Kotak Warna: 5 hal penting yang bisa dipertimbangkan sebelum membeli Smartphone

Friday, March 18, 2016

5 hal penting yang bisa dipertimbangkan sebelum membeli Smartphone


5 Hal penting dalam membeli Smartphone- Belakangan ini ponsel bukan lagi dianggap barang mewah yang hanya bisa dijangkau oleh kaum menengah ke atas.

Tren itu kini bergeser, kepemilikan ponsel untuk tiap orang bukan barang baru. Seluruh lapisan masyarakat mulai menyadari pentingnya memiliki ponsel. Lihat saja di jalanan, tidak peduli tukang sapu, supir angkot bahkan tukang becak semua punya telepon genggam.

Dari survey kecil-kecilan yang saya amati di tempat kerja. Rata-rata setiap murid saya di sekolah pasti memiliki tablet atau ponsel. Bahkan jumlahnya sesuai dengan jumlah anak yang dimiliki. Misalnya punya 2 anak. Maka, mereka akan membeli 2 ponsel.

Ironi.

Katanya semua harga merangkak naik. Tapi nyatanya permintaan terhadap ponsel semakin tinggi. Lihat saja menjelang puasa, sebelum lebaran, atau menjelang pergantian tahun. Pusat-pusat perbelanjaan yang memiliki gerai ponsel penuh dijubeli pengunjung. Katanya belum afdol tanpa ponsel baru.

Media sosial juga ikut andil. Beberapa dari mereka yang memiliki ponsel ingin mejeng di facebook, twitter, instagram, path, dll. Jadi, nggak salah kalau penggunaan data di Indonesia terbilang tinggi.

Saya sendiri seorang pecinta gadget. Entah berapa kali saya mengganti ponsel *lupa nggak ngitung. Pada dasarnya saya suka bosan. Jadi, kalau merasa sudah tidak menarik biasanya mulai intip-intip ponsel yang tengah diincar.

Beli ponsel buat saya sama kayak seleksi calon pacar. Butuh banyak pertimbangan dan biar nggak salah pilih. Nanti bisa berabe kalau salah. Uang melayang tapi ponsel nggak sesuai pilihan hati.

Ada 5 hal yang mendasari saya dalam membeli ponsel.

  1. Merk/Brand
      Bagi saya brand/merek itu penting. Saya nggak mau asal beli ponsel yang murah tapi merek nggak jelas. Kenapa merek itu penting? Nanti saya jelaskan dalam poin berikutnya.
Salah satu merek ponsel yang saya sukai adalah Samsung. Hp Samsung memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh brand lainnya. Ponsel asal Korea  ini selalu melakukan inovasi terbaru dalam teknologinya. Ada saja kejutan yang akan disematkan oleh Samsung dalam setiap ponselnya. Dan, selalu sukses bikin saya pengin beli.

Harga Hp Samsung pun bervariasi tergantung kebutuhan.

2. Spesifikasi
Mencari tahu spesifikasi ponsel yang ingin kita beli itu penting. Apakah kita butuh fungsi kamera, RAM yang besar, OS atau memori internal yang besar. Apakah Smartphone yang hendak kita beli masuk kategori Low, Middle atau High End? Dengan begitu kita tahu kebutuhan dan berapa uang yang akan kita keluarkan demi sebuah ponsel.

3. Layanan Service Center
Salah satu alasan membeli ponsel dengan merk ternama adalah layanan Service Center.  Dengan adanya layanan ini saya jadi merasa aman apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dengan ponsel saya. Brand ternama biasanya mempunyai layanan Service yang memuaskan

4. Garansi
Cari tahu apakah ponsel yang kamu beli itu garansi toko atau garansi distributor. Beda garansi nanti akan mempengaruhi pelayanan jika ada masalah.

5. Budget
Bagaimanapun juga harga/budget yang kita miliki memiliki andil besar dalam pemilihan ponsel. Kalau uang yang kita punya terbatas. Pasti kita tidak akan memilih ponsel tipe High End yang harganya hampir menyamai sepeda motor :D *tahu diri dong.

Intinya sih belilah ponsel sesuai kebutuhan. Jangan memaksakan diri membeli ponsel yang harganya selangit tapi nggak tahu cara pakainya. Mubazir dong.

2 comments:

  1. kalo aku pas mau beli hape, yg dilihat pertama ya spesifikasinya mbak..

    kalo udah cocok, baru deh liat ke budget/harga.. tapi kalo harga gak cocok ya cari lagi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga tetap yang menentukan. Baru bisa cari spesifikasi :p

      Delete