Kotak Warna: Beauty Gathering With Viva Cosmetics

Friday, November 17, 2017

Beauty Gathering With Viva Cosmetics


Beauty Gathering With Viva Cosmetics

Holla,

Jika bicara soal Kecantikan tidak akan pernah ada habisnya bagi wanita, apalagi kalau konnsepnya semacam Beauty Gathering gitu. Seru abis deh.

Sabtu lalu, saya bersama Surabaya Beauty Blogger ikutan dalam acara Beauty Gathering dengan Viva Cosmetics. Acaranya super duper padat tapi dikemas dengan santai. Berasa kayak bertemu keluarga lama gitu. Menyenangkan dan bisa mengenal Viva Cosmetics lebih dekat lagi.



55 Tahun Hadirnya Viva Cosmetics



Beauty Gathering With Viva Cosmetics
Deni Wibisono, Direktur Marketing


Kalau nyebut kata “Viva’ rasanya hampir seluruh perempuan di Indonesia tahu dong. Kalau nggak tahu Viva Cosmetics itu berarti mainnya kurang jauh. 

Emang sih produk-produk Viva ini mungkin lebih dikenal di kalangan emak-emak kita tapi belakangan ini Viva Cosmetics masih menunjukkan eksistensinya di bidang kecantikan di Indonesia. Beragam inovasi dan pembaharuan yang dilakukan supaya produk-produk Viva ini masih diterima di jaman Kekinian ini.

Sejak tahun 1962 Viva Cosmetics mulai berkembang dalam industri kecantikan di Indonesia. Awalnya Viva Cosmetics di produksi oleh sebuah perusahaan farmasi dengan nama PT General Indonesian Producing Center di Jalan Karet Surabaya dan berganti nama menjadi PT Paberik Pharmasi Vita pada tahun 1964. Perubahan nama pun kembali terjadi sampai akhirnya menjadi PT Vitapharm hingga sekarang ini. Viva Cosmetics adalah produksi kosmetik pertama yang dengan bangga menuliskan Made In Indonesia

55 tahun bertahan dalam dunia industri kosmetik di Indonesia itu tidaklah mudah apalagi sekarang mulai banyak produk-produk kecantikan berasal dari luar yang sudah menyerbu pangsa pasar Indonesia. Tidak mau kalah dengan perubahan, PT Vitapharm meningkatkan kualitas produk dengan melakukan pengembangangan baru dan menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi dalam menciptakan sebuah produk.

Beauty Gathering With Viva Cosmetics
Rangkaian Produk Viva Cosmetics




Kunjungan Ke Pabrik 



Salah satu alasan saya hadir dalam acara ini adalah kunjungan ke Pabrik. Jujur, dari dulu jaman Kuliah saat Viva pernah menjadi tempat mahasiswa mencari sponsor, saya selalu penasaran seperti apa sih pabriknya. Bahkan, ketika berangkat kerja dan selalu melewati jalan ini saya masih saja penasaran.

Tara, akhirnya rasa penasaran saya terjawab juga. Saya dan teman-teman bloggernya diajak keliling pabrik pembuatan lipstik, QC dan ruang penyimpanan produk. Sayangnya dalam kunjungan pabrik ini kami tidak diperkenankan untuk membawa HP dan mengambil gambar. Tahu sendirilah, rahasia perusahaan.

Melalui anjungan kami bisa melihat aktivitas di pabrik mulai dari pembuatan lipstik, pengemasan produk dan juga mampir ke kantornya QC. Pak teguh yang menemani kami saat itu menjelaskan bahwa Viva telah mendapatkan sertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik dengan Baik) pada 2008 untuk Cream, lipstick, liquid dan Viscous Liquid. Dilanjutkan tahun 2009 untuk Powder dan Compact Powder. 

Via melakukan 4 kali Quality Control yang meliputih: Bahan-bahan, proses mikrobiologi/pembuatan formula, pengecekan ketika produk jadi tapi belum diletakkan di gudang, dan sebelum barang keluar dari pabrik.

Tahu kan, kenapa produk Viva Cosmetic itu memiliki kualitas yang baik?

Berhubung suhu di Surabaya sedang tinggi, pas kunjungan ke Pabrik Lirpstik, suhu udara terasa lebih panas. Selebihnya menyenangkan.



Beauty Class



Kunjungan ke Viva nggak afdol rasanya kalau nggak ikutan Beauty Class. Tapi, sebelum kelas kecantikan dimulai kita diajak untuk lomba. Lomba kali ini harus berpasangan karena nanti akan diberi tugas untuk merias temannya. Tiap peserta nanti diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil riasannya. 

Beauty Gathering With Vivsa Cosmetics


Kelar memberikan hadiah. Saat yang ditunggu oleh kami semua adalah kelas kecantikan. Dengan dipandu ole Ibu Justine, kami diajari Tata Rias Corrective. Saya yang masih awam soal dandan berasa dapat ilmu banyak.


Sebelum memulai riasan, ada baiknya kita harus melakukan pembersihan pada wajah dan juga perawatan. Supaya nanti hasil riasan yang dihasilkan bisa sempurna. Ada beberapa tahapan yang diajarin oleh Bu Justin dan Tim Viva, mulai dari pembersihan, scrubbing, masker, dan pemasangan lotion. Setelah itu baru deh mulai merias diri.

Melihat teman-teman lain yang antusias, saya juga nggak mau kalah. Ya, meskipun kemampuan dandannya masih level pemula, yang penting kece deh.



Beauty and Fashion Photography




Sebenarnya sih tema dari workshop ini tu lebih ke gimana sih caranya supaya Feed Instagrm kamu lebih oke. Cuman dalam praktiknya, Mas Mochtret ini ngajarin kita tentang bagaimana sih postur tubuh saat melakukan swafoto dan foto produk.

Di sini mas Moch memberikukan simulasi dengan mengajak beberapa blogger untuk praktik. Ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan saat mau melakukan swafoto: Postur tubuh harus oke, tegap dan tulang selangka itu bisa terasa, cari sisi yang terbaik dari wajahmu dan tunjukkan, editing.

Untuk Foto produk yang perlu diperhatikan adalah light (pencahayaan), styling (penataan) dan kembali lagi editing.

Sebisa mungkin saat kita ingin menata Feed Instagram bisa menggunakan tone foto yang sama, apa yang ingin ditonjolkan dan foto yang jelas alias tidak blur.

Yes, tentu bagian yang paling menyenangkan dari acara ini adalah membongkar isi godie bag. Saya mendapat 6 lipstick yang terdiri perfect shine dan perfect matte, Make Up Remover, CC Cream dan Corector. Senangnya.

Sekian laporan pandangan mata dari saya.



Salam,







14 comments:

  1. Viva di daerah Panjang Jiwo yaa Mbak Tikha? Aku selalu pake cleanser milk sejak kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betuul. Aku pakai varian green tea

      Delete
  2. Ternyata viva udah 55 tahun yaa.. Lama sekali. Mba tik manglingin ih, cajep bangett

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba padahal nggak bisa dandan

      Delete
  3. Acaranya lengkap banget ya. Banyak ilmu yang di dapat pastinya

    ReplyDelete
  4. Vivers.. aku cantik.. aku sehat. aku bahagia.. dan ketika semua tampil cantik.. manglingi..- sukses yaa mba Tikha ⚘⚘😇

    ReplyDelete
  5. wowwww ada akuuuu hahhahaha

    seru abis emang ya mba, aku salah satu penggemar viva, karena bersahabat dengan kulit dan kantongku wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Viva memang produk paling bersahabat dikulit Indonesia ya mbak, sempet dilema dengan harga nya yang aneh kok bisa murah. Tapi memang Viva ga murahan ya, penjelasan nya maksimal banget, bikin makin percaya pakai Viva😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Viva mirah tapi gak murahan. Produk pembersihnya saya suka banget

      Delete
  7. Pengen punya yang eyeshadow. Tapi kira-kira berapaan, ya? :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak tahu pasti berapa harganya tapi produk-produk kecantikan viva terjangkau kok

      Delete
  8. Ini aku make viva kayaknya cuma waktu masih SD mbak, sekarang udah seringnya model bodyshop gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produk viva masih eksis walau termasuk make up jaman old

      Delete