Kotak Warna: Kenapa sih kita puasa?

Monday, August 16, 2010

Kenapa sih kita puasa?

 


Kalau cerita tentang puasa gini, jadi ingat dulu pengalaman bareng sepupu. Waktu itu sepupuku ini masih kelas 2 SD, dan dia mulai dilatih untuk puasa. Awalnya sih dia masih puasa setengah hari karena untuk latihan. Tapi, setelah seminggu, akhirnya dia dicoba untuk puasa penuh sampai magribh.


Siang hari sepupu saya ni udah mulai ngedumel, ngeluh dan megang-megang perutnya terus. Sebenarnya kasihan ngelihatnya, tapi demi melatih dia jadi dibiarin aja. Akhirnya aku nyuruh dia mandi biar lebih seger. Habis mandi kita duduk diluar, ngobrol-ngobrol ringan.


Bila: Mbk aku haus ni?


Aku: Ditahan ya, kan sebentar lagi dah buka.


Bila: Masih lama mbak.


Aku: Kan sayang dek puasanya.


Bila: Kenapa sih kita harus puasa mbak?


Aku: Kita puasa biar bisa merasakan penderitaan orang lain. Coba lihat anak-anak kecil dipinggir jalan, mereka aja sering nggak makan, bahkan kelaparan. Jadi,Allah menyuruh kita puasa supaya kita tahu rasanya menahan lapar itu seperti apa.


Bila: O.....gitu ya mbak. Lah mereka yang miskin...kok kita yang puasa sih??


Aku: Glodakkkkkkk (diam gak bisa jawab)


 


 


 


 

No comments:

Post a Comment