Kotak Warna: August 2010

Monday, August 30, 2010

Mengasah Kepekaan

 


Kemarin siang papi mengajakkku menjenguk anak salah satu temannya ke rumah sakit.  Biasanya aku paling malas buat dia ajak kerumah sakit terlebih lagi udara di Surabaya sedang panas-panasnya. Menurut papi, anak temannya terkena lupus, dan 35 hari sedang koma diruang ICU. Aku memang tidak banyak pengetahuan tentang lupus, tapi yang aku tahu penyakit ini termasuk langka.


Akhirnya tiba juga dirumah sakit, seperti biasa masuk ke dalam rumah sakit membuat jantungku berdebar lebih kencang, yap inilah reaksi yang selalu aku rasakan. Akhirnya nyampe juga diruang ICU, dan bertemu dengan teman papi itu. Om yang selama ini aku kenal itu sekarang tampak kurus, lelah dan tidak terawat. Nampak gurat kesedihan saat dia bercerita kondisi anaknya. Dia bilang anaknya belum ada kemajuan, dan hanya bisa mengedipkan mata, dia juga bercerita bahwa untuk pengobatan sampai sekarang sudah menghabiskan dana 260 juta. Si om kemudian pun menawarkan kami untuk menjenguknya.


Saat melihatnya di ruangan ICU, teringat kenangan beberapa puluh tahun lalu saat aku juga berada diruangan itu selama 43 hari, sama-sama berjuang mencari hidup dengan bantuan alat-alat yang kadang menimbukan suara nggak enak. Ah...saat melihat wajahnya dan nafas tersengal-sengal aku tak tega. Saat itu aku merasa gemetar, dan berusaha mengalihkan pandangan kearah lain, tapi yang aku liat sama. Orang-orang yang sedang bertahan hidup.


Ah rasanya pengalamanku kemarin membuatku lebih merasa bersyukur bahwa sampai sekarang aku masih sehat.....


 


 Seberapa hebatpun manusia, saat dia terkapar dirumah sakit, apa yang dia punya tidaklah berguna.


 


 


 


 

Friday, August 27, 2010

Merindu

 


 


Hidupku sebatang kara


Tanpa Ayah dan Ibu disisiku


Mereka pergi menuju surga


Malam-malam dingin aku lalui sendiri


Berteman bintang dan bulan


Tanpa dekapan hangat ibu disisiku


Ibu.....


Aku rindu hadirmu


Dekapan hangatmu di Setiap tidurku....


            Ayah....


            Aku merindukanmu


            Dekapan kuat yang membuatku nyaman


Tuhan......


Tolong kau jaga mereka


Sayangilah mereka......


Karena mereka adalah bintang untukku.


 


 


 

Wednesday, August 25, 2010

if you’re not the one

If your not the one then why does my soul feel glad today?
If your not the one then why does my hand fit yours this way?
If you are not mine then why does your heart return my call?
If you are not mine would I have the strength to stand at all?

I never know what the future brings, but I know your here with me now.
We'll make it through and I hope you are the one I share my life with.

I don't wanna run away but I can't take it, I don't understand.
If I'm not made for you then why does my heart tell me that I am?
Is there anyway that I can stay in your arms?

If I don't need you then why am I crying on my bed?
If I don't need you then why does your name resound in my head?
If your not for me then why does this distance maim my life?
If your not for me then why do I dream of you as my wife?

I don't know why you're so far away but I know that this much is true.
We'll make it through and I hope you are the one I share my life with.
And I wish that you could be the one I die with.
And I pray that you're the one I build my home with.
I hope I love you all my life.

I don't wanna run away but I can't take it, I don't understand.
If I'm not made for you then why does my heart tell me that I am?
Is there anyway that I can stay in your arms?

'Cause I miss you, body and soul so strong that it takes my breath away.
And I breathe you into my heart and pray for the strength to stand today.
'Cause I love you, whether its wrong or right and though I can't be with you tonight, you know my heart is by your side.

I don't wanna run away but I can't take it, I don't understand.
If I'm not made for you then why does my heart tell me that I am?
Is there anyway that I can stay in your arms?









ah...denger lagu ini pagi-pagi bikin melow euy

cukuppp!!

 


Ah sudah cukup aku seminggu ini mengurung diri dikamar, menutup semua jendela dan pintu bahkan matahari pun tidak aku ijinkan melihat keadaanku yang buruk ini. Sudah lelah aku menangisi gambar wajahmu, bahkan hingga kering air mataku kau juga tidak akan pernah kembali. Aku sudah tidak mau lagi membuat diriku menunggumu, bahkan sampai berkhayal kau ingin kembali denganku. Sudah cukup kau buat aku sedih, sudah cukup kau buat aku mengeluarkan air mata ini sia-sia. Bahkan semenjak kejadian itu kau juga tidak menghubungiku kembali. Ah betapa bodohnya aku membiarkan kau menyakiti hatiku yang terdalam, bahkan menganggap kau lah terbaik. Sudah cukup, aku sudah tidak lagi mau mengemis cintamu seperti yang dulu sering aku lakukan ketika kau menyakitiku. Cukup!!


Saat aku buka jendela kamarku, maka kenangan tentangmu sudah pergi bersama titik-titik debu.


 


 


Yeah, yeah

It took all the strength I had

Just not to fall apart

I'm trying hard to mend the pieces

Of my broken heart

And I spent oh so many nights

Just feeling sorry for myself

I used to cry,

But now I hold my head up high

And you see me

With somebody new

I'm not that stupid little person

Still in love with you

And so you thought you'd just drop by

And you expect me to be free

But now I'm saving all my lovin'

For someone whose lovin' me

Well now go,

Walk out the door

Just turn around

Now, you're not welcome anymore

Weren't you the one

Who tried to break me with desire?

Did you think I'd crumple?

Did you think I'd lay down and die?

Oh not I,

I will survive

Yeah

As long as I know how to love,

I know I'll be alive

I've got all my life to live

I've got all my love to give

I will survive,

I will survive

Yeah, yeah

Oh no














 

Saturday, August 21, 2010

Warna-warni dalam dunia

Dunia layaknya sebuah pelangi


penuh dengan keanekaragaman warna


tiap warna memiliki arti yang berbeda-beda


warna yang berbeda-beda seringkali menimbulkan perbedaan


warna yang berbeda bukan berarti berbeda


tapi mereka menjadi satu untuk melengkapi dunia


apa jadinya dunia bila tanpa warna


semua akan menjadi abu-abu


seperti dunia mati

Sayangggggggggggggg

 


Disudut sebuah taman, terlihat Mia dan Dimas sedang asyik berdua-duaan. Mereka tampak mesra sekali, dan bahkan tidak perduli bahwa disamping mereka banyak orang.


Mia        : Sayang, kamu ganteng banget sih hari ini


Dimas    :Ah...sayang kamu juga cantik banget deh


Mia        : Ah masak sih bang?? Ini memang sengaja mia dandan khusus buat abang hari ini.


Dimas    : wah abang jadi tersanjung ni.


Mia        : Bangg, buat abang Mia itu apa sih?


Dimas    : Buat abang Mia itu segalanya 


Mia        : Segalanya bang? Berarti kalau Mia minta sesuatu bakal dikasih nggak?? (memegang pipi)


Dimas    : Apa sih yang nggak buat kamu (nowel pipi)


Mia        : Bener ni bang??


Dimas    : Bener sayang, abang janji deh


Mia        : Ya udah deh bang. Ini tolong beliin dan bayarin sekalin yah. Oh ya satu lagi bang!! Tolong bayarin kredit panci emak sekalian yah (Ngasih selembar  kertas)


 Dimas yang menerima kertas tersebut kaget bukan kepalang, karena dalam kertas itu penuh dengan daftar belanjaan, bon dan daftar utang Mia. Muka ceria Dimas langsung berubah menjadi masam.


Mia        : Gimana bang, nggak banyak kan?


Dimas    :  !@!@!!@


(Adegan selanjutnya sengaja disensor karena bulan Ramadhan ^^)


 


 

Suratku

 


Jam dinding dikamar sudah menujukkan pukul 12.30 malam. Tidak terasa sudah lebih dari satu jam aku menghabiskan waktu di depan meja kerjaku. Terlihat sampah kertas berserakan disampingnya, entah berapa puluh kali aku merobek kertas yang aku tulis. Ada rasa takut, cemas, dan gelisah saat aku memandang kertas kosong didepanku, tidak satu katapun dapat aku tulis sejak satu jam tadi, dan akhirnya kertas kosong itu hanya berakhir di keranjang sampah.


 Aku hanya ingin menulis sebuah surat, tapi entah mengapa bolpoin yang aku pegang sejak tadi tidak mau menari diatasnya, melainkan hanya diam terbuju kaku seperti otakku saat ini. Tik...tok..tik..tok, detik jam dinding seakan berbunyi kencang, sekencang detak jantungku ini. Ah aku pun bertekad untuk menyelesaikan surat ini sebelum senja datang. Surat ini harus sampai ke tangan pemiliknya besok pagi. Sebab keputusan dari surat ini sangat berharga untuk kelanjutan masa depanku, jadi aku nggak mau sampai salah kata atau tulisan.


 


Dear Adindaku Tersayang


Pagi adindaku, bagaimana kabarmu hari ini? Abang harap kamu selalu baik-baik saa, dan tidak sakit apa pun. Oh ya bagaimana kabar keluargamu? Mereka juga baik-baik saja kan? Kalau nanti kamu pulang ke rumah, sampaikan salam abang ya buat mereka. Maaf abang belum bisa berkunjung ke rumah.


Oh ya dinda, belakangan ini abang selalu memikirkanmu, rasanya rindu sekali jika tidak bertemu denganmu sehari saja. Mungkin kamu pikir abang gombal, tapi beneran loh abang kangen banget.


Mungkin sekarang dinda bertanya-tanya kenapa abang pake acara ngirim surat segala. Ada hal yang ingin abang utarakan sama dinda, tapi abang belum berani untuk bilang langsung. Begini loh dinda, duh abang nggak tahu harus bicara apa? Abang takut nanti dinda marah dan nggak mau ketemu abang lagi.


Baiklah jika dinda masih bertanya-tanya,hari ini abang akan jujur sama dinda. Begini dinda sebenarnya abang ingin pinjam uang kepada dinda. Dinda kan tahu kalau abang sampai saat ini belum ada uang buat bayar SPP, dan dinda juga tahu apa konsekuensinya kalau abang nggak bayar saat waktu tiba. Dinda nggak mau kan punya calon suami mahasisa DO. Jadi, abang berkenan dinda mau meminjamkan sedikit uang, nanti kalau kiriman datang abang bayar deh.


 Salam Sayang,


 


Abang Miuun


 


 

Wednesday, August 18, 2010

KISAH PERJUANGAN INDUK PINGUIN

google

 


Pinguin salah satu jenis burung yang punya sayap tapi tidak bisa terbang. Hidup mereka di Antartika, surganya es dunia, dan hebatnya Allah adalah mampu membuat penguin bertahan hidup dikumpulan es. Pinguin bereproduksi dengan bertelur. Tahukah kalian, sebelum bertelur induk penguin harus berjalan puluhan kilometer untuk mencapai tempat dimana semua betina nantinya bertelur. Mereka berkumpul bersama untuk bertelur, mereka berusaha mengeluarkan telurnya tanpa perduli ada badai salju. Setelah telur keluar sekarang giliran si ayah yang bertugas mengeraminya, sedangkan si induk pergi mencari makan ke dasar lautan supaya nanti jika si anak menetas tidak kelaparan.  Lagi-lagi sang induk harus berjalan puluhan kilometer untuk mencapai lautan.


Tugas sang ayah lebih berat lagi, sang ayah harus menjaga telur agar tidak terjatuh ke salju, dan hebatnya sang ayah harus mengerami telur dengan menaruhnya diatas kaki selama 3 bulan sampai menunggu sang betina kembali dari mencari makanan


 


Hewan telah diciptakan dengan kesempurnaan


agar dapat bertahan


untuk lestari kehidupan


 

Tuesday, August 17, 2010

CELOTEH LUCU ANAK-ANAK

lucu

 


Anak-anak memang lucu dan menggemaskan. Tingkah polanya sangat menggemaskan, belum lagi dengan celotehannya lucu tapi juga terkadang menyebalkan. Tapi,bagaimanapun juga namanya juga anak-anak, walaupun terkadang menyebalkan tapi tetap selalu di rindukan.  


Inilah beberapa kisah saya dengan kelucuan mereka:


 


Setting I (Ditanya)


Aku:  Duh adikmu lucu banget, tante pinjem boleh nggak?


Altov: Nggak...


Aku: Pinjem ya, Kasian tante nggak punya temen main


Altov: Ih tante ni, emangnya adekku barang apa pake dipinjem-pinjem. Memangnya bikin sendiri nggak bisa apa??


Aku: Glodakk (Gak bisa ngomong)


 


Setting 2 (berbohong)


Aku: Bila, tadi pake hape mbak ya, kok pulsanya berkurang??


Bila: Nggak


Aku: Masa sih bukan kamu??


Bila: OO...mungkin hantu yang pake pulsa mbak.


Aku: Hantu? Mana mungkin bisa ngetikk sms? pasti kamu ya??


Bila: O....aku tahu mbak, tadi tuh mungkin ada maling masuk rumah, trus lihat hape mbak tika, jadinya dipake deh buat sms


Aku: (geleng-geleng kepala)


 


Settig 3 (bertanya)


Bila: Mbak tika tuh kelas berapa sih??


Aku: kelas 2 SMP


Bila: OO....sekolah di SMP 2


Aku: Bukan, tapi kelas 2 SMP


Bila: Iya, SMP 2 kan=


Aku: (bingung)


 


Dimas: Tante umur berapa sih?


Aku: Kenapa? kok tanya umur? yang pasti lebih tua dari kamu


Dimas: Tapi,kok tinggi tante masih lebih tinggi aku. Berarti aku lebih tua dari tante


Aku: Mangkanya banyak makan biar nggak pendek kayak tante (sambil ngumpat dalam hati)


 


 


 


 


 


NB: Menurut kalian lucu apa nyebelin sih???


 


Selamat Malam semuanya


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Monday, August 16, 2010

Es Mata Keculek

minuman soda

 


Postingan ini masih dengan tokoh utama Bila, yah sepupu saya yang satu ini memang punya banyak pola dan tingkah yang menggemaskan.


Kali ini cerita dia saat masih TK. Namanya anak kecil suka sekali ingin tahu. Mulai dari gambar sampai makanan orang dewasa. Suatu malam kakakku lagi asyik minum S**TE, dan dia datang sambil tanya Apa itu mas? aku minta? kata dia langsung lari ke pangkuan kakakku. Kakakku kemudian menyodorkan kaleng, dan memberinya minum sedikit saja karena takut di nggak suka. Tiba-tiba dia bilang Aduh..aduh mas, mataku keculek?? Kami semua kaget.  Spontan kami semua tertawa melihat tingkah dia, rupanya setelah minum dia bersendawa sehingga gasnya keluar, karena gak tahan matanya ikut merem. Aku pikir setelah kejadian itu dia kapok, dan nggak minta lagi, eh ternyata dan ternyata dia jadi ketagian dengan efek sendawa tadi. Alhasil semenjak kejadian itu, setiap dia diajak makan ke resto, pasti dia pesen aku mau es mata keculek aja.


 


 


 


 


 


 

Kenapa sih kita puasa?

 


Kalau cerita tentang puasa gini, jadi ingat dulu pengalaman bareng sepupu. Waktu itu sepupuku ini masih kelas 2 SD, dan dia mulai dilatih untuk puasa. Awalnya sih dia masih puasa setengah hari karena untuk latihan. Tapi, setelah seminggu, akhirnya dia dicoba untuk puasa penuh sampai magribh.


Siang hari sepupu saya ni udah mulai ngedumel, ngeluh dan megang-megang perutnya terus. Sebenarnya kasihan ngelihatnya, tapi demi melatih dia jadi dibiarin aja. Akhirnya aku nyuruh dia mandi biar lebih seger. Habis mandi kita duduk diluar, ngobrol-ngobrol ringan.


Bila: Mbk aku haus ni?


Aku: Ditahan ya, kan sebentar lagi dah buka.


Bila: Masih lama mbak.


Aku: Kan sayang dek puasanya.


Bila: Kenapa sih kita harus puasa mbak?


Aku: Kita puasa biar bisa merasakan penderitaan orang lain. Coba lihat anak-anak kecil dipinggir jalan, mereka aja sering nggak makan, bahkan kelaparan. Jadi,Allah menyuruh kita puasa supaya kita tahu rasanya menahan lapar itu seperti apa.


Bila: O.....gitu ya mbak. Lah mereka yang miskin...kok kita yang puasa sih??


Aku: Glodakkkkkkk (diam gak bisa jawab)


 


 


 


 

Saturday, August 14, 2010

Inilah Hidupku dan Aku Bersyukur

 


Semenjak aku di diagnosa mengalami kelainan jantung, aku banyak belajar bagaimana rasanya bersyukur dan menyadari bahwa inilah hidupku. Bahwa sampai sekarang Allah masih memberiku kesempatan untuk melihat dunia. Tidak seperti nasib anak-anak lain yang mungkin mengalami hal yang sama denganku, tapi mereka kurang beruntung bahkan belum sempat melihat dunia.


Aku menderita kelainan jantung ini sejak lahir, tapi baru terdeteksi ketika aku berusia 4 bulan. Saat itu kondisi ekonomi keluargaku tidak seperti sekarang, kata ibuku kami hanya tinggal dirumah kontrakan. Saat usia 4 bulan, sebenarnya dokter sudah menyuruh agar aku segera dioperasi tapi Ibuku menolak dengan alasan aku masih kecil dan juga masalah ekonomi. Dan akhirnya aku baru bisa dioperasi ketika Kelas 2 SD. Operasi yang aku jalani terbilang sukses, karena lubang dijantungku sudah menutup, namun celakanya ada bagian jantungku yang terjahit, sehingga fungsinya tak lagi sempurna. Hal ini sempat membuatku koma 20 hari, dan akhirnya dokter memutuskan suapaya ditanam pacu jantung.


Awalnya kondisi ini tidak menggangguku karena saat itu aku masih anak-anak, walaupun terkadang aku iri karena tidak bisa bebas bermain. Menginjak SMA ternyata hal ini membawa pengaruh, terlebih lagi melihat reaksi orang-orangf yang tahu dengan kondisiku. Jujur aku muak dengan kata kasihan saat itu, dan aku jadi tidak percaya diri.Sempat pula aku menyalahkan Tuhan atas ketidakadilan ini?? Setelah operasi kedua kondisi psikisku parah, namun aku berusaha menutupi jika didepan orang tuaku, karena aku tak mau melihat mereka sedih. Aku sering menangis sendiri dikamar, dan menjadi super sensitive. Bahkan sempat terlintas aku ingin mati saja. Hanya diary saat itu temanku.


Saat masuk kuliah aku tertutup dan tak mau orang lain tahu tentang sakitku, aku ingin dianggap normal. Sudah muak dengan kata kasihan. Sampai suatu hari aku bercerita pada seorang teman dengan kondisiku,dan bertanya pada dia kenapa Tuhan tidak adil, dan jawaban dia telah menyadarkanku "Dengar, Allah memberimu cobaan ini karena dia sayang padamu? dan Dia tahu kamu mampu menjalaninya. Semenjak itu aku bersyukur atas nikmat ini, karena Allah telah memberikan rasa Sayangnya melalui sakitku ini, dan aku bersyukur karena sampai saat ini aku masih bisa melihat dunia. Tubuhku mungkin tak sempurna, tapi inilah cara Allah menyayangiku. Sekarang aku belajar untuk tidak memperdulikan apa yang orang lain katakan tentang sakitku, walaupun kadang rasa rapuh menyerang. Ah..terima kasih Allah kau masih memberiku hidup sampai sekarang dan juga memberikan keluarga serta teman-teman yang baik.


 


 


 


Syukuri apa yang ada


Hidup adalah anugerah


Tetap jalani hidup ini


Melakukan yang terbaik


Tuhan pastikan menunjukkan Kebesaran dan Kuasanya


Bagi Hambanya yang Sabar dan tak kenal putus asa


Jangan menyerah


 


 

Friday, August 13, 2010

ilusi

ah...Mungkin aku hanya imajinasi bagimu


tak nyata, sehingga dapat kau permainkan


tahukah kamu aku memujamu


sehari saja tak ada kabar darimu membuatku gelisah


tahukah kamu aku selalu menanti panggilanmu


tapi sepertinya kau tak pernah sadar


karena bagimu aku hanyalah pelampiasan

PETUALANGAN TUPI DAN PING-PING MEMBUAT KITA LEBIH KENAL DENGAN ALAM

google

Selamat Sabtu siang warga Ngerumpi?


Semenjak  Za hadir ditengah keluargaku, rumah jadi rame, ada saja tingkah pola dan kelucua dia. Za tipe anak yang aktif dan cepet bosan dengan mainan. Kalau sudah bosan dia akan melempar mainannnya dan merangkak mencari mainan baru. Alhasil kami sekeluarga belajar kreatif agar dia tidak cepet bosan. Semenjak za berusia 10 bulan, kakak saya sudah memperkenalkan dia cerita. Salah satu favoritnya adalah seri petualangan Tupi dan Pingping ini (Sehari Za bisa nonton 3-4x). Film ini memang tidak seperti upin-ipin atau pun spongebob atau film kartun lainnya yang penuh dialog atau cerita. Film ini lebih menceritakan petualangan Tupi dan Pingping dalam mengenal alam semesta.


Salah satu hal yang dapat dipetik dalam film ini adalah anak diajarkan untuk melihat keanekaragaman alam di dunia,  belajar untuk melestarikan, dan bagaimana dia bersyukur terhadap ciptaan Tuhan. Salah satu seri yang saya sukai adalah Pahlawan disekitar kita. Pada seri ini dilihatkan perjuangan induk hewan dalam merawat dan melindungi anaknya. Yah....film ini memang kalah saingan dengan kartun-kartun yang ada di Tv, dan gambarnya pun tidak semenarik film upin-ipin. Tapi, yang pasti ini film karya anak bangsa yang layak ditonton jika kita ingin anak belajar mengenal alam. Dan berkat film ini pula, Za jadi suka binatang, dia sudah bisa mengenal beberapa jenis hewan.  


Kalau pengen tahu kayak apa filmnya, sekarang di GlobalTV ditayangkan loh tapi jam 4.30 pagi dengan cerita yang beraneka ragam....


 


Lihat disekililing hewan bermacam ragam


Ada yang berganti warna, ada yang berubah raga


Hewan telah dicptakan dengan kesempurnaan


agar dapat bertahan, untuk Lestari kehidupan


 


Happy Weekends ^^


 

Sunday, August 8, 2010

Belajar Jadi Ibu Rumah Tangga ^^

Selama statusku jadi pengangguran gini, waktuku dirumah jadi lebih banyak. Selama jadi pengangguran, bukan berarti aku tidak melakukan apa-apa dan hanya tidur saja. Saat nganggur ini aku mulai belajar banyak hal, salah satunya belajar jadi ibu rumah tangga. Mulai dari nyuci baju, dan yang paling seru adalah memasak. Tiap pagi aku harus bikinin sarapan buat penghuni rumah, sarapan sederhana sih yang penting bisa bikin kenyang di pagi hari. Sekarang aku udah bisa beberapa macam masakan, dan sudah lolos dari cacian :)) semua penghuni rumah...hore berarti aku lolos. Ditambah semenjak papi pindah kembali kerumah, aku belajar melayaninya, jadi nanti kalau disuruh melayani suami sudah gak kaget lagi. Yang belum bisa ampe sekarang nyetrika baju, hiks bukannya gak mau belajar, tapi aku gak boleh bermain dengan alat listrik, jadinya saekarang masih mami yang nyetrikain baju (jadi malu).


Satu lagi hal menyenangkan adalah belajar mengasuh anak, semenjak ada keponakan dirumah, aku jadi belajar ngasuh anak. Mulai dari nyuapin, ganti popok, gendongin, sampe jadi guru TK dadakan buat dia. Keponakan saya yang satu ini, gak suka kalau pengasuhnya diam aja, jadi kita harus aktif ngajak dia ngomong, dan alhamdulilah dia udah bisa beberapa kata.


Ahhhh...menyenangkan rasanya


 


 

Wednesday, August 4, 2010

happy birthday za

za...

satu tahun sudah kau menapaki dunia ini


walaupun belum banyak yang kamu tahu tentang dunia


di awal usiamu yang baru


tahukah kamu sayang?


hadirmu begitu indah


kamu laksana pelita dirumah ini


tangisan dan tawamu selalu kami rindukan


kau layakna malaikat


yang selalu meredam semua emosi dirumah ini


kaulah penengah saat ada bara yang menyala


 


selamat ulang tahun za sayang..aunty selalu sayang padamu


tetap semangat untuk latihan berjalan ya


nanti kalau za udah bisa jalan kita ngemall bareng ya ^^