Kotak Warna: 5 Alasan Segera Membeli Rumah Yang Dijual

Tuesday, June 21, 2016

5 Alasan Segera Membeli Rumah Yang Dijual

source: pixabay.com


Jika Anda berencana untuk mencari hunian baru, pasti Anda memiliki alasan untuk tidak ingin tergesa-gesa membeli rumah yang dijual. Akan tetapi, terdapat beberapa faktor dan alasan untuk membeli hunian, yang tidak dapat Anda sanggah. Jika Anda tidak mempertimbangkan bahwa  membeli rumah adalah pilihan yang potensial, Anda bisa saja kehilangan beberapa kesempatan yang potensial. Pikirkan 5 alasan berikut ini sebagai motivasi agar Anda segera membeli rumah.

1.   Suku Bunga Rendah

Saat ini adalah saat dimana suku bunga berada di posisi terendah. Jika Anda mengingat kembali kejadian pada tahun 1980-an, Anda pasti mengingat bahwa suku bunga hipotek rata-rata berada pada angka 2 (dua) digit, dan setelah beberapa waktu, rata-ratanya bahkan mencapai 15% seperti yang ditunjukkan pada grafik di situs E Rate. Ketika Anda merenungkan kapan suku bunga akan serendah ini lagi, menjadi sulit untuk menemukan jawaban yang masuk akal. Mulailah berpikir bahwa berapa lama lagi suku bunga akan serendah ini, dan Anda benar-benar perlu tahu berapa waktu yang tersisa untuk Anda sebelum suku bunga naik sehingga Anda harus membayar berkali lipat dari yang seharusnya Anda bayar.


2.   Fluktuasi Pasar Jual Beli Rumah

Terlepas dari suku bunga dan pembiayaan untuk rumah, Anda harus melihat pasar properti secara menyeluruh. Ingat kembali bahwa pasar jual beli rumah cenderung fluktuatif dan hal terakhir yang mungkin ingin Anda lakukan adalah melakukan pembelian ketika pasar berada dalam posisi yang baik. Jika anda berpikir bahwa keadaan ekonomi global saat ini baik tapi tidak stabil, maka Anda harus memikirkan saat ini adalah saat yang potensial untuk membeli rumah. Karena kemungkinan suku bunga menjadi lebih rendah lagi sangatlah kecil, maka sekarang adalah saat yang mungkin tidak ingin Anda lewatkan begitu saja.

Cara mudah untuk mencari rumah adalah dengan mencari rumah dijual di situs Rumah, yang memungkinkan Anda untuk memahami apa yang Anda cari dan sesuai dengan keinginan Anda. Selama Anda memilih rumah yang cocok dengan kebutuhan Anda, maka harga akan menjadi pertimbangan kedua Anda. Tetapi jika Anda dapat menentukan keadaan pasar yang tepat dan mengumpulkan modal pada saat itu, maka Anda dapat membeli rumah impian Anda dengan harga yang lebih murah,

3.   Jangan Terlalu Lama

Anda tidak diharuskan untuk membeli rumah saat ini, tetapi Anda harus mencari tahu seberapa dini Anda bisa membeli rumah. Waktu akan berlalu begitu cepat, tetapi untuk hipotek 30 tahunan. Oleh karena itu, salah satu strategi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mencoba dan mencari rumah sesegera mungkin sehingga Anda tidak perlu terus mengeluarkan biaya untuk membayar hipotek. Seseorang yang seharusnya membeli rumah pada usia 20 akan sedikit lagi menunggu saat yang tepat ketika ia berusia 30 tahun. Tidak ada yang salah dengan hal ini, namun hal ini berarti Anda bisa saja terjebak dalam posisi dimana jika Anda menunggak hipotek 30 tahunan hingga umur Anda 30 tahun, maka rumah Anda tidak akan terlunaskan hingga usia Anda 60 tahun. Setiap hari yang tunggu adalah satu hari sebelum Anda melewatinya. Jika Anda berada dalam kenyataan bahwa Anda dapat memilih hipotek dengan jangka waktu yang lebih singkat, maka Anda dapat melangkah lebih maju. Jika Anda cukup percaya diri untuk melakukan pembayaran lebih tinggi dan mengurungkan peningkatan gaya hidup Anda, maka dengan membuat hipotek menjadi 20 tahun, 15 tahun, atau bahkan 10 tahun, Anda dapat menghindarkan diri Anda dari hutang.

4.   Terlalu Banyak Hutang

Alasan kuat lainnya dari beberapa orang yang mencoba dan menunggu adalah mereka tidak ingin memiliki rumah ketika mereka harus berhutang sebanyak hutang yang sekarang mereka tanggung. Mereka menyadari bahwa jika mereka menunggu pelunasan dan mencoba meningkatkan kredit skor dalam waktu yang bersamaan, maka mereka dapat berdiri kokoh dalam beberapa tahun lagi. Selain alasan lain yang sudah disebutkan bahwa menunggu dapat menjadi masalah, salah satu masalah terbesar adalah apresiasi pada pasar terjadi begitu cepat. Anda tidak hanya dapat melihat  tren pasar dengan melihat angka-angka, tetapi juga seperti yang dinyatakanZillow, Anda bisa jadi berada dalam masalah jika anda menunggu untuk waktu yang tepat untuk melakukan pembelian, karena nilai rata-rata dari rata-rata rumah terus mengalami apresiasi setiap tahun dan sepanjang tahun.

Salah satu hal penting yang harus Anda ingat tentang hutang adalah ketika Anda membayarkan hipotek, Anda meningkatkan posisi finansial Anda. Tidak hanya modal Anda akan terus bertambah karena setiap pembayaran suku bunga yang Anda lakukan, tetapi Anda juga akan memiliki penambahan modal dengan porsi yang signifikan. Jika Anda membayar sewa maka hal yang sama akan berlaku, karena hanya pemilik rumah saja yang dapat melihat manfaatnya. Selama anda merencanakan untuk menghuni selama jangka waktu tertentu, maka anda secara teknis selangkah lebih jauh dari hutang dan memperkuat posisi Anda, jika Anda rutin membayar hipotek.

5.   Jangan Melewatkan Kesempatan

Bahkan jika Anda berada dalam posisi dimana Anda perlu untuk membeli rumah hari ini juga, Anda harus mempertimbangkan kenyataan bahwa selalu ada penawaran-penawaran terbaik yang di pasar, dan mereka dapat pergi dengan cepat. Jika Anda berada dalam kondisi dimana Anda hendak mencari rumah untuk waktu yang lebih lama, maka hal ini dapat diibaratkan seperti memasang jala yang lebih luas dalam pencarian Anda.  Singkatnya, hal ini berarti anda diperbolehkan untuk pilih-pilih dalam hal yang Anda inginkan dan tidak perlu menentukan dengan segera. Kebanyakan orang akan menunggu hingga mereka dapat membuat langkah yang tepat, yang berarti mereka juga dapat terjebak dengan hunian yang sebenarnya tidak mereka inginkan. Dengan sejenak mencari lebih dini dan lebih sering, Anda dapat menemukan rumah dengan menunggu agar pasar datang kepada Anda, daripada Anda terpaksa memilih rumah terbaik diantara yang terburuk.

Seperti sudah Anda ketahui, terdapat banyak alasan seseorang tidak ingin membeli rumah yang dijual dan alasan-alasan sah-sah saja. Akan tetapi, bukan berarti jika Anda memiliki alasan maka itu menjadi keputusan yang terbaik dalam setiap hal. Anda harus benar-benar memahami rumahyang potensial dan pasar keuangan serta segala hal yang masuk akal bagi Anda. Yakini apa yang menjadi alasan Anda, karena saat ini mungkin saja menjadi saat yang tepat untuk membeli rumah.


4 comments:

  1. Saya belum bisa beli rumah, Kak. Beli kamera saja baru bisa yang 2nd :3

    ReplyDelete
  2. Wah... Ternyata spt itu soal jual beli rmh.. Ga kebayang, mba. Mikir belanja kecil2 dan ga sampe mikir pengeluaran besar kyk beli rmh krn emg blm mampu. Tp patut bljr ya? Hmmm... Thx artikelnya mbaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Setidaknya kita banyak belajar dulu.

      Delete