Kotak Warna: Pengalaman Pertama Dengan Internet

Sunday, April 9, 2017

Pengalaman Pertama Dengan Internet


Holla,

Rasanya ini baru kali pertama saya posting tulisan di akhir pekan. Biasanya malas banget deh. Kayaknya emang lagi butuh untuk nulis. Jadi, kenapa nggak.

Kayaknya, saya harus mulai membuat jadwal nulis deh untuk kedua blog yang saya bina. Biar nggak mumet dan ujung-ujung berhenti nulis blog. 

Ide itu bisa didapat dari mana aja, kan?

Obrolan nggak jelas sama teman di grup WA kadang bisa jadi pencetus ide loh. Beberapa hari yang lalu, di sebuah grup WA kami saling mengingat pengalaman pertama menggunakan internet. Ada cerita lucu, gemesin dan menjengkelkan. 


Ting. Tiba-tiba seakan ada bola lampu yang menyala di kepala saya. Eit, kenapa nggak ditulis di blog aja sekalian. 


Pengalaman Pertama dengan Internet


Orang yang kali pertama mengenalkan internet adalah kakak laki-laki. Waktu itu kalau nggak salah saya masih kelas 1 SMA. 

Agak norak waktu tahu bahwa dengan internet kamu bisa menemukan apa saja. Maklum, waktu itu yang namanya internet termasuk barang mahal. Hanya beberapa yang di rumah menggunakan pelayanan ini. Sisanya orang kebanyakan memilih warnet. Nggak salah kalau warnet akhirnya menjamur.

Kakak mengajari saya bagaimana mencari lagu dan gambar. Ternyata dengan mengetik sebuah kata, saya bisa menemukan gambar dan tulisan yang dicari. Hasilnya nanti disimpan di disket. Ya, ampun disket. Benda tipis berbentuk segiempat itu merupakan penyimpan data yang populer kala itu dan rentan banget kena virus. Kalau udah kena virus, ilang deh semua data yang kamu simpan. Haha.

Pokoknya hari itu saya takjub dengan kecanggihan internet, bisa membuat saya lebih dekat dengan boyzone, westlife, dan boyband lainnya. Semacam surga untuk bisa menyimpan foto-foto mereka

Bikin Email dan Kenalan sama MIRC


Liburan sekolah, saya mengunjungi kakak perempuan yang kebetulan kuliah di Jogja. Waktu itu kakak mengajak saya ke sebuah warnet karena harus mencari bahan kuliah.

Kami menyewa satu komputer hari itu. Setelah selesai dengan urusan bahan kuliah. Kakak mengajarkan cara membuat email. Kalau kalian mau tahu kenapa saya suka sekali dengan child_smurf. Itu karena kakak membuatkan saya email dengan username itu. Buat saya itu lucu dan entahlah kenapa saya masih memakainya sampai sekarang.

Email pertama saya dibuat menggunakan eudoramail. Sebuah penyedia layanan jasa semacam yahoo, gmail, hotmail, dll. Sayangnya eudoramail udah tutup. Akhirnya beralih ke yahoo dengan username yang sama.

Kakak kemudian mengenalkan saya pada sebuah aplikasi chat bernama MIRC. Rasanya beberapa orang banyak yang sudah tahu perihal MiRC. Buktinya saat saya melempar topik tentang chat online, beberapa dari mereka memiliki pengalaman yang sama.

Sejak tahu soal MIRC saya jadi seperti punya dunia baru. Rasanya mengasyikkan bisa berkenalan dengan orang-orang baru. Sempat beberapa kali kopdar dan benar adanya bahwa khayalan lebih indah dari kenyataan (ngikik dulu). Kalau ingat hal ini saya suka geli sendiri.

Sst. Saya sempat kecanduan MIRC. Sering banget dulu menghabiskan waktu berjam-jam di warnet cuman buat chat. Ya ampun saya pernah muda ternyata 😅

Yes, inilah pengalaman pertama saya dengan internet. Kalau kamu?

Baca Juga: 7 hal yang bisa kamu dapatkkan saat mempunyai blog

8 comments:

  1. Pengalaman pertama selalu memberi kesan ya mbak. Tapi aku nggak ingat2 amat sih pengalaman pertama dengan internet. Seingatku pas aku kuliah sekitar tahun 2000-an (jadul amat ya? Hehe).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pas SmA sekitar tahun 1997 malah lebih jadul lagi ya

      Delete
  2. wkakaka mirc, jaman smp itu saya mbak
    sampe betah lama-lama di warnet ya gara2 aplikasi chatting ini, trus nickname nya sering aneh-aneh gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk...pernah kecanduan juga nggak? Saya juga suka nyamar

      Delete
  3. Kalo aku dulu kenal inet pertama dari tetangga yang anak kuliahan, awalnya hanya liat2 trus saya sewa PC sendiri buat cari artikel2 Islami dan kepenulisan. rasanya amazing pas akhirnya berani ke warnet sendirian, berasa kayak ketemuan ama gebetan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...saya juga dulu suka cari warnet yang ada paket murahnya

      Delete
  4. Tahun 1999 klo aq, klo g salah sih.. btw, yg dpt gebetan d MiRc g dicritain mbak? Aq pdhl nunggu itunya lho.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...malu ah cerit gebetan jaman dulu

      Delete