapa yang menyediakan pengesetan manual, itu pun tidak selengkap kamera pocket atau dslr) jadi ikut mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.

Wednesday, June 10, 2015

Completely

Taken from
Suatu sore, seperti hari-hari sebelumnya. Aku sibuk di dapur. Menyiapkan dua cangkir kopi ketika kamu berada di kamar mandi. Membersihkan badan setelah beraktivitas dari pagi.

Selanjutnya, aku membawa dua cangkir yang mengalirkan kehangatan pada buku-buku jariku ke teras rumah. Meletakkannya di atas meja kesayangan kita. 

Sunday, June 7, 2015

Fashion Style

Holla, Ladies 

Postingan kali ini saya akan membahas tentang Fashion

Kadang kita suka bingung dalam mempercantik penampilan kita. Salah satunya dalam pemilihan pakaian.

Ayo ngacung!  Siapa yang suka bingung mau pakai baju apa ya?

Tenang. Saya akan merefrensikan beberapa gaya yang simpel dan mudah untuk kita terapkan (gambar-gambar yang saya ambil dari beberapa blog dan pinterest). Nggak harus pakai baju yang baru. Kita bisa memadukan dengan pakaian yang kita punya.

Sudah siap!

    Kalau gaya Casual lebih suka mengkombinasikan kaos, celana jins. Untuk mempermanis penampilan kamu bisa menyematkan tas/dompet dan sandal yang bertali.
Untuk kelihatan lebih beda lagi kamu bisa memadukannya dengan jaket dan tas ransel. Voila..kamu sudah kelihatan keren.
Casual

Korean Casual Style

Blue and White


Casual Outfit


Nggak punya banyak celana panjang. Kamu juga bisa kelihatan cantik dengan rok yang kamu punya.

Chic Style

Summer Casual Outfit



Nah. Itu beberapa referensi gaya berpakaian dari saya. Kalau masih bingung tinggal berselancar di google. Di situ kamu akan menemukan banyak gaya berpakaian yang bisa kamu jadikan rujukan.

Friday, June 5, 2015

Adsense tak mengerti isi hatiku

Holla.
Boleh nangis di pundak kalian?
Ehm. Ceritanya beberapa hari lalu dapat email dari google yang mengabarkan bahwa permohonan google adsense saya ditolak. Alasannya karena navigasi web sulit dilacak.

Wednesday, June 3, 2015

Semua Orang Bisa Menulis





"Gue pingin jadi penulis, tapi tulisan gue jelek."
"Pengin bisa nulis, tapi nggak tahu caranya."
"Apa sih enaknya nulis? Buang-buang waktu saja." 

   Saya sering banget baca atau dengar seperti keluhan di atas. Entah di lingkungan sekitar atau dari status-status yang bertebaran di media sosial.
     Belakangan, penulis-penulis baru bermunculan. Ada banyak ribuan buku yang diterbitkan tiap menit. Persaingan untuk menjadi penulis semakin berat. Ada yang berjuang sampai titik darah penghabisan agar bukunya diterbitkan dan ada juga yang masih berupa angan-angan.
Lalu, apakah menjadi penulis itu sulit?

Bisa iya. Bisa tidak.
Kotak Warna | Personal Lifestyle © . Design by Berenica Designs.