Kotak Warna: 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berbelanja Online

Saturday, September 10, 2016

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berbelanja Online

belanja online

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Berbelanja Online- Wanita mana yang tidak semringah kalau tidak dengar kata 'belanja.' Hayoo pada ngacung. Yap. Hampir semua wanita yang ada di dunia suka banget sama yang namanya shopping. Pasti mereka tidak akan menolak kalau diajak melakukan aktivitas yang satunya ini. Meskipun terkadang hanya sekadar lihat-lihat.


Di era yang serba canggih ini kita nggak perlu lagi pusing ketika ingin berbelanja. Apalagi waktunya berdekatan dengan hari libur atau perayaan keagamaan. Yang namanya pusat perbelanjaan penuh dengan lautan manusia. Mereka menjubeli yang namanya toko-tokonya. Kalau di dalam Mall mah masih enak. Nggak kepanasan walaupun berbaur sama ratusan orang. Kebayang dong gimana sesaknya kalau belanja di pasar.

Belum lagi kena macet di perjalanan. Udah belakangan ini yang namanya suhu berubah-ubah. Terkadang bikin sesama pengguna jalan berantem. Persoalan ini pun ditambah parkiran yang kebanjiran pengunjung. Siap-siap cemberut deh sepanjang jalan. Dandanan yang tadi sengaja dibuat cetar karena mau mejeng di Mall, luntur deh. 

Sekarang ini kita nggak perlu lagi deh yang namanya ribet. Namanya teknologi selalu mengalami perubahan. Tentunya perubahan-perubah itu bertujuan untuk memudahkan manusia. Nggak perlu lagi deh kita berdesak-desakan dengan para pengunjung Mall hanya untuk mendapatkan barang diskon. Belanja kebutuhan apa pun bisa kamu lakukan sambil nonton Drama Korea kesukaanmu. Kurang enak apalagi coba, Berterima kasihlah kepada penemu internet karena sudah memunculkan namanya Online Shop.

Menjamurnya Online Shop membuat kita kebingungan dalam memilih toko yang tepat. Nggak mau dong kita terjebak namanya penipuan. Bagi beberapa orang berbelanja online itu ibaratnya beli kucing dalam karung. Kita nggak tahu apakah benda yang kita beli sama atau tidak sesuai yang diinginkan dan apakah benar toko yang kita maksud itu ada.

Udah pada sering, kan dengar yang namanya penipuan berkedok belanja online? Hi...serem dong ya. Uang kita melayang pada orang yang memanfaatkan teknologi. Nah, Ternyata Berbelanja Online itu ada caranya loh. Biar saat berbelanja kalian tetap nyaman dan tentunya merasa puas.

Ada 4 hal yang harus diperhatikan.

1. Reputasi Toko

Sebelum memutuskan berbelanja pada salah satu toko Online. Ada baiknya kamu melakukan riset alias mencari tahu bagaimana sih reputasi toko tersebut. Kamu bisa mencari ulasan-ulasan atau testimoni yang dibuat oleh orang-orang yang pernah beli di toko tersebut.

Tahu sendiri, kan bahwa jumlah toko online itu banyak banget. Jadi, kamu harus jeli dalam memilih toko-toko mana yang benar-benar memiliki reputasi bagus. Untuk baiknya kamu bisa melihat-lihat pada beberapa Ecommerce yang ada. Dengan adanya E-commerce kamu dapat terbantu memilih toko-toko yang memang memiliki kualitas bagus. Salah satunya blanja.com


2.Deskripsi Barang

Pastikan deksripsi barang yang kamu beli sudah tepat dan sesuai dengan yang kamu inginkan. Simak dengan baik deskripsi yang telah diberikan oleh toko terhadap barang yang ingin kamu beli. Jika belum jelas jangan ragu untuk bertanya. Ada baiknya juga kamu membaca ulasan-ulasan yang masuk terhadap barang tersebut.

Misalnya kamu ingin membeli gadget terbaru. Kamu bisa mencari deskripsi yang lengkap melalui situs pencarian  

Kebanyakan orang merasa ditipu kenapa barang yang dibelinya tidak sesuai dengan harapan. Kemungkinan besar dia tidak membaca dengan baik deskripsi yang ada.


3. Layanan Pelanggan

Toko Online yang baik pasti memiliki yang namanya layanan pelanggan. Layanan Pelanggan ini berguna jika pelanggan tidak puas atau merasa tertipu dengan barang yang mereka kirimkan. Apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan akan lebih mudah untuk meminta bantuan hukum.

Selain itu dengan adanya Layanan Pelanggan, Pembeli merasa lebih nyaman dalam bertransaksi.

4. Pembayaran

Beberapa minggu yang lalu saudara sepupu saya sempat terkena penipuan. Dia membeli barang di salah satu Toko Online yang didapatkan dari Media Sosial. Dia sudah mentransfer sejumlah uang, namun hingga saat ini barang tersebut tidak juga didapatkan.

Nilai uangnya memang tidak terlalu besar. Tapi bikin nyesek juga dong. Sempat kecewa juga dan bingung harus melakukan apalagi supaya uangnya kembali. Saya sih sudah beberapa kali memberi tahu dia supaya berbelanja melalui  Ecommerce. Yah, namanya musibah nggak bisa kita ketahui.

Pastikan Toko Online yang kamu pilih memiliki metode pembayaran yang jelas, kalau bisa carilah toko yang menggunakan Rekening Bersama. Sebab, jika ada tindak penipuan kamu bisa memrosesnya lebih cepat. Soalnya jelas siapa yang bertanggung jawab.

Berbelanja Online memang mengasyikkan. Kalau kamu tidak berhati-hati dan jeli dalam memilih Toko yang baik. Bisa-bisa kamu ketipu. Bukannya bahagia malah buntung.


Happy Weekend,


Pas

19 comments:

  1. Sekarang e-commerce udah banyak, jadi mau belanja online pun banyak pilihan ya. Asyiikk ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Ada banyak pilihan ecommerce sekarang ini

      Delete
  2. Skrg byk olshop yg menampilkan gambar yg lebih bagus dr stok yg dimiliki.. mmg ulasan penting banget ya mbak.. tdk seperti memilih langsung.. seringkali mmg brg yg dikirim asal2an.. trims mbak info pemilihan olshopnya:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Memang harus jeli dan teliti biar nggak ketipu

      Delete
  3. Sya pernah beberapa kali merasa tertipu ketika belamja produk fashion. Foto dan barang tdk sama😂 sekarang berusaha menghindari belanja online khusus produk fashion. Kalo produk lain sih msh oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya. beberaa orang kadang suka nipu mbak. Kalau produk fashion saya lebih suka belanja langsung. Kecuali tas

      Delete
  4. Aku gak pernah lepas dari OS. Walo udah sering ketipu, eh beli lagi, beli lagi

    ReplyDelete
  5. saya sudah kapok untuk berbelanja online.... karena barang yang di beli engga sesuai harapan... sudah ngalami soalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari online shop yang terpecaya mbak

      Delete
  6. Wah, deskripsi barang paling penting tuh.. Soalnya kadang ada yg jelas, kadang juga ga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu mas..kalau kurang jelas bisa nanya sama yang punya toko. Atau paling nggak baca ulasan orang lain

      Delete
  7. cocok mbak, aku juga sering belanja online dan memperhatikan hal hal tersebut. penting banget nih

    ReplyDelete
  8. Penipu online itu biasanya iming-imingnya harga yang jauh di bawah pasaran, posisi nun jauh di negeri antah berantah, dan alamat toko yang tidak bisa dilacak. Biasanya sih gitu. Sebenarnya kalau mau aman sebelum memutuskan beli sama tokonya digoogle aja dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Harus pintar baca refrensi dan ulasan-ulasan terhadap toko itu

      Delete
  9. Sering sih ketipu. Tapi anehnya nggak bikin jera, mengingat banyak kemudahan yang didapat. Sekarang lebih liat ulasannya dulu. Aku udah gak terlalu percaya sama testimoni gara2 banyak yang palsu.

    ReplyDelete
  10. Aku sering ketipu soal baju. Murah dan gambarnya bagus. Secara artis modelnya. Hehehe. Begitu beli, ternyata nggak sesuai sama gambar. Kan sedih.

    ReplyDelete
  11. Biar kadang ketipu, tapi gak kapok2 belanja ol. Mudah sih. :D Sekarang kan sudah banyak juga marketplace yang terpercaya

    ReplyDelete