Kotak Warna: Math Haters

Tuesday, September 1, 2015

Math Haters





Salah satu pelajaran yang tidak saya sukai adalah Matematika. Tapi, anehnya saya menyukai pelajaran semacam Kimia dan Fisika. Bahkan nilai keduanya melebihi nilai matematika saya.

Loh. Itukan juga ada berhitungnya.

Ya. Begitulah kenyataannya.

Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar saya tidak suka dengan Matematika. Saya masih ingat waktu kelas 1 SD nilai harian saya jelek. Pernah dapat nilai 2. Lalu, pada Caturwulan berikutnya saya akan lebih bekerja keras untuk mendapat nilai lebih baik.

Naik ke SMP nilai matematika saya pas-pasan. Tapi, lumayanlah saya akhirnya hisa lulus dengan nilai cukup memuaskan.

Di bangku SMA saya pernah mendapat nilai 4 di raport. Mama sempat marah lihat nilai saya. Sampai akhirnya beliau memanggil guru les privat. Dan nilai Unas saya untuk Matematika nggak sampai 6.
*huft
Matematika udah kayak hantu yang terus ngejar. Suka nggak suka ya harus dipelajari. Meskipun tertatih-tatih dan bertahan supaya tidak bosan. Dulu, apalagi ketika duduk di bangku SMA saya ambil jurusan IPA. Kebayang dong berapa lama saya harus bertemu pelajaran Matematika.

Sampai sekarang saya bertanya-tanya. Apa yang membuat saya tidak suka dengan matematika? Pelajarannya atau guru yang mengajar?  Atau pengalaman pertama saya belajar berhitung?

Ngerti sendiri kan kalau guru Matematika identik dengan galak, garang dan keras.

Jadi, saya sedang meraba-raba apa yang membuat saya tidak suka Matematika


10 comments:

  1. Matematika aku masih lumayan suka. Kalau aku nggak suka sama Fisika sejak SMA, padahal di SMP suka banget. Gara-garanya dapat guru yang saking seniornya sampai otak saya nggak mampu mencerna pelajarannya. Nilai-nilai ulangan pun selalu berkisar nol koma. Iya, nol koma sekian. No matter how hard I tried I couldn't enjoy Physic. So I gave up. Termasuk dengan sukarela memilih jurusan IPS biar nggak ketemu Fisika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya saya nggak bisa menyerah untuk tidak belajar math. Papaku ingin anaknya semua masuk IPA and i try to enjoy my last class, even i bored :D

      Delete
  2. aku malah lebih suka matematika daripada fisika atau kimia :D
    dulu waktu sd sih emang ngerasa matematika paling susah, tapi setelah bertemu kimia dan fisika, jadi suka matematika

    ReplyDelete
  3. jika dilihat dari materi antara matematika dengan mata pelajaran berhitung lainnya, matematika lebih mengarah kepada konsep, sedangkan fisika kimia dan lainnya lebih mengarah kepada penemuan, semoga anda mengerti maksud saya.

    ReplyDelete
  4. Yah, kalo menurut gue sih masih mendingan Matematika daripada Kimia atau Fisika. Matematika mau pakai jalan atau cara apapun hasilnya akan tetap sama. Coba kalau Fisika? Mau pake cara lain maka hasilnya belum tentu sama dengan yang sebenarnya XD

    Gue IPS dan Matematikanya gak begitu rumit lah. Masih bisa di pahami dibanding Matematika IPA XD

    Mampir lagi ya mbak ke blog gue :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lebih suka fisika dan kimia sih lebih aplikatif.

      Makasih udah mampir

      Delete