Kotak Warna: Tradisi Mengirim Kartu Lebaran Yang Terlupakan

Tuesday, July 5, 2016

Tradisi Mengirim Kartu Lebaran Yang Terlupakan

Taken from Merdeka.com

Momen yang paling saya tunggu menjelang lebaran tiba adalah mengirimkan kartu lebaran kepada beberapa sahabat, saudara dan kenalan. Ada beberapa proses yang harus dilalui. Mulai dari memilih-milih kartu lebaran yang sesuai dengan keinginan, menulisnya lalu cepat-cepat mengirimkannya ke Kantor Pos sebelum mereka berhenti beroperasi. Paling lambat sih 2 minggu sebelum lebaran.


Serunya lagi semacam ada persaingan di dalam keluarga kami. Tentang siapa yang lebih populer. Dibuktikan dengan banyaknya kartu pos yang kami terima. Tentu saja Papa pemenangnya. Waktu itu Beliau sedang menjabat. Jadi banyak kolega yang mengirim.

Sayangnya, tradisi mengirim kartu lebaran mulai menghilang. Perlahan fungsinya digantikan oleh pesan singkat, bbm dan status di sosial media. Bahkan, saya jarang melihat tumpukan kartu lebaran yang dijual.

Dan, lebaran tahun ini Saya rindu mendapatkan kartu lebaran. Kangen suara Pak Pos yang berteriak di depan pagar mengantarkan surat.

Semoga tahun depan masih diberi kesempatan lagi untuk merayakan Ramadhan dan punya waktu untuk membuat kartu lebaran sendiri.

Salam Hangat,

Tikha

8 comments:

  1. Saya juga sering kangen dpt kartu lebaran. Lebih personal aja gitu :-)

    ReplyDelete
  2. samaaaaa.... aku kgn jaman sekolah dulu, tiap mndekati lebaran, pasti bareng temen ke supermarket utk cari kartu2 yg lucuk.. ada yg kalo dibuka kedengaran suara ngucapin minal aizin, ada yg pake lagu, ada yg kalo dibuka, keluar bangunan 3D nya.. aduuuh, dulu seru bgt ya mbak mlih2 kartu gitu.. trs ditulisin, kirim ke temen2 :).. trs berharap juga dikirimin ama temen2 yg lain.. biasanya kartu2 dr temen dulu aku pajang di jendela kamar semuanya...tapi kalo dr someone special, disimpen di selipin buku supaya ga ketahuan mama hahahah :D.. kgn masa2 itu -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..pengalamannya seru mbak.

      Aku jadi kepikiran mau kirim kartu lebaran lagi

      Delete
    2. Biar jadul tapi berkesan ya mak...

      Delete
  3. saya sampai sekarang belum pernah dapat kartu lebaran ketika hari raya idul fitri :(

    ReplyDelete
  4. Gak pernah dapat kartu lebaran. Kalo dulu sempat bikin, tapi gak tau mau dikirim ke siapa juga. Sekarang mah tinggal edit foto trus kasih tulisan, kirim ke FB, BBM, dan WA. :D

    ReplyDelete
  5. Terakhir dapat kartu lebaran masa SMP akhir era 90an.. . Kadang suka beli untuk dikoleksi sendiri. . . Sayang sekarang aku tak pernah lagi melihatnya di swalayan. .

    ReplyDelete