Kotak Warna: 8 Lagu Tahun 1990-an yang Akan Membangkitkan Kenanganmu Akan Masa Muda

Friday, February 9, 2018

8 Lagu Tahun 1990-an yang Akan Membangkitkan Kenanganmu Akan Masa Muda



Lagu adalah pendamping setia saya saat menulis. Biasanya untuk menulis adegan sedih maka saya pun akan menyiapkan playlist yang isinya nggak jauh-jauh dari kemuraman. Begitu juga sebaliknya, kalau sedang ingin menulis tentang indahnya jatuh cinta, saya akan memasang lagu-lagu bertema cinta. Selain sebagai pendamping menulis, adakalanya lagu itu menjadi sumber ide buat saya.

Berawal dari nggak tahu harus membahas apa lagi di blog, saya memilih mendengarkan lagu-lagu era tahun 1990-an. Fyi, kebanyakan lagu dalam playlist saya memang kebanyakan lagu-lagu lama. Jadi, jangan salahkan saya kalau sering tanya mengenai lagu baru. Soalnya memang jarang/hampir tidak pernah mendengarkan lagu-lagu era sekarang.


Oke, kembali ke cerita tadi ya. Niatnya sih cuman mendengarkan lagu-lagu saja di Winamp, eh kok malah saya rindu melihat video klip mereka.  Pindahlah saya ke youtube dengan menggunakan kata kunci lagu era 1990-an. Dan, akhirnya saya malah terjebak pada ingatan masa muda. Saat saya menggilai Boyzone, BSB, Westlife dan lainnya. Bahkan, rela menyisihkan uang saku demi membeli kaset mereka terbaru. Dulu, harga kaset 25000 itu rasanya mahal gila. Ya, sebagai generasi era 1990-an saya bangga punya banyak kaset dulu. Hahaha.

Dari sekian banyak lagu yang sudah saya dengarkan, entah kenapa lagu di era 90-an itu kok  paling meninggalkan kesan mendalam. Mulai dari aransemen dan lirik yang sederhana, mudah diingat dan itu jarang saya temukan pada perkembangan musik era sekarang. Saya nggak bilang musik sekarang itu jelek, tapi entah kenapa saya nggak rindu ketika tidak mendengar lagu mereka dalam waktu lama.

Yuk, ikutan saya bernostalgia. Siapa tahu 8 lagu pilihan saya ini membuat kalian juga rindu masa muda. Eh, tapi saya memang masih muda kok (penegasan).


Dan- Sheila On 7





“Caci maki saja diriku bila itu bisa membuatmu kembali bersinar dan berpijar seperti dulu kala”


Siapa coba yang nggak kenal sama Sheila On 7. Lagu-lagu mereka langsung beken setelah pertama kemunculannya. Grup band asal Yogyakarta ini berhasil menarik perhatian saya. Dari semua lagu milik Sheila On 7, Lagu ‘Dan’ ini yang memberikan kesan.

Lagu ini populer ketika saya duduk di bangku SMP. Ya, jamannya cinta monyet. Saling suka sama teman dan kebetulan terjadi kesalahpahaman saat itu. Sebenarnya saya nggak suka sama teman lelaki saya ini, tapi salah satu teman saya selalu kirim salam sama dia atas nama saya. Efeknya, si teman lelaki ini salah paham dan dia menuduh saya menyukainya. Aslinya dia aja yang keGR-an

Sampai suatu hari seorang teman cerita bahwa teman lelaki saya itu kemarin bernyanyi di depan rumah saya. Tenyata dia menyanyikan lagu ‘Dan.’ Kalau mengingat soal ini saya jadi senyum-senyum sendiri.


Key To My Life- Boyzone


“ All of my life the doors have been closed now and all of my dreams have been locked inside. But you came along and capture my heart, girl. You’re the key to my life.”

Setelah era New Kids On The Block, lahirlah Bozyone. Grup Band asal Irlandia ini langsung menarik perhatian seluruh orang di dunia. Salah satu alasan saya suka Boyzone, karena mereka adalah lelaki-lelaki tampan di era itu. Bahkan hingga saat ini pesona Ronan Keating masih Sexy walaupun udah mulai menua.

Kenapa saya suka “Key To My Life’ ini soalnya di situ Stephen Gately cute banget. Alasan klise yak. Tapi nggak tahu kenapa suka saja sama dia. Selain itu tema lagunya yang tentang cinta bertepuk sebelah tangan selalu jadi favorit saya. Hahaha, ketahuan ya betapa menyedihkannya saya.


Soledad-Westife


“If only you could heal my heart just one more time”

Kenapa dari sekian banyak lagu Westlife, saya memilih Soledad. Ceritanya tentang patah hati gitu. Tahu sendirilah waktu masih muda kebanyakan labil dan patah hati. Jadi pilihan lagu-lagunya nggak jauh-jauh dari cerita ditinggalkan kekasih. Apalagi ketika putus dengan kekasih, bisa seharian cuman putar lagu ini doang.


Blue Night-MLTR



“When i’m all alone with the stars above, you’re the one i love”

Saat mendengar lagu ini membuat saya teringat masa-masa SMA sering banget telepon radio cuman untuk minta lagu ini diputar. Jaman SMA saya suka nelpon radio untuk minta diputarkan lagu tertentu gitu. Pas kali pertama lagu ini keluar dari radio, saya langsung suka. Dan lagu milik MLTR ini sudah seperti lagu wajib.


 Baby One More Time- Britney Spears


“Give me a sign, hit me baby one more time”

Lagu milik Britney ini ngetop sekitar tahun 1999, saat itu saya duduk di Sekolah Menengah Pertama. Lagu ini sering dipakai oleh anak-anak yang suka nari sebagai musik latar, bahkan tarian Britney itu populer dikalangan remaja.

Bisa dibilang Britney ini menjadi panutan remaja saat itu. Saya sih nggak terlalu suka cuman menggemari lagu dan tariannya saja. Di video ini Britney masih terlihat polos dan kuncir duanya yang khas.


Unbreak My Heart- Tony Braxton



“Unbreak My Heart, Say love me again.” 
Kayaknya dulu Unbreak My Heart milik Tony Braxton ini menjadi lagu wajib bagi remaja di era itu. Saya aja juga suka dengerin lagu ini meskipun video klipnya agak vulgar tapi liriknya itu loh yang merasuk ke hati. Berkisah tentang wanita yang kehilangan kekasihnya Ciri khas dari Tony Braxton ini adalah vokalnya yang khas.


Here With Me- Dido


“And i won’t go, i won’t sleep, I can’t breath until you’re asking here with me” 

Mendengar Dido yang Here with Me ini mengingatkan saya pada film Roswell. Dulu film ini ditayangkan di SCTV. Berkisah tentang alien yang datang ke bumi dan lagu Dido ini menjadi salah satu Original Sountracknya.

Saya sendiri mulai suka sama Dido sejak dia keluar dengan lagu ‘Thank You’ suaranya khas banget jadi langsung mengenal kalau itu Dido. Saya punya koleksi sekitar 2-3 lagu milik Dido lainnya.


Spanish Eyes- Backstreet Boys


“When I look into your spanish eyes. I know the reason why i’m alive”

Ada banyak lagu Backstreet Boys yang jadi favorit saya tapi lagu Spanish Eyes ini yang paling melekat. Judulnya yang unik dan lirik lagunya yang bercerita tentang dua orang yang salinf jatuh cinta tapi masing-masing sudah punya kekasih. Cocoklah buat remaja galau kayak saya di era itu loh ya.


Eh, Play list saya ternyata kebanyakan pakai bahasa Inggris ya soal waktu itu saya sedang ingin belajar banyak kosakata bahasa Inggris. Itulah sebabnya kenapa saya lebih banyak mengoleksi lagu dalam bahasa Inggris. Buat saya metode ini ampuh banget untuk meningkatkan kemampuan saya berbahasa Inggris.

Baca juga: How I learn English


Kalau kalian suka lagu dari Era 90-an juga? Bahas di kolom komentar juga yuk.

10 comments:

  1. Rasanya pengen ngajak toss hi hi. Meski nggak semua lagu di atas jadi favorit saya, tapi inilah lagu2 ya g hits waktu saya abegeh hihihi. Bela2in juga ngumpulin uang jajan demi beli kaset BSB, Westlife, Boyzone dan kawan2nya he he.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Sebenarnya ada banyak mba tapi saya lagi malas ngelist hahaha. Iya dulu nabung demi sebuah kaset

      Delete
  2. favoritku sheila on 7 dan soledad hahha sampek sekarang kalo rada galau atau melo yang didenger pasti itu wkwkkw

    ReplyDelete
  3. Saya kurang tahu malahan lagu-lagu ini :D Cuma Sheila on 7 aja yang banyak tahu lagunya :D

    ReplyDelete
  4. Backstreet boys terkenal dari dulu emang yaa. Meskipun aku nggak banyak tahu lagunya sih :D

    ReplyDelete
  5. Nostalgia lagi kalau dengerin lagu-lagu ini. Hehehe.

    ReplyDelete
  6. Dari dulu sampe sekarang tetap SO7 yang paling the best menurutku

    ReplyDelete
  7. soledad juga suka mbak dengerin dulu. westlife is the best deh.

    ReplyDelete