Kotak Warna: November 2010

Monday, November 29, 2010

Narkoba

aku adalah senja yang membayangimu
mengejarmu hingga peraduan
bersama kita berdua
hanya kita berdua tiada yang lain

hentikan aku jika aku terlalu lama didekatmu
karena racunku amat membahayakan
dia akan menyebar menuju peredaran darahmu
aku akan menjadi candu bagimu
tak akan dapat sedetikpun kau berpisah denganku
tanpaku kau akan sakaw
seperti daun yang merindukan tetesan hujan

pergilah jangan dekati
sebelum racunku menyebar ke jantungmu

Thursday, November 25, 2010

Pekalah pada sekitar, dan temukan arti hidup

    Hidup memang terkadang monoton, membosankan dan sebagai seorang manusia yang dibekali hawa nafsu, kita seringkali merasa tidak pernah puas dengan apa yang kita dapatkan. Sudah cantik, masih pengen lebih cantik lagi dengan operasi plastik, sudah punya kerjaan bagus dan mapan eh malah membuang uang untuk hal-hal gak jelas, sudah jelas pintar, masih saja membodohi orang lain, dan masih banyak hal lainnya. Mereka tidak pernah bersyukur tentang apa yang mereka telah dapat, mereka lupa bahwa masih banyak orang diluar sana yang tidak seberuntung mereka, tapi mereka masih menjalani hidupnya dengan tentram.



 


Merasa jenuh atau bosan dengan hidup anda? cobalah lihat sekeliling, asahlah kepekaanmu, maka akan kamu temukan tentang nilai kehidupan sebenarnya


 



 


 

Semua orang nantinya pasti akan menua

Kemarin saya dan keluarga pulang kampung, karena bude (kakak dari bapak) meninggal dunia. Singkat cerita, bude saya meninggal dalam keadaan yang memprihatinkan, bayangkan saat dia meninggal tak ada satupun anaknya berada disana, dia hanya ditemani seorang penjaga rumah, dan dia pulalah yang merawat bude saya bahkan untuk membawanya ke kamar mandi,yang lebih miris penjaga rumah itu adalah seorang pria, dia dengan relanya mengganti dan menyanggupi keperluan budeku. Tak satupun anak atau cucunya menemani budeku, padahal mereka tinggal dalam satu kota, dan parahnya beberapa cucunya bude tinggal disebelah rumahnya.


Saya ingat bude ketika masih sehat dia adalah salah satu sosok yang saya takuti, karena dia keras, sapa saja orang yang melawan atau berniat tidak baik padanya akan dia lawan, tapi sosok itu sirna saat lebaran kemarin saya pulang, bude menjadi sosok yang lemah, tak berdaya dan yang miris kondisi tubuhnya yang semakin mengurus. Tak ada satupun anak-anaknya yang berniat untuk membawanya ke rumah sakit.


 


Satu lagi peristiwa miris yang saya lihat kemarin, hati saya sakit rasanya saat melihat sepupu saya membentak ibunya yang sudah tua, bude saya kemarin ingin ikut pulang ke surabaya, tapi sama anaknya tidak diperbolehkan karena merepotkan, ah sedih rasanya. Setiap perkataan bude saya sama sepupu saya ditanggapi dengan nada keras. Bude saya semenjak kematian suaminya dia berubah menjadi penakut, kemana-mana minta ditungguin bahkan ke kamar mandi. Saya tahu apa yang bude saya rasakan, kesepian, ketakukan karena anak-anaknya tidak lagi bersamanya.


Perjalanan kemarin membuat saya banyak merenung, bukankah nantinya kita semua akan menua kehilangan banyak orang yang dicintai dan perlahan ditinggalkan oleh orang-orang lain.



Mereka tidak butuh untuk dikasihani, mereka hanya butuh dipahami dan didengarkan


Aku pulaanggg

Rasanya sudah saatnya saya kembali....menuju rumah yang kian hari kian sepi oleh penghuni lama tapi semakin banyak penghuni baru (Buat penghuni baru salam kenal)


Saya pulang setelah hampir sebulan ini berada dalam titik kejenuhan dalam menulis, dan hanya meracau distatus FB saja. Ah saya rindu kalian semua...smoga kalian semua masih merindukan saya :)

Tuesday, November 23, 2010

hmm

Berapa kali harus aku katakan?
aku merindukanmu
tahukah kamu?
terkadang hati tertusuk karena rindu
dan itu terasa menyakitkan
aku tak butuh banyak waktumu
aku hanya butuh sedikit
tuk sedikit mengirim pesan

tapi sudahlah, sekarang aku memang sudah tak berarti

lelah

entah apa yang terjadi
rasa itu kian menepi
tak aku temukan lagi sejumput tawa hangatmu
seolah kau bosan

entah apa yang terjadi
semua kian kabur
tertiup angin yang mengaburkan semuanya
apa artinya ini
tak dapat aku pahami

kau selalu datang tak pernah diduga
ketika aku butuhkanmu
kau tak pernah ada
tahukah kamu rasa sakit yang kurasakan
rasa sedih dan air mata kerinduan yang selalu datang
haruskah aku hentikan semuanya
tapi apa daya racun cintamu sudah menyebar
ke semua penjuru tubuhku

Berilah aku penawarnya
agar aku bisa pergi dengan bebas

lelah tak tertahan

Sunday, November 21, 2010

Racun

jiwaku tertatih
bathinku terkoyak
raga dan jiwaku sakit
tak tertahan

ingin aku pergi menjauh
membawa sepotong cinta yang hanya tinggal abu
yang raganya kian menghilang

tak tertahan sakit yang kurasa
aku tunggu kau disini
untuk memberikan penawarnya

Saturday, November 20, 2010

Rasa ini

google.com

Aku tidak pernah tahu sejak kapan perasaanku kepada langit berubah. Perasaan berdesir jika bertemu dengannya, atau bahkan sekedar berdekatan. Rasa ini cukup menyiksaku, bagaimana tidak, aku jatuh cinta pada sahabat masa kecilku ini. Rasanya saat dia datang mendekat, aku ingin lari menjauh dan mentapnya dari kejauhan dengan muka memerah.
Langit telah berubah menjadi sosok yang berbeda dihadapanku. Dia sekarang tidak lagi seperti langit yang dulu saat mengenakan seragam putih merah. Langit sekarang tumbuh menjadi pria sempurna, dan mungkin karena alasan inilah aku mulai menyukainya.

Sebenarnya aku tidak pernah berharap rasa ini muncul, tapi bagaimanapun rasa ini tidak dapat aku cegah. Rasa ini datang begitu saja tanpa aku minta, aku hanya berusaha memendamnya agar rasa ini tidak berkembang lebih dalam, karena aku menyadari bahwa dia hanya teman masa kecilku.


 


dan aku terjebak dalam rasa yang tak berujung



Wednesday, November 17, 2010

mimpi

aku terbenam dalam gelapnya malam
meretas sebuah impian indah
bersamamu mengukir waktu berdua

semua akan terasa indah
andai itu bukan hanya impian
dan kembang tidur
yang hilang saat pagi menjelang

Sunday, November 7, 2010

tak berjudul

lelah mencari
lelah menanti
lelah menunggu
tak juga kau datang
hanya sekedar untuk berbisik
langit pun tahu
bahwa aku terpaku
sedih sendu
tak dapat aku elak
entah sampai kapan

Saturday, November 6, 2010

Bolehkah aku merindu

kalau aku merindukanmu
bolehkah aku memanggil namamu?
kalau aku merindukanmu
bolehkah aku memandang fotomu?
kalau aku merindukanmu
bolehkah aku mengirimkan pesan padamu?
kalau aku merindukanmu
bolehkah aku mendengar suaramu?
kalau aku merindukanmu
bolehkah aku bertemu denganmu


aku hanya ingin bilang bahwa aku rinduuu

Thursday, November 4, 2010

Remaja dan Social media

Tidak dipungkiri bahwa perkembangan sosial media begitu pesat. Siapa yang tak kenak facebook, twitter dan lain-lain? Sepertinya hampir semuanya tahu. Yap...demam facebook dan twitter memang menjadi sebuah fenomena yang panas.


Fyuh..belakangan saya rada miris membaca beberapa status fesbuk milik keponakan saya yang notabene masih tergolong remaja, dan beberapa juga masih kategori anak-anak. Status mereka sungguh membuat saya terperangah dan hanya mengelus dada. Seperti contoh kedua keponakan saya, sebut saja A dan B. Mereka berdua adalah bersaudara, tapi entah mengapa akhir-akhir ini status fb mereka berubah menjadi makian antar saudara, terus terang jengah bacanya, walaupun saya tahu bahwa mereka masih tergolong ababil. Sesekali saya coba untuk coment dan mengingatkan, tapi tidak pernah digubris. Sepertinya memang sudah biasa saling memaki. Yang bikin saya heran, apa iya bapak ibunya nggak membaca status anaknya yang demikian?


 


hmmm...sepertinya memang susah menjadi anak yang hidup di era digital, dan orang tua harus rajin mendampingi



Etikanya orang tua bisa menjelaskan kepada anak bahwa tidak semua emosi atau perasaan diungkap kedepan publik.




 


Wednesday, November 3, 2010

Skenario Tuhan yang sangat Indah

Selamat siang semuanya....


Alhamdulilah, hanya itu yang bisa saya ucapkan. Rupanya Allah mulai menunjukkan lagi yang namanya keindahan dibalik kegagalan yang dulu. Nggak kerasa saya sudah hampir dua bulan mengajar di TK.


Terus terang pengamalan mengajar saya masih sedkit, dan saya tidak banyak tahu tentang kurikulum. Yap...di TK saya layaknya pengamat, saya sangat senang mengamati tingkah anak-anak dari hari ke hari, dan akan terlihat siapa anak yang tidak terlihat seperti biasanya, dan kadang saya mengobrol dengan anak-anak sambil mencari tahu banyak tentang keluarganya.


Kemarin saya sempat jiper alias nggak semangat, bukan karena saya lelah mengajar hanya saja kendala transportasi, berhubung saya nggak bisa naik kendaraan sendiri alhasil tiap hari diantar jemput. Sempat berniat keluar dan mencari sekolahan yang dekat dengan rumah, tapi ntah kenapa nggak bisa PD untuk buat lamaran pekerjaan, seperti ada penghalang.


Dan...subahannallah ternyata semua itu ada jawabannya, kemarin saya sempat baca koran dan disitu ada sebuah workshop untuk guru TK/PG yang dilakukan sebuah sekolah kenamaan, saat membaca saya hanya bisa membatin hmm, pengen ikut tapi kok ya gimana. Rupanya Allah mendengar doa saya, siangnya kepala sekolah mengumumkan bahwa guru-guru akan diikutkan ke workshop itu. Wah....betapa senangnya. Seumur-umur nggak pernah ikutan workshop mana gratis pula :D


 


Dan yang lebih indah lagi, tadi sepupu saya bilang, bahwa nanti ketika raportan saya disuruh berbicara didepan semua wali murid untuk memberikan sedikit gambaran tentang pendidikan yang pas untuk perkembangan anak. Terus terang saya kaget dan juga senang, ya ini beban moral yang cukup berat,, karena saya belum pernah berbicara didepan orang banyak, dan saya tipe orang  yang demam panggung :)). Rupanya Allah ingin bahwa sudah saatnya saya menjadi tokoh depan layar, bukan lagi tokoh dibalik layar yang hanya menyampaikan ide lewat tulisan...


 


Mohon doanya teman-teman..karena saya masih takut untuk berbicara didepan umum

Sepertinya anak-anak jaman sekarang lebih cepat dewasa

Malam semua.....


Tiga hari yang lalu, dua murid saya yang perempuan membuat kehebohan dikelas. Sebut saja namanya erin dan Yuli. Dua gadis kecilku ini biasanya jadi anak yang pendiam dikelas, tapi belakangan mereka berubah gara-gara seorang daffa. Ya mereka jadi senang berlarian kesana kemari sambil ngejar-ngejar daffa belum lagi memililih tempat duduk yang dekat dengan daffa Setiap istirahat, saat daffa tak ada pasti akan bertanya kemana daffa?


Yang bikin saya sedikit tertawa adalah pernyataan erin yang bilang bahwa daffa itu guantengg. Belum lagi gelar jagoan yang disematkan pada daffa. Dan mau tahu gimana sikap daffa? dia hanya tenang-tenang saja :D


 


Doh..ternyata anak-anak jaman sekarang sinyalnya terhadap cowok cakep lebih cepat daripda kita yang dewasa.

Tuesday, November 2, 2010

Untuk Kamu yang disana

Untuk kamu yang disana
berapa lama lagi aku harus menunggu
sebuah kabar darimu
sebuah jawaban dari banyak pesan yang aku tulis padamu
Begitu sibukkah dirimu hingga tak lagi menganggap pesanku penting?
ahh...aku benci dengan semua rasa ini
rasa yang membuatku semakin terjebak
dan tak dapat ku hentikan


hei...kamuuuuu!!!!

dengarkan aku sekali saja

Essensi Belajar

google.com

Suasana I:


Lisa :Mbak aku sekarang stress?


Aku: Lah napa stress?


Lisa: Nilai-nilaiku jelek mbak, apalagi raport sisipan dohh. Bingung aku sapa ya mbak yang nanti ambil raportku?


Aku: Ya orang tuamu lah, masak orang lain


Lisa: Wah nggak berani mbak, nanti aku dihajar ibuku, trus diusir pula


Aku:Lah emangnya ibumu sejahat gitu?


Lisa: iyooo mbak, kalau dah marah soal nilai aku bisa dihajar habis-habisan dah gitu pernah ampe diusir. semua nilaiku loh harus dapat nilai 10.Dah gitu aku harus ikut banya kmacam-macam les. fyuhhhh pokoknya bosen


Aku: wew segitunya (geleng-geleng kepala)


 


Suasana II


Niko: Dohhh nilaiku kurang dikit lagi ni. Orang tuaku bisa marah


Aku: Lah kan udah bagus gini?


Niko: Nggak mbak, kalau aku nggak bisa lulus dari les ini cepet-cepet nanti ku disuruh bayar sendiri sama ortu


Aku: Whattt? masak segitunya


Niko: Iyo...papaku tu sukanya gitu. Dah gitu aku  nggak boleh bolos les padahal ngantukkkk


aku: geleng-geleng kepala


 


Cerita di atas itu merupakan curhatan beberapa temen les yang notabene masih anak SMP semua, berhubung saya lumayan tua jadinya mereka curhat ke saya. Yap..saat dengar curhat seperti ini rasanya kok ikutan miris ya. Sepertinya orang tua sekarang sedang trend untuk bikin anaknya pusing tujuh keliling dengan berbagai tuntutan. Bayangkan hampir semua teman les saya yang SMP itu mengikuti 3-4 les sehari,  belum lagi bimbel disekolah. Dan rata-rata dari mereka sampai ditempat les dengan keadaan lelah.


Fyuhh...sepertiny susah sekali jadi anak jaman sekarang, tiap hari mereka harus dijubeli dengan banyak les-les, kalau SMP sih masih mending. Lah ini muridku di TK sudah banyak yang ikut les calistung. Yap, beberapa orang tua muridku seringkali mengecheck hasil pekerjaan anaknya, dan ada pula yang memprotes kalau anaknya diajarin lebih banyak bermain. 


Sebenarnya kondisi ini bukan sepenuhnya salah orang tua, tapi karena di negara kita nilai itu amatlah penting, bahkan dalam dunia pekerjaan. Orang tua akan sangat marah jika nilai matematika anaknya turun dibandingkan melihat nilai agamanya bagus, dan orang tua lebih marah jika nilai Ipany turun daripada nilai pelajaran bahasa olahraga bagus. Orang tua sekarang lebih menuntut nilai anak-anaknya bagus bahkan cenderung memaksa, dan mereka ini tidak menyadari bahwa anak merasa tertekan dan akhirnya menghalalkan berbagai macam cara untuk memenuhi tuntutan orang tuanya..Orang tua seringkali lupa bahwa essensi belajar itu adalah perubahan terjadi menyeluruh, jadi belajar yang baik bukan hanya aspek kognitif saja yang berubah, tetapi seharusnya aspek-aspek yang lain juga berubah seperti karakter dan lainnya.



Essensi belajar adalah bagaimana perubahan itu terjadi menyeluruh pada semua aspek dan bukan hanya perubahan pada satu aspek.


Monday, November 1, 2010

Kamu memang tidak bisa dimengerti

lima hari menghilang tanpa kabar, sungguh menjemukan. Lelah? mungkin itu yang sekarang aku rasakan. Lelah menunggu kabar darimu. Kamu seperti menghilng begitu saja, dan meninggalkanku dengan beribu tanya. Akankah novemberku kembali dihiasi mendung. Kalau memang kau ingin berakhir maka akhirilah dengan baikkkkk


Aku cuman dimengerti

Aku tu rindu kamu !!!

Hiks...menghilang gitu aja tampa kabar? sms nggak dibalas? Tahu nggak sih aku rindu kamu bee.....rindu banget. Banyak cerita yang ingin aku bagi sama kamu. ya sudahlah bee...smoga kamu selalu sehat :)