Kotak Warna: 4 Sinetron Lawas Yang Masih Melekat Dalam Ingatan

Sunday, April 23, 2017

4 Sinetron Lawas Yang Masih Melekat Dalam Ingatan


4 Sinetron Lawas yang Masih Melekat Dalam Ingatan- Sebelum terkena mantra drama korea, saya adalah salah penggemar berat sinetron Indonesia. Ada banyak sinetron yang sudah saya ikuti sejak episode pertamanya. Dulu, nonton sinetron Indonesia itu seperti sebuah hiburan tersendiri. Selain itu penuh dengan sarat makna.


Belakangan, saya merasa geliat sinetron Indonesia sudah tak seramai dulu. Mulai dari segi cerita yang mengalami pergeseran (cerita yang monoton, alur gampang ditebak dan kebanyakan mengada-ada), dan juga muncul-muncul artis-artis baru yang terkadang kemampuannya aktingnya kurang teruji. Jadi, itu kenapa saya udah malas nonton sinetron.


Buat saya sinetron di Era 80-90an adalah yang terbaik. Kualitas cerita yang baik dan didukung oleh kemampuan akting dari para aktor maupun aktris yang memang mumpuni. 

Ada banyak sinetron yang dulu pernah dekat di hati. Waktu itu saya masih unyu-unyu, jadi suka bangetlah sama sinetron.


1. Tersanjung


Credit: youtube


Tersanjung termasuk dalam jajaran sinetron saat itu. Dibintangi oleh Lulu Tobing dan Ari Wibowo. Kalau nggak salah saat itu saya masih SMA. Tahu sendirilah waktu itu Ari Wibowo idola para gadis-gadis remaja.

Awalnya sinetron Tersanjung asyik banget untuk diikuti. Karakter Lulu Tobing sebagai Indah yang kalem langsung menarik perhatian. Pokoknya alurnya oke-lah. Tapi kemudian saya memutuskn berhenti menonton ketika jalan ceritanya menjadi amburadul.

2. ACI (Aku Cinta Indonesia)


Credit: Youtube

Film serial ACI dirancang dan diproduksi oleh Pusat Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan (PUSTEKKOM) yang bertemakan pengembangan nilai-nilai kepribadian anak dan remaja, seperti: tanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja sama, toleransi, saling menghargai/menghormati, sikap bersaing sehat, persahabatan, dan sikap sportif. Ditayangkan Televisi Republik Indonesia (TVRI) menayangkan film serial ‘Aku Cinta Indonesia (ACI)' pada tahun 1985-an (credit: wikipedia)

Film serial ACI ini populer saat saya masih SD. Sinetron ini mengambil latar anak sekolahan. Bercerita tentang Amir, Citra dan Ito yang duduk di Sekolah Menengah Pertama.Tentu saja setiap episodenya tidak jauh-jauh dari kehidupan anak sekolah. Favorit bangetlah di jaman saya. Dulu, saya sampai hapal dengan lagu-lagunya dan masih terkenang banget.



3. Gara-Gara





Salah satu sinetron saya adalah Gara-Gara. Sinetron yang dibintangi oleh Lidya Kandau, Jimmi Gideon dan Sion. 

Sinetron yang satu ini lebih ke arah komedi yang bikin kita ketawa ngakak saat menontonnya. Ada aja kelakuan Jimmi Gideon yang bikin Lidya Kandau marah-marah.

4. Keluarga Cemara



Keluarga Cemara tentu saja jadi serial favorit. Keluarga si Abah ini mampu memikat para penonton dengan jalan cerita yang dekat dengan realitas hidup.

Alur cerita, nilai-nilai kehidupan dan soundtrack yang apik.  Pokoknya sinetron yang satu ini layak ditonton.

Nah. Kamu suka sinetron apa?

12 comments:

  1. Aku suka keluarga cemara sama si doel anak sekolahan.. Sampe sekarang masih ku tonton si doel. Kalo pagi jam 7 ada di rcti.. Lumayan menghibur dipagi hari.. Xixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. RCTI jaman dulu mah bagus-bagus. Sekrang males deh nonton tv

      Delete
  2. Aku suka ACI dan Keluarga Cemara. Tersanjung awalnya doang...selanjutnya nyeraaaah...hahaha, panjang banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong. Tersanjung cuman ngikutin sesi awal doang abis gitu dadah babay deh

      Delete
  3. ACI tnyta udah ada dr jaman dlu ya.. kok aq dlu g prnh nonton ya.. ada versi barunya ya, thn lalu apa 2th yg lalu itu..
    Sama ma mb novi, aq jg suka keluarga cemara n si doel

    ReplyDelete
    Replies
    1. ACI tayang aku masih SD dan buat saya sinetron ini oke banget deh. Aku juga suka sama si doel dan keluarga cemara

      Delete
  4. aku nonton yang tersanjung dan keluarga cemara, kalo yang dua lagi enggak tau ;p

    ReplyDelete
  5. Yang paling aku tahu cuma tersanjung dan keluarga cemara, menempel banget diingatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyam sampai hapal sama lagu-lagunya

      Delete
  6. Semua tauu...kecuali ACI, mba.
    Kenapa yaa..?
    Apa jam tayangnya malam..?

    Heehe...sok rajin.

    Anak jaman dulu mah..kalo nonton mesti liat jam, kalo gak..kenak Dunia Dalam Berita.
    Wkkwkkw...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..iyes. tapi aku dulu suka lihat dunia dalam berita

      Delete