Kotak Warna: 10 Novel Favorit

Thursday, April 24, 2014

10 Novel Favorit

Masih berhubungan dengan Hari Buku Dunia, saya tiba-tiba ingin menuliskan beberapa judul novel yang saya sukai. Entah karakter atau alurnya. Beberapa di antaranya saya baca berkali-kali dan tidak merasa bosan. Mungkin nggak sih ada buku yang juga kalian suka dalam list berikut?

1. Sunshines Becomes You- Ilana Tan
    Saya penggemar berat Ilana Tan. Penulis yang misterius ini selalu mempunyai cara agar pembacanya terhanyut dari setiap kata yang dia torehkan. Alur dan karakterisasi yang kuat membuat saya jatuh cinta pada kisah cinta antara Mia Clark dan Alex Hirano.

2. Autumn In Paris- Ilana Tan
       Dari Tetralogi novel milik Ilana Tan. Saya paling suka dengan Autum In Paris. Di Novel ini, Ilana bermain dengan alur yang lembut, tapi memberikan ledakan di akhir-akhir bab. Membuat kisah Cinta antara Tatsuya Fujiwara dan Tara Dupont yang berakhir tragis tetap terasa manis. Cuman endingnya kenapa Tatsuya harus mati ya?


3. Pesona Pudarnya Cleopatra- Kang Abiek
    Sebenarnya ini bukan Novel melainkan Novela. Dari beberapa judul buku Kang Abiek yang pernah saya baca. Novella ini yang paling membuat saya jatuh cinta. Bercerita tentang seorang pemuda yang menikah dengan pilihan sang ibu. Setelah menikah, pemuda itu merasa tak bahagia karena istrinya bukan tipe wanita idamannya. Ending Novela ini membuat saya menitikkan air mata karena pemuda itu baru menyadari cintanya kepada sang istri ketika pendamping hidupnya telah mati.

4. The Mocha Eyes- Aida M.A
       Novel ketiga milik Aida M.A ini mampu membuat saya terharu dengan kisah perjalanan hidup Muara yang mampu melewati cobaan yang begitu berat. Kehadiran Fariz mampu membuat Muara kembali percaya dengan yang namanya cinta.

5. Menjeda Cinta- Adya Pramudita
       Novel bersetting Roma-Indonesia ini tulis dengan apik oleh Adya. Alur dan diksi yang ringan membuat buku ini begitu nyaman dibaca. Saya menyelesaikannya selama dua hari. Novel ini tidak hanya mengedepankan tentang cinta, tapi juga masalah keluarga.

6. Montase- Windry Ramadhina
      Novel Windry yang satu ini membuat saya terhanyut ketika membacanya. Detail dan penggambaran yang apik khas Windry membuat novel ini nyandu untuk dibaca berulangkali. Tokoh Haru yang mampu membuat Rayyi memperjuangkan cita-citanya sangat mengharukan.

7. Memori- Windry Ramadhina
             Novel karya Windri selalu membuat saya betah untuk membaca. Tak ada satu halaman yang saya lewati, walaupun terlalu banyak detail, Windry menggambarkan dengan apik sehingga tak membosankan. Novel ini mengedepankan tentang keluarga dan berdamai dengan masa lalu.

8. Alita @first- Dewie Sekar
      Novel yang ditulis oleh Dewie Sekar ini mampu menarik perhatian saya sejak halaman pertama. Bercerita tentang cinta pertama Alita kepada Erwin --sahabat kakaknya. Novel ini menyajikan alur dan diksi yang nyaman untuk dibaca. Sejak baca novel Dewie Sekar yang berjudul Langit Penuh Daya, saya langsung jatuh cinta sama semua tulisannya.

9. Tarothalia- Tria Barmawi
     Novel yang berkisah tentang Thalia yang sulit mencari kerjaan, hingga dia memutuskan untuk menggunakan Six Sense sebagai pekerjaan membaca kartu tarot. Karir Thalia melejit, tapi tidak dengan kisah cintanya. Tria Barwami adalah salah satu penulis idola saya. Cara penyampaiannya begitu mengalir dan membuat saya betah menikmati setiap karyanya.

10. Cinta Paket Hemat- Retni SB
  Novel karya Retni SB ini bercerita Pipit yang harus menjadi wali Lio --anak lelaki kakaknya yang menderita Autis. Kedua orang Tua Lio meninggal terkena gempa bumi Yogyakarta. Kehidupan Pipit berubah menjadi 180 derajat setelah kehadiran Lio. Dalam novel ini Retni SB membuat saya sedikit mengerti tentang kehidupan anak autis.


Sekian judul novel yang membuat saya jatuh hati. Masih banyak sih yang ingin saya tulis, namun beberapa lupa judul. Maklum jumlahnya banyak.

Ini buku Favoritku, kamu?

2 comments:

  1. Ahhh, Winna manaaa :D
    Aku juga mau buat ah :D

    ReplyDelete
  2. hahaha...winna belum membekas di hati :D

    ReplyDelete