Kotak Warna: Seperti Apa Rencana Bisnis Anda? Hindari Hal yang Menyebabkan Kegagalan dalam Bisnis!

Friday, February 26, 2016

Seperti Apa Rencana Bisnis Anda? Hindari Hal yang Menyebabkan Kegagalan dalam Bisnis!



Untuk sebagian orang yang baru saja terjun di dalam dunia bisnis, pasti mereka akan sulit untuk menerima kenyataan bila rencana bisnis yang sudah di susun dengan rapi dari awal hingga akhir ternyata tidak sesuai dengan keinginan di awal pembangunan bisnis. Bahkan terkadang, tidak jarang pula baru memulai bisnis namun sudah mendapatkan kegagalan. Hal ini sangat wajar, dikarenakan tidak mudah untuk mendapatkan hasil yang manis dari hal yang sudah dilakukan. Berbagai hal harus melalui proses yang begitu panjang dan juga berliku.

Banyak rencana usaha yang meleset dan menyebabkan kegagalan. Agar Anda tidak masuk dalam kegagalan tersebut, Anda harus menghindari hal penyebab kegagalan. Pertama, Anda harus mulai dengan memiliki tujuan yang jelas. Pebisnis pemula melakukan sebuah usaha dengan memberi alasan yang kurang tepat, contohnya karena menghindari rasa bosan dan tekanan saat berada di tempat kerja. Dikarenakan adanya alasan demikian, seorang pebisnis akan cepat merasakan frustasi dan juga putus asa jika dihadapkan pada berbagai permasalahan yang sangat pelik. Mungkin Anda ingin memulai usaha agar dapat menghindari kerja keras dan rasa bosan, namun pada akhirnya Anda akan mendapatkan tantangan yang begitu besar.

Kedua, kurang berhasil untuk menarik pelanggan. Kegembiraan yang berlebihan saat Anda mulai membuka usaha hal ini akan menyebabkan lupa diri dengan hal yang bersifat prinsipil untuk menjalankan usaha. Terkadang saat dihadapkan tentang cara menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, pebisnis begitu bersemangat sehingga mereka lupa untuk melakukan survei pasar. Padahal survei pasar memiliki tujuan agar produk yang ia ciptakan mempunyai kebutuhan yang nyata di pasaran. Produk yang inovatif akan mengalami kegagalan bila tidak disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Ketiga, karena biaya operasional tidak sebanding biaya pemasukan. Banyak pebisnis yang gulung tikar dikarenakan besar pasak dibanding tiang. Mempunyai produk yang inovatif akan dapat berkembang jika di dukung dengan pasar potensial. Namun bila hal tersebut tidak dapat berbanding lurus, dalam kurun waktu yang tidak lama, usaha tersebut akan sulit dilanjutkan. Sering kejadian tersebut terjadi bila Anda sekarang sudah terjebak di dalam kemewahan. Contohnya, Anda memiliki fasilitas yang mewah padahal tidak pernah ada pelanggan yang datang ke sana.

Terakhir ialah manajemen hutang yang kurang baik. Rencana bisnis tidak akan berhasil dengan mulus jika Anda memiliki manajemen hutang yang buruk. Kurang baiknya manajemen hutang ini biasanya dikarenakan oleh terlalu terobsesi untuk melakukan usaha, sehingga pemula melupakan prinsip untuk melakukan hutang. Bahkan, sering mempergunakan hutang untuk berbagai macam hal yang dirasa kurang perlu yang tidak memiliki keterkaitan secara langsung dalam memperbesar keberhasilan usaha. Jadi, rencanakan bisnis Anda dengan sedetail mungkin.

2 comments:

  1. Kayanya aku gak cocok jadi pebisnis deh. :(

    ReplyDelete