Kotak Warna: Jangan bertengkar depan anakmu

Tuesday, April 6, 2010

Jangan bertengkar depan anakmu

dr google

Sedikit berbagi ilmu dan pengalaman  :)


Orang tua merupakan cerminan buat anak. Anak-anak seringkali mengadopsi perilaku kedua orang tuanya. Sampai ada istilah anak itu miniatur orang dewasa.


Impian terbesar seorang anak adalah keluarga yang nyaman, hubungan kedua orang tua yang sehat, dan limpahan cinta dari ayah dan ibu.



Hubungan yang baik antara ibu dan ayah juga berpengaruh terhadap anak. Tidak dipungkiri pula, bahwa ada kalanya pasang surut dalam rumah tangga sehingga seringkali timbul ketidaksesuaian atau konflik.


Sering tidak disadari saat marahan orang tua menunjukkan di depan anak, atau bahkan secara tidak sengaja anak menyaksikan pertengkaran orang tuanya. Hubungan orang tua yang terganggu juga ternyata memberikan dampak yang tidak baik bagi anak dan yang lebih berbahaya bisa menimbulkan trauma pada anak.


Pengalaman ini saya dapatkan dari keponakan saya, dia pernah bercerita bahwa dia pernah melihat ayahnya bertengkar dan ayahnya memukul ibunya sampai lebam.


Sejak itu dia menajdi benci kepada sang ayah. Dampaknya  ketika menginjak SMP, dia senang mencari perhatian dari para pria. Jika pria itu sudah tidak memperhatikannya lagi dia akan mencari yang lain tanpa memutuskan pacarnya.


Akibatnya dia malah menjadi korban :)


Ayah dan bunda tak ingin kan si kecil menjadi korban?

2 comments:

  1. Novita8:19 PM

    Aku tau betul rsa'na kelurga yg tak harmonis,,,, skit, sedih n mengecewakan.... moga mua kan berakhir semua dgn indah... terus semangat, jalani hidup ini....

    ReplyDelete
  2. Luphyta1:31 PM

    Amin. Terima kasih sudah mampir. Semoga kamu bahagia dan semangat ya :)

    ReplyDelete