Kotak Warna: 4 Tipe Postingan Berbayar Pada Blog

Thursday, July 14, 2016

4 Tipe Postingan Berbayar Pada Blog

4 tipe postingan berbayar pada blog
4 Tipe Postingan Berbayar Pada Blog

4 Tipe Postingan Berbayar Pada Blog- Sebenarnya sudah banyak blogger yang membahas mengenai ini. Namun, nggak ada salahnya kalau saya kembali menulisnya.


Mungkin ada yang bertanya-tanya apa sih postinga berbayar itu? Atau yang seperti apa sih yang namanya postingan berbayar. Secara garis besar ada 4 macam yang masuk ke dalam kategori Postingan Berbayar (kalau saya salah silakan dikoreksi).

Apa saja ya macamnya?

Content Placement

Content Placemet sering disingkat sebagai CP. Di sini tulisan sudah disediakan oleh pihak yang ingin menitipkan iklan. Biasanya terdiri dari 300-500 kata dan ada satu link hidup yang biasanya disematkan pada achor text atau kata kunci. 

Kelebihan dari postingan ini adalah kita tidak perlu bersusah payah untuk menulisnya sendiri. Tinggal kamu salin ke dalam badan blogmu.

Kekurangannya adalah karena para klien biasanya bekerja sama dengan lebih dari satu blogger. Kemungkinan besar ada beberapa kemiripan. Hal yang lebih penting ada beberapa penulis konten yang terkadang asal nulis dan tanpa riset sehingga ada kalanya terjadi kesalahan informasi. Pinter-pinter kita untuk memeriksa ulang sebelum mengunggahnya ke dalam blog.

Sponsored Post

Postingan yang satu ini biasanya langsung dibuat oleh pemilik blog sendiri sesuai dengan tema yang ditentukan. Hampir mirip dengan Content Placement yaitu terdiri dari 300-500 kata dengan disematkan 1 link hidup yang menggunakan kata kunci.

Karena kita sendiri yang menulis. Kita bisa mengecek secara langsung apa yang kita tulis dan bisa mempertanggung jawabkannya sendiri. Enaknya lagi penulisan pun disesuaikan dengan gaya bertutur kita sendiri.

Reportase

Seringkali para Blogger diundang untuk menghadiri sebuah peluncuran produk baru atau undangan sebuah acara. Nah, setelah acara berlangsung maka para blogger akan diminta untuk menuliskan ulasan mengenai acara tersebut.  Biasanya kita akan diberikan panduan berupa press release sebagai bahan tulisan yang bisa kita kembangkan sendiri. 

Karena postingan ini bersifat laporan. Maka, kita harus segera mempostingnya agar beritanya tidak basi.

Enaknya postingan ini, kita tidak perlu menyematkan link hidup.

Ulasan Produk/Product Review

Kita diminta untuk memberikan ulasan terhadap sebuah produk yang diluncurkan oleh sebuah brand. Tentu saja kita baru menulisnya setelah selesai mencoba.

Besaran bayaran tergantung perjanjian antar pihak dan seberapa populernya blog kita. Ada brand yang memberikan produknya untuk direview dan ada pula yang hanya mengirim press release-nya saja untuk diulas.

Tentu saja bayaran dari postingan berbayar ini bersifat relatif tergantung bagaimana perjanjian dengan klien. Biasanya untuk brand  yang sudah memiliki nama mereka akan memberikan beberapa kriteria tertentu.


Salam,

Swastikha

13 comments:

  1. Setuju tentang plus minusnya content placement

    ReplyDelete
  2. aku baru dapat yg 1 dan 2 aja -_-, belum ada kesempatan tampil di event blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya baru dapat 1,2 dan 3 mbak. Pelan-pelan aja mbak nanti ada waktunya

      Delete
  3. aku kalo dpt content placement mesti ada perjanjian kalo hrs kuubah sesuai gayaku.. akhire rewrite, padahal harganya murah, tapi malah mikir parah :))

    ReplyDelete
  4. berarti saya salah ya mbak... disuruh mereview produk saya tulis sponsored post, harusnya product review?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kita mengulas produk masuknya sponsored post mbak

      Delete
  5. aku agak susah kLo disuruh content placement mbak...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Content placement kan mudah tinggal pindah tulisan klien ke blog.

      Delete
  6. Kapan ya dapat kesempatan itu heheee, , ,

    ReplyDelete
  7. Insya Allah nanti pasti dapat 😉

    ReplyDelete
  8. Aku suka banget sama Job Review mbak soalnya feenya lumayan banget. :D

    ReplyDelete