Kotak Warna: Yang asyik disantap ketika Flu

Sunday, September 20, 2015

Yang asyik disantap ketika Flu

Belakangan cuaca di Surabaya begitu panas tapi anginnya terasa dingin di kulit. Hal ini bisa membuat daya tahan menurun.

Alhasil beberapa minggu lalu saya terkena flu dan batuk. Rasanya nggak nyaman banget. Ditambah selera makan berkurang gara-gara hidung mampet.


Jangan sampai kita nggak makan hanya karena lidah kita terasa pahit. Bukannya tambah sembuh malah bikin virus dan kuman asyik nempel di tubuh kita.

Dari apa yang saya baca bahwa batuk dan flu disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam tubuh kita yang akhirnya membuat daya tahan tubuh menurun.

Kalau lagi pilek begini ada beberapa makanan yang tetap enak dinikmati. Biasanya sih saya suka yang hangat. Simak yuk apa aja yang enak dinikmati saat flu.

1.  Soto Ayam
  Soto ayam panas ditambahi sedikit kecap, satu sendok sambal dan sedikit perasan jeruk nipis akan membuat tubuhmu berkeringat. Saat tubuhmu berkeringat demam akan turun.

2. Sop Ayam
 Kaldu ayam dipercaya bisa mengembalikan daya tahan tubuh. Semangkuk sop ayam panas bisa membuat tubuhmu kembali segar.

3. Mie rebus
  Alternatif makanan hangat lainnya adalah mie rebus. Saya suka menambahkan irisan bawang merah dan tomat. Rasanya begitu menyegarkan. Kalau suka pedas kamu bisa menambahkan irisan cabai di dalamnya.

4. Bakso
 Kata orang makan bakso ektra pedas akan membuat pening kepala karena hidung tersumbat hilang. Kalau saya nggak suka terlalu pedas soalnya berefek pada tenggorokan.

5. Tahu dan tempe yang dicocol di sambal kecap
 Bosan dengan makanan yang berkuah. Tahu dan tempe goreng bisa jadi alternatif ketika flu datang. Tambahin sambal kecap yang dikasih irisan bawang merah, tomat dan cabai. Mau lebih segar kasih perasan jeruk nipis. Mantap deh

Nah. Biarpun kita lagi sakit. Tetap makan ya. Supaya cepat sembuh.

*sengaja nggak kasih gambar takut dikira spoiler


4 comments:

  1. Waahhh sama mak. Aku jg biasanya makan endomi rebus yg pedesss

    ReplyDelete
  2. Apapun makanannya minumnya tetaplah air. :)

    ReplyDelete